5 Fakta Runtuhnya Minimarket di Bandung, Ada Tanda-tandanya - WisataHits
Jawa Barat

5 Fakta Runtuhnya Minimarket di Bandung, Ada Tanda-tandanya

5 Fakta Runtuhnya Minimarket di Bandung, Ada Tanda-tandanya

5 Fakta Runtuhnya Minimarket di Bandung, Ada Tanda-tandanya
Sebuah mini market runtuh di Bandung. © 2022 Instagram @seputarbandungcom/Merdeka.com

Merdeka.com – Sebuah mini market di Desa Babakan Rahayu, Desa Cisondari, Pasir Jambu, Ciwidey, Kabupaten Bandung, Jawa Barat dilaporkan ambruk pada Kamis (16/9) malam. Dalam insiden ini, gedung toko serba ada itu langsung rata dengan tanah. Kejadian tersebut menjadi viral di media sosial.

Mengutip Instagram @duniabandungcom, banyak warga sekitar yang berkumpul pada Jumat (17/9) usai kejadian. Mereka berusaha mencari pengunjung dan staf yang dikhawatirkan terjebak di reruntuhan.

Artikel media taboola

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada sejumlah fakta terkait runtuhnya gedung minimarket Indomaret tersebut. Berikut ini.

2 dari 6 halaman

Tidak ada korban

Mengutip dari laman Instagram, kejadian ini terjadi secara tiba-tiba dan mengejutkan warga sekitar. Dilaporkan ada dua karyawan yang hampir terkubur namun berhasil menyelamatkan diri.

Menurut informasi yang diperoleh di tempat kejadian, insiden tersebut tidak memakan korban. Seluruh karyawan dan satu pengunjung yang merupakan teknisi ATM berlarian keluar dari gedung minimarket.

“Ini baru runtuhnya Indomaret runtuh. Indomaret Pasir Jambu,” kata pria yang merekam kondisi di lokasi kejadian usai kejadian.

3 dari 6 halaman

Karyawan menemukan bahwa langit-langit rusak

Sementara itu, menurut pengunjung yang merupakan teknisi ATM di minimarket tersebut, Reza Ardiansyah mengatakan telah diperingatkan oleh pekerja minimarket bahwa beberapa sisi bangunan telah rusak.

Menurut Reza, pegawai minimarket tersebut mengatakan banyak plafon gedung yang roboh.

“Jadi saya lihat dulu ke dalam, lalu kasirnya bilang, katanya plafonnya ambruk. Nah, saat saya masuk, saya lihat kondisi pondasi sudah bergeser, hingga tak lama kemudian tiba-tiba bangunan runtuh,” ujarnya mengutip YouTube Liputan6 SCTV.

4 dari 6 halaman

Saksi terjebak di dalam gedung minimarket

Reza yang juga menyaksikan kejadian tersebut menambahkan, dirinya terjebak di dalam gedung minimarket setelah gedung tersebut ambruk. Beruntung dia menemukan tempat untuk menyelamatkan dirinya agar tidak tertimpa reruntuhan di lokasi tersebut.

“Saat itu saya terjebak di dalam. Syukurlah cuma cipratan karena bisa lari ke dalam (yang lebih aman),” sambungnya.

Menurut warga sekitar, minimarket tersebut ambruk sekitar pukul 15.30 WIB yang disertai gemuruh. Warga sekitar langsung membubarkan diri dan berusaha menyelidiki situasi tersebut.

5 dari 6 halaman

Tanda-tanda keruntuhan sudah terlihat sejak dua hari sebelum acara

Minimarket runtuh di Bandung

©2020 YouTube Liputan6 SCTV/Merdeka.com

Sementara itu, menurut Kapolsek Pasir Jambu AKP Dana Suhenda, tanda-tanda ambruknya terlihat di gedung minimarket dua hari sebelum kejadian. Menurut dia, ada sejumlah retakan pada dinding bangunan yang sedang ditambal.

Kemudian beberapa menit sebelum kejadian juga dikatakan ada tanda-tanda getaran hingga pukul 15.30 WIB gedung langsung roboh.

“Dua hari lalu gedung ini retak dan kemudian ditambal. Dan kemudian, pada pukul 15.30, ada tanda-tanda getaran. Seluruh karyawan berusaha keluar dan menutup toko hingga tiba-tiba bangunan runtuh,” kata Dana.

6 dari 6 halaman

Dua kendaraan ambruk dari gedung

Dana menambahkan, tidak ada korban jiwa maupun luka di lokasi kejadian dan hanya dua kendaraan yang diparkir milik karyawan dan teknisi ATM yang rusak.

“Tidak ada korban jiwa tetapi dua kendaraan tertabrak, satu milik teknisi BCA,” katanya.

Hingga berita ini ditulis, penyebab utama ambruknya mini market jalur wisata tersebut belum diketahui secara pasti. Namun, setelah penyelidikan awal POLISIpondasi bangunan tidak dibangun sesuai dengan kaidah bangunan, sehingga tidak cukup kuat untuk menahan beban.


[nrd]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button