16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timur

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timur

Kabupaten Trenggalek merupakan salah satu daerah di pesisir selatan provinsi Jawa Timur. Mungkin Kabupaten Trenggalek masih asing bagi sebagian orang karena bukan merupakan pusat kota atau pemerintahan di Jawa Timur seperti Surabaya dan kota-kota lainnya.

Secara geografis, Trenggalek berbatasan dengan Pacitan di sebelah barat, Tulungagung di sebelah timur, dan Ponorogo di sebelah utara. Dengan letak geografis ini, Trenggalek menawarkan pesona alam yang menakjubkan, terutama pantai.

Namun tidak hanya pantai, Treangalek juga memiliki wisata yang mengundang wisatawan untuk datang ke sana. Oleh karena itu, sudah sepatutnya Trenggalek disebut sebagai surga tersembunyi di provinsi Jawa Timur.

Disini 16 Tempat wisata di Trenggalek terbaik untuk dikunjungi tentu saja.

1. Pantai Prigi

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timursportourism.id

Tempat wisata pertama di Trenggalek adalah Pantai Prigi. Pantai Prigi tidak jauh dari pusat kota Trenggalek yang berjarak sekitar 48 km. Pantai Prigi memiliki pasir putih yang menambah keindahan pantai ini.

Pantai ini terbagi menjadi 2 area yaitu sisi barat sebagai objek wisata dan sisi timur sebagai dermaga bagi para nelayan. Jadi jika Anda ingin berwisata dan juga membeli ikan segar, Anda bisa datang langsung ke Pantai Prigi.

Selain itu, di pantai Prigi Anda bisa bermain pasir, berenang dan berolahraga, seperti bermain bola. Yang membedakan Pantai Prigi dengan pantai lainnya adalah Anda bisa memancing di pantai ini. Selain itu, fasilitas pendukung seperti pelampung, warung makan dan akomodasi juga sudah tersedia.

2. Pantai Damas

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurfactualnews.co

Tempat wisata di Trenggalek yang kedua adalah Pantai Damas. Pantai Damas tidak jauh dari Pantai Prigi yang berjarak sekitar 5 km. Pantai Damas memiliki pasir hitam yang eksotis dan alami. Pantai ini memiliki ombak yang relatif tenang dan menyenangkan, sehingga Anda dapat berenang dan berselancar dengan tenang.

Selain itu, di Pantai Damas Anda juga bisa menyewa perahu nelayan untuk berlayar dan menikmati panorama alam perairan.

3. Pantai Pelangi

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurulinulin.com

Meski agak jauh dari pusat kota, Pantai Pelang memiliki pesona alam yang memikat. Pantai berpasir putih terbentang jauh, air laut yang sangat jernih dan juga terdapat perbukitan disekitar pantai yang membentuk keindahan panorama pantai ini yang bisa anda nikmati dari atas bukit. Sehingga anda bisa menikmati pemandangan pantai yang sangat menawan dan mempesona.

4. Pantai Blado

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurardiansyaheva.blogspot.com

Pantai Blado merupakan pantai yang sangat cocok untuk berselancar karena memiliki ombak yang relatif besar. Selain berselancar, Anda juga bisa bersantai dan menjelajahi pantai dengan berjalan kaki sambil merasakan sejuknya angin di Pantai Blado.

5. Pantai Ngampiran

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurksmtour.com

Panorama dari Pantai Ngampirang sungguh mempesona. Saat berada di pantai ini, Anda bisa bersantai di pinggir pantai sambil menikmati panorama pantai. Anda juga bisa berenang dan terbang bersama para nelayan. Ada juga penginapan di sekitar pantai.

6. Pantai Pasir Putih Trenggalek

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurnewsjatim.web.id

Seperti namanya, Pantai Pasir Putih memiliki pantai pasir putih yang mempesona. Air lautnya sangat jernih dan juga dikelilingi panorama hijau yang sejuk. Selain itu, terdapat juga batu karang di sudut pantai yang menambah keindahan pantai ini. Di sana Anda bisa bersantai di pantai, berenang dan berlayar mengelilingi pantai dengan menyewa perahu nelayan. Fasilitas di pantai ini cukup lengkap dan aman.

7. Pantai Taman Kili-Kili

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurklinikpintar.web.id

Tidak hanya di Bali dan Banyuwangi tempat penangkaran penyu, Trenggalek juga memiliki pantai untuk konservasi. Pantai Taman Kili-kili merupakan pantai yang digunakan untuk penangkaran penyu. Mulai dari penyu abu-abu, penyu sisik, penyu belimbing dan penyu hijau. Di tempat ini Anda dapat melihat bagaimana penyu dikembangbiakkan untuk mendapatkan wawasan tentang hewan.

8. Hutan Mangrove Pancer Cengkrong

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timursindopos.com

Kawasan hutan mangrove ini dikelola oleh Kelompok Pemantau Masyarakat (POKMASWAS) Kejung Samodra. Pada titik ini mereka menanam bibit tanaman sehingga jika rusak dapat segera diganti.

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Di sini Anda akan belajar cara membudidayakan mangrove. Selain itu, Anda dapat menjelajahi kawasan hutan mangrove melalui jembatan yang disediakan. Jadi Anda bisa berfoto dan menikmati panorama alam hutan mangrove.

Baca Juga: Yuk Bikin Sego Gegok, Kuliner Khas Trenggalek yang Nikmat

9. Gua Lowo

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timursindopos.com

Selain objek wisata pantai, Trenggalek juga memiliki objek wisata goa yang sudah tidak asing lagi bagi banyak wisatawan. Goa Lowo memiliki 9 kamar yang luas dan tinggi. Deretan stalaktit dan stalagmit menambah keindahan Goa Lowo.

Untuk menjelajahi gua, wisatawan dapat menggunakan jembatan yang dibangun oleh pengelola untuk memudahkan pengunjung menikmati gua. Selain itu, ada juga penerangan di dalam goa, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas keindahan Goa Lowo.

10. Industri kerajinan

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurvoaindonesia.com

Setiap tempat wisata pasti menawarkan oleh-oleh khas daerahnya. Di Trenggalek sendiri, Anda bisa mengunjungi beberapa bengkel kerajinan tangan yang dijadikan oleh-oleh.

Industri kerajinan di Trenggalek antara lain batik tulis, marmer hitam, bordir dan anyaman bambu. Tentunya kerajinan yang dibuat memiliki ciri khas sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Trenggalek.

11. Pantai Karanggongso

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timururlaubmulu.com

Salah satu wisata paling populer di Kabupaten Trenggalek adalah Pantai Karanggongso. Anda bisa menikmati panorama pantai yang sangat indah. Anda juga bisa berlayar dengan perahu nelayan. Jadi Anda bisa merasakan berlayar dan menikmati pantai dari dekat.

12. Pantai Ngulung Wetan

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timursindopos.com

Pesona pantai ini masih bisa dinikmati dengan cara yang sangat alami. Terdapat banyak pohon kelapa di sekitar pantai, yang membuat pemandangan dan suasana semakin indah. Selain itu, Anda juga bisa melihat matahari terbenam dari pantai ini yang begitu indah. Jadi jangan sampai ketinggalan!

13. Pantai Ngadipuro

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurquelle.com

Pesona Pantai Ngadipuro memang tidak bisa dipungkiri. Pantai dengan pesona keindahan alam yang indah dan sangat enak dipandang mata. Ombak di pantai ini sangat tenang sehingga Anda bisa berenang dengan nyaman dan aman.

14. Pantai Konang

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timursindopos.com

Pantai ini menawarkan pesona alam yang berbeda dari yang lain. Jika ombaknya relatif besar, Anda bisa berselancar di pantai ini. Selain itu pantai ini juga ditumbuhi pohon kelapa sehingga sangat sejuk dan menambah keindahan pantai.

15. Bukit Gembes

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurtraveljawatimur.xyz

Jika Anda seorang pecinta alam dan suka berfoto, Anda wajib datang ke Bukit Gembes ini. Anda tidak akan kecewa ketika mengunjungi bukit ini karena menawarkan panorama alam yang sangat indah dan Anda bisa melihat kota Trenggalek dari atas bukit. Anda juga memiliki pemandangan pantai yang sangat bagus dari ketinggian.

16. Banyu Nget

16 Wisata Trenggalek Terbaik, Surga Tersembunyi Jawa Timurbioztv.id

Tempat wisata populer lainnya di Trenggalek adalah Banyu Nget. Tempat wisata ini didesain untuk wisata alam, edukasi dan permainan. Oleh karena itu cocok sebagai wisata keluarga.

Nah ini dia tempat wisata di Trenggalek. Tak kalah menarik dengan wisata lain di Jawa Timur bukan? Mari cintai negeri ini dengan jalan-jalan keliling Indonesia dan mengenal budaya masing-masing daerah.

Selain tempat wisata di Trenggalek tersebut, kamu juga bisa menemukan berbagai tempat wisata menarik lainnya disini waktu IDN Ya memang.

Baca Juga: 6 Kebun Teh di Jawa Timur Ini Bisa Jadi Destinasi Liburan Anda

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button