15 Tempat Wisata Populer di Tawangmangu yang Cocok Untuk Penyembuhan - WisataHits
Jawa Timur

15 Tempat Wisata Populer di Tawangmangu yang Cocok Untuk Penyembuhan

TEMPO.CO, jakarta – Tawangmangu merupakan kawasan yang memiliki pesona wisata alam yang indah. Lokasinya yang berada di kaki Gunung Lawu menjadikannya kawasan dengan udara sejuk dan alam yang masih hijau dan asri.

Ada beberapa tempat wisata populer di Tawangmangu yang bisa dikunjungi untuk mengisi waktu liburan atau sekedar iseng obat. apa pun? Baca lebih lanjut di bawah ini.

Tempat wisata di Tawangmangu

Wisata alam di Tawangmangu tidak kalah menarik dengan tempat wisata di daerah lain. Anda bisa mengunjungi tempat-tempat bersejarah (kuil), pemandian (air terjun) hingga wisata modern yang sedang populer saat ini. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut rekomendasi tempat wisata di Tawangmangu untuk dikunjungi saat liburan.

1. Candi Cetho

Candi Cetho merupakan salah satu pusat peribadatan umat Hindu di Jawa Tengah. TEMPO/Ahmad Rafiq

Tempat wisata pertama yang direkomendasikan di Tawangmangu adalah Candi Cetho. Candi Cetho merupakan tempat wisata sejarah abad ke-15 yang penuh keajaiban. Selain pura, pengunjung juga disuguhkan dengan keindahan alam di sekitar area pura. Saat berkendara menuju pura, pengunjung harus ekstra hati-hati karena melewati jalan menanjak dengan tikungan tajam dan tebing curam. Namun, perjuangan itu terbayarkan karena pesona alam di sepanjang jalan yang sungguh menakjubkan.

2. Candi Sukuh

Masih di sekitar candi adalah objek wisata Candi Sukuh di kaki Gunung Lawu. Seperti wisata candi pada umumnya, tempat ini juga menawarkan wisata edukasi dengan konsep sejarah. Kawasan Candi Sukuh memiliki suasana sejuk dan nyaman karena tidak terlalu ramai pengunjung. Wisatawan dapat menikmati pemandangan kota Tawangmangu dari ketinggian.

3. Rumah Atsiri Indonesia

Destinasi wisata yang tak kalah populer di Tawangmangu adalah Rumah Atsiri Indonesia. Tempat wisata ini dipenuhi dengan berbagai macam bunga berwarna-warni yang indah. Wisatawan tidak hanya dapat menikmati keindahan bunga, tetapi juga mengunjungi museum minyak esensial sambil belajar sejarah minyak atsiri. Lokasi Rumah Atsiri Indonesia berada di Jalan Watusambang, Plumbon, Tawangmangu.

4. Taman Wisata Balekambang Tawangmangu

Taman Wisata Balekambang Tawangmangu merupakan objek wisata yang sangat direkomendasikan untuk liburan keluarga. Ada berbagai spot foto dengan replika keajaiban dunia sebagai backgroundnya. Selain itu, ada juga berbagai wahana, antara lain kolam renang, rubah terbang dan keluar tersedia untuk anak-anak hingga dewasa. Ada juga deretan pedagang kaki lima dan oleh-oleh yang cocok untuk oleh-oleh.

5. Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu

Destinasi wisata alam di Tawangmangu selanjutnya adalah Wisata Bukit Sekipan Tawangmangu. Bertengger di puncak bukit, kawasan wisata ini menawarkan pemandangan yang menyegarkan mata. Dari atas, wisatawan disuguhi hamparan alam yang indah. Ada juga spot foto di area bukit instagramable disertai dengan berbagai wahana yang patut dicoba.

6. Bukit Sakura

Tak perlu jauh-jauh ke Jepang, Tawangmangu menawarkan objek wisata Bukit Sakura. Seperti namanya, pengunjung bisa melihat bunga sakura beserta bangunan ikonik khas Jepang. Selain itu, pengunjung dapat menyewa pakaian kimono tradisional Jepang. Pengunjung bisa berfoto dengan gaya Jepang. Meski tergolong baru, lokasi wisata yang diresmikan akhir tahun 2019 ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

7. Gunung Lawu

Pendaki pasti tahu gunung yang satu ini. Gunung Lawu dengan ketinggian 3.265 mdpl terletak di perbatasan antara 2 provinsi yaitu Jawa Tengah dan Jawa Timur. Meski memiliki jalur pendakian yang cukup sulit, pemandangan hijau nan asri disuguhkan kepada para pendaki selama perjalanan. Banyak pohon dan bunga edelweis bertebaran di sepanjang jalan setapak, ditemani sabana yang luas. Begitu sampai di puncak, rasa lelah tergantikan dengan rasa takjub di depan lautan awan yang mempesona.

8. Kandang Cemoro

Cemoro Kandang adalah titik awal jalur pendakian Gunung Lawu. Ada banyak kafe dan restoran di area ini, menawarkan suasana hijau. Tempat keren ini sangat cocok untuk obat Atau sekedar bersantai setelah seharian beraktivitas.

9. Air Terjun Grojogan Sewu

Tempat wisata terdekat di Tawangmangu adalah Air Terjun Grojogan Sewu. Keindahan objek wisata air terjun Grojogan Sewu memang tidak perlu diragukan lagi. Dengan ketinggian sekitar 80 meter, aliran air terjun ini mengalir deras setiap saat. Pengunjung harus menaiki 1.250 anak tangga untuk mencapai area air terjun. Selama perjalanan, wisatawan disuguhi pemandangan yang mempesona dan mereka ditemani oleh monyet yang berjalan di sekitar lereng.

10. Rumah penelitian herbal Hortus Medicus

Tempat wisata ini memiliki konsep wisata wisata herbal di Tawangmangu. Pengunjung berkesempatan melihat klinik ilmiah, laboratorium, rumah jamu, museum, gedung bioskop, perpustakaan, dan rumah kaca hasil adaptasi dan pelestarian tanaman obat. Uniknya, wisatawan akan mendapatkan pengalaman edukasi tentang sejarah jamu dan tradisi jamu Jawa selama perjalanan.

11. Telaga Sarangan

Dengan luas 30 hektar, Telaga Sarangan menawarkan pemandangan danau yang sangat indah. Tempat wisata ini sangat cocok untuk dipilih sebagai penghilang penat. Ada wisata perahu di kawasan yang bisa disewa untuk menikmati pemandangan di sekitar Telaga Sarangan. Kuda juga tersedia untuk anak-anak.

12. Taman Lawu

Pengunjung menikmati pemandangan alam di arena salju di Obyek Wisata Taman Lawu, Desa Gondosuli Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, ANTARA/Bambang Dwi Marwoto

Taman Lawu merupakan wisata alam yang menawarkan pemandangan hijau dengan sepetak hutan pinus. Wisata andalan Tawangmangu ini menjadi salah satu tujuan para wisatawan. Tempat ini sangat cocok untuk wisatawan yang suka berburu Foto dengan background pemandangan alam. Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di area ini, seperti panjat tebing rubah terbangTonton film 3D hingga berkemah. Taman Lawu dapat dicapai dengan kendaraan pribadi, bus besar, dan kendaraan umum. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir dengan akses yang sulit ke situs.

13. Taman Hutan Mojosemi

Tempat wisata populer lainnya di Tawangmangu adalah Taman Hutan Raya Mojosemi. Kawasan ini dijamin nyaman, aman dan lengkap. Objek wisata paling unik di tempat ini adalah Taman Dinosaurus Mojosemi, dimana pengunjung bisa menyaksikan penampilan pertunjukan dinosaurus atau dino show. Ada juga berbagai wahana di area ini untuk dicoba pengunjung, seperti: B. ATV, Sewa jiparena berkuda, pistol airsoft dan wahana anak lainnya yang tak kalah seru.

14. Taman Ajaib Tawangmangu

Tawangmangu Wonder Park adalah tempat wisata yang menawarkan area berkemah lebar. Destinasi wisata tersebut antara lain harta karun tersembunyiTawangmangu karena tidak banyak orang yang tahu tentang tempat yang relatif baru ini. Anda dan keluarga bisa bersenang-senang di saat yang bersamaan berkemah di kawasan wisata hijau ini.

15. Kebun Teh Kemuning

Tempat wisata terakhir yang direkomendasikan di Tawangmangu adalah Kebun Teh Kemuning. Dengan berbagai macam tanaman teh, pengunjung berkesempatan untuk memetik dan menikmati minuman teh di kawasan wisata ini. Pemandangan hijau yang indah estetika bisa menjadi alternatif background spot foto. Suasana sejuk membuat pengunjung betah menghabiskan waktu di kebun teh.

Rekomendasi di atas bisa menjadi referensi tempat wisata saat Anda berkunjung ke Tawangmangu. Tempat wisata mana yang ingin kamu kunjungi?

LALA DITA PANGSTU

Baca juga: Ini dia tempat wisata di Garut yang bisa dijangkau dalam satu hari

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button