15 Tempat Wisata Jawa Timur Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Ketinggalan - WisataHits
Jawa Tengah

15 Tempat Wisata Jawa Timur Paling Ikonik Yang Wajib Dikunjungi, Jangan Sampai Ketinggalan

Taman Nasional Baluran

Perbesar

Taman Nasional Baluran, Jawa Timur. | melalui: javaexoticator.com

7. Taman Nasional Baluran

Taman nasional ini terletak di dua kawasan yaitu Situbondo dan Banyuwangi. Dengan luas 25.000 hektar, taman ini terbagi menjadi beberapa area. Pertama, ada daerah pegunungan dengan Gunung Baruan sebagai puncak tertingginya. Lalu ada hutan musim, hutan bakau pesisir dan sabana.

Daya tarik paling menarik di taman nasional ini adalah sabananya yang luas. Selama musim hujan, daerah ini benar-benar hijau dan penuh dengan satwa liar. Wisatawan yang datang ke tempat wisata di Jawa Timur ini dapat melihat kerbau liar, banteng, coyote, kijang, kijang dan macan tutul.

Untuk menikmati berbagai satwa dan pemandangan alam, wisatawan dapat mengunjungi beberapa pos pengamatan di Batangan, antara lain Bekol dengan banyak burung merak, ayam hutan dan rusa, Bama dekat pantai, Manting dan Kalitopo.

8. Candi Penataran

Wisata Jawa Timur selanjutnya adalah Penataran Candi. Hal yang menarik dari candi Penataran ini adalah reliefnya. Beberapa cerita tentang Anoman Obong, kehidupan selama era kerajaan dan beberapa relief asing terukir di relief. Dipercaya bahwa kerajaan-kerajaan nusantara telah bekerja sama dengan negara-negara asing di masa lalu.

Dibangun oleh tiga dinasti kerajaan, kompleks candi ini merupakan yang terbesar di Jawa Timur. Wisatawan dapat melihat altar utama, bangunan Kuil Naga dan Kuil Tahun-tahun serta sambaran petir di belakangnya.

Untuk memasuki destinasi wisata di Jawa Timur ini, wisatawan tidak dikenakan biaya masuk. Wisatawan hanya perlu memberikan donasi yang tulus dan mengisi buku tamu. Setiap empat bulan sekali, pertunjukan seni digelar di tengah pura ini, seringkali pada malam bulan purnama, dengan mengundang seniman asing dan lokal dari berbagai pelosok tanah air.

9. Situs Kuno Trowulan

Situs ini terletak di pusat kota dan kompleks kunonya tersebar di beberapa tempat. Untuk mengunjungi setiap tempat menarik, disarankan untuk datang dengan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Selain Candi Panataran, situs purbakala yang paling mempesona di Jawa Timur adalah di Trowulan-Mojokerto.

Dahulu kawasan ini merupakan wilayah pemerintahan Majapahit hingga runtuhnya kerajaan. Ada banyak situs cagar budaya di tempat ini, di antaranya candi, kolam pemandian (segaran pool) dan gapura yang dipercaya mewakili rumah Gadjah Mada.

Selain berbagai situs budaya, Pemkot Mojokerto juga menjadikan desa dekat pura sebagai lokasi wisata. Di depan rumah warga, telah dibangun sebuah ruangan mirip bangunan tua, yang bisa digunakan sebagai toko atau tempat bersantai para wisatawan ketika lelah menjelajahi Trowulan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button