7 Tempat Wisata Keluarga Paling Banyak Dikunjungi di Surakarta Solo Yang Wajib Dikunjungi! - WisataHits
wisatahits

7 Tempat Wisata Keluarga Paling Banyak Dikunjungi di Surakarta Solo Yang Wajib Dikunjungi!

Atraksi Keluarga Solo – Solo/Surakarta adalah sebuah kabupaten dan kota yang terletak di provinsi Jawa Tengah yang juga dikenal sebagai kota budaya. Karena di tempat ini banyak terdapat bangunan tua yang nilai sejarahnya begitu tinggi.

Solo juga berbatasan langsung dengan kota-kota tujuan wisata di Jawa Tengah seperti Boyolali, Klaten dan juga Pacitan yang memiliki pantai-pantai indah yang sedang booming belakangan ini.

Atraksi Keluarga Solo

Penasaran dengan wisata solonya,?? oh iya, jadi disini penulis akan khusus membahas tempat wisata keluarga single player. Nah, simak ulasan kami mengenai tempat wisata keluarga solo yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga besar:

1. Pandawa Water World, wisata keluarga solo yang sangat menarik

Pandawa Water World Solo New Black Hole SlidePandawa Water World Solo New Black Hole Slide

Alamat: Kompleks Pandawa Jl. Cemara Raya Gedangan, Dusun 2, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah

Tempat wisata keluarga utama di Solo adalah Pandawa Water World yang terletak di Jalan Cernaya Raya Solo Baru. Pandawa Water World merupakan destinasi keluarga di sekitar Solo yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Karena objek wisata ini memiliki banyak destinasi yang cocok untuk segala usia, dari anak-anak hingga dewasa, seperti ombak buatan, kolam renang anak dan lain-lain.

Jam buka Pandawa Water World adalah sebagai berikut:

  • Senin sampai Jumat buka dari jam 10 pagi sampai 6 sore.
  • Sabtu/libur nasional buka dari jam 08.00 s/d 18.00 WIB

Sementara itu, harga tiket Pandawa Water World adalah sebagai berikut:

  • Dari Senin hingga Jumat, harga tiketnya Rp 80.000,00 per orang
  • Sabtu Minggu/Libur harga tiketnya Rp10.000,00 per orang

Nb : Harga Tiket sewaktu-waktu bisa berubah

Wahana Solo di Dunia Air:

  • slide rakit
  • Slide Lubang Hitam Kiri
  • Geser ke kanan lubang hitam
  • anak kunti
  • Aksi Sungai
  • dan masih ada 34 wahana lainnya

Dengan harga tersebut, kebetulan juga diimbangi dengan fasilitas selain full ride, seperti tenaga medis yang standby di area bermain jika sewaktu-waktu terjadi kecelakaan. Ada banyak fasilitas yang bisa Anda nikmati bersama keluarga, buktikan sendiri dengan datang ke sana.

2. Naik Kereta Uap Jaladara Kota Solo

Sepur Kluthuk Jaladara via JalajahnusaeSepur Kluthuk Jaladara via Jalajahnusae

Alamat: Surakarta Solo

Tempat wisata keluarga di Solo selanjutnya adalah Kereta Bahtera, kereta api tersebut merupakan kereta uap yang kini beroperasi sebagai kereta wisata.

Tidak seperti kereta api pada umumnya, kereta uap jaladara ini ditenagai oleh kayu yang dibakar dan menghasilkan uap yang dapat menggerakkan kereta api.

Jalur kereta api wisata ini berjalan dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Kota Solo dan juga melewati Jalan Slamet Riyadi yang merupakan jalur protokol Kota Solo, jadi bagi anda yang melewati Jalan Slamet Riyadi menggunakan kendaraan pribadi harus berhati-hati karena antara jalan raya dan kereta api wisata ini, tidak ada batasnya.

Kereta wisata ini memiliki dua gerbong yang mampu menampung hingga 72 penumpang dengan kecepatan maksimal 50 KM per jam. Jadi kalau naik kereta, bisa solo keliling kota menikmati pemandangan kota solo yang masih rimbun ditumbuhi pepohonan tinggi.

untuk harga tiket naik kereta wisata ke Solo yaitu 150.000 per orang. Harga tiket dapat berubah sewaktu-waktu.

3. Asyiknya keliling kota Solo dengan bus di Solo

Asyiknya keliling kota Solo dengan bus di SoloAsyiknya keliling kota Solo dengan bus di Solo

selain memiliki kereta wisata yang sangat menarik untuk dicoba, solo juga memiliki bus wisata yang bisa anda coba. Bus wisata ini bernama bus tingkat Werkudara.

Tahukah Anda bahwa bus double decker werkudara ini merupakan bus wisata kota pertama di Indonesia. Bus werkudara ini mulai beroperasi pada awal tahun 2011.

Dengan naik bus ini, Anda dapat berkeliling Kota Solo menikmati daerah tujuan seperti Keraton Surakarta, Laweyan, Museum Perpustakaan Radya, Mangkunegaran, Kampung Batik Kauman dan tempat-tempat menarik di berbagai sudut kota Solo.

Jika anda berniat naik bus ini, anda harus memesan tiket satu hari sebelum keberangkatan dan membayar deposit minimal 25%. Tiket dapat diperoleh di Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika yang beralamat di Jl Menteri Supneo No 7 Manahan Solo.

Harga tiketnya sendiri adalah Rp 20.000,00 per orang dan bus ini hanya beroperasi pada hari Sabtu dan Minggu. Bus ini juga bisa disewa dengan biaya Rp 800.000,00 per tiga jam dan denda lembur 250.000. Dengan naik kereta wisata ini, aktivitas perjalanan solo keluarga Anda akan sangat menyenangkan.

Kunjungi juga: 36 tempat bagus untuk makan sendirian

4. Taman Balekambang Solo

Taman Ria Balekambang via RentalmainansoloTaman Ria Balekambang via Rentalmainansolo

Alamat: Jl.Balekambang, Manahan, Kec. Banjarsari, kota Surakarta

Tempat wisata solo selanjutnya adalah Taman Balekambang yang terletak di Jl. Balekambang Nomor 1 Banjarsari Solo. Taman Balekambang memiliki luas sekitar 10 hektar dengan lokasi ASRI yang hijau, bersih dan pasti.

Destinasi ini sangat cocok dijadikan sebagai tempat wisata keluarga murah solo. Di tempat ini Anda bisa menikmati segarnya udara taman bersama keluarga. Momen berkumpul tentu akan lebih bermakna jika dilakukan dengan cara yang menyenangkan.

5. Keraton Solo dengan Persyaratan Sejarah

Keraton Surakarta via SoloposKeraton Surakarta via Solopos

Alamat: Baluwarti, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Perjalanan solo anak dan keluarga selanjutnya adalah Keraton Solo yang kaya akan nilai sejarah. Jika Anda mengajak buah hati Anda, tentunya akan sangat bermanfaat karena Anda bisa berwisata sambil menemukan cerita.

Keraton solo ini sangat cocok digunakan sebagai wisata edukasi solo. Berkat lokasinya yang berada di pusat kota Solo, Keraton Solo banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

6. Taman Sriwedari yang juga kaya akan sejarah

Taman Sriwedari via KompasTaman Sriwedari via Kompas

Alamat: Jl Slamet Riyadi No. 275, Sriwedari, Laweyan, Kota Surakarta

Selain memiliki wisata sejarah Keraton Solo, kota ini juga memiliki wisata sejarah lainnya seperti Taman Sriwedari yang terletak di kabupaten ini. lawijayan. Taman ini pernah menjadi tempat rekreasi keluarga kerajaan pada masa itu.

Di tempat ini juga terdapat bangunan wayang orang yang secara rutin menyelenggarakan pertunjukan berdasarkan cerita Ramayana dan Mahabharata.

Periksa juga: 19 Penginapan dan Hotel Murah di Solo

7. Mengunjungi Kampung Batik Kauman

Wisata Kampung Batik Kauman via TribunnewsWisata Kampung Batik Kauman via Tribunnews

Alamat: Jalan Rajiman, Jalan Nonongan, Jalan Slamet Riyadi, Kauman, Pasar Kliwon, Kota Surakarta

Bagi anggota keluarga yang senang dengan cara menikmati wisata kota solo yang begitu menarik, mungkin Anda bisa mengakhiri perjalanan Anda dengan berbelanja di kampung batik Kauman.

Kampung Batik Kauman terletak di Jl. Trident, Kauman, Timur. Batik yang dihasilkan di kampung batik ini berbeda dengan batik Jogja dan batik Pekalongan.

Bedanya pada coraknya, batik dari tempat ini lebih banyak coraknya dan cenderung menggunakan warna-warna cerah. Batik bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang bisa kamu bawa sendiri.

Untuk akses menuju kampung batik kauman juga sangat mudah di akses, dikarenakan letaknya yang sangat strategis dikelilingi oleh jalan protokol di kota solo seperti jl slamet riyadi, jl nonongan, jl rajiman yang tentunya sangat mudah di akses .

* * * *

Mungkin itu saja tempat wisata keluarga di Solo dan sekitarnya yang harus Anda kunjungi. Selain menyenangkan untuk dikunjungi bersama keluarga, traveling sendirian juga sangat menyenangkan untuk dikunjungi bersama orang tersayang. Ada juga wisata alam solo yang bisa Anda coba, seperti air terjun. Simpan artikel ini dengan membagikannya di facebook atau instagram Anda.

Kunjungi juga: Istana Warisan Solo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button