15 makanan khas wonosobo yang terkenal dan enak, jajanan pasar, kuliner, jajanan dll. - WisataHits
wisatahits

15 makanan khas wonosobo yang terkenal dan enak, jajanan pasar, kuliner, jajanan dll.

makanan khas Wonosobo – Wonosobo menawarkan sejuta keindahan alam yang sangat menggoda, tidak hanya alamnya saja yang indah, kuliner wonosobo juga tidak bisa diremehkan.

Ada banyak masakan khas Wonosobo yang patut untuk dicoba. Selain mengunjungi tempat-tempat menarik, cara ini juga dapat membantu Anda untuk lebih mengenal kuliner khas Indonesia.

Ada banyak tempat yang bisa Anda kunjungi untuk wisata kuliner dan salah satunya adalah Wonosobo. Di sini Anda akan menemukan berbagai hidangan spesial yang menggugah selera.

Makanan khas wonosobo yang paling populer

Berikut ini Tempat wisata yang mengasyikkan merangkum daftar makanan khas wonosobo paling terkenal yang wajib anda cicipi selama berlibur di kota ini :

1. Mie ongklok

Mie OngklokMie Ongklok

Makanan khas Wonosobo pertama yang wajib kamu coba adalah Mie Ongklok. Menu ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Mie ongklok sebenarnya sama dengan mie lainnya, namun yang membedakan adalah cara penyajiannya.

Satu porsi terdiri dari mie, kol, kol dan kucai. Semua bahan tersebut direbus kemudian di siram dengan kuah tepung kanji yang kental atau biasa orang menyebutnya Tertawa terbahak-bahak.

Saking populernya, mie ongklok menjadi ikon kuliner di kota Wonosobo sendiri. Tidak hanya masyarakat Wonosobo saja yang menyukai mie ini, namun juga banyak warga kota yang ketagihan dengan kelezatannya.

Tidak sulit menemukan menu ini karena banyak pedagang yang menjajakannya di rumah makan atau warung pinggir jalan.

2. Aneka olahan Carica

caricacarica

Selain mie ongklok, makanan yang satu ini mungkin juga sudah tidak asing lagi bagi Anda. Ya, cari namanya. Carica adalah buah khas dataran tinggi Dieng.

Buah ini bentuknya mirip dengan pepaya, namun bentuknya lebih kecil. Tak hanya itu, pohonnya pun mirip dengan pohon pepaya pada umumnya.

Kekhasan lain buah ini hanya bisa tumbuh di kawasan Dieng. Hal ini dikarenakan ada masyarakat yang ingin menanam buah carica di daerah lain.

Namun, yang tumbuh adalah pepaya biasa berukuran normal. Buah ini biasanya dibuat menjadi permen, keripik, bekal, dan sirup. Mencari olahan cacica juga tidak sulit karena saat ini sudah banyak toko oleh-oleh yang menjual olahan buah-buahan di daerah Wonosobo hingga Banjarnegara.

3. Sagon

Sagon di TribunnewsSagon di Tribunnews

Makanan khas Wonosobo selanjutnya adalah sagon. Makanan ini termasuk makanan tradisional yang masih bertahan sampai sekarang.

Bahan utamanya terbuat dari tepung sagu yang dipadukan dengan parutan kelapa dan gula. Cara memasaknya cukup sederhana yaitu dengan cara dipanggang.

Berbentuk bulat dan tebal, sagon sangat nikmat disantap saat panas. Jika ingin menikmati sajian kuliner tradisional ini, datang saja ke Pasar Induk Wonosobo. Di sana Anda akan menjumpai pedagang sagon yang berjualan di sebuah kompleks.

4.Purwoceng

purwocengpurwoceng

Selain kuliner, di Wonosobo ada tanaman yang sering diolah karena dipercaya memiliki banyak manfaat, namanya purwaceng.

Dulu, tanaman ini sering disulap untuk mengobati berbagai penyakit mulai dari masuk angin, pegal linu, saraf, dll. Namun seiring berjalannya waktu, kini purwaceng banyak dibuat menjadi campuran teh dan kopi.

Hal ini dilakukan karena tanaman tersebut dapat membuat kopi atau teh yang Anda minum terasa lebih nikmat.

Minuman herbal ini bisa Anda seduh sebagai minuman untuk menghilangkan masuk angin di Dieng atau Wonosobo sekaligus menyehatkan tubuh dari demam dan pegal linu.Tidak hanya itu, minuman herbal ini juga bermanfaat untuk anti kanker.

5. Opak Singkong

Opak SingkongOpak Singkong

Selain makanan yang sudah dijelaskan di atas, Wonosobo juga menawarkan jajanan unik yaitu opak singkong. Seperti namanya, makanan ringan ini terbuat dari singkong yang dihaluskan kemudian dijemur hingga kering.

Tidak sulit menemukan makanan ini karena saat ini banyak toko oleh-oleh yang menjualnya di seluruh wilayah Wonosobo. Biasanya opak singkong yang dijual ada dua jenis yaitu sudah digoreng dan belum digoreng atau masih mentah.

Nah, buat kamu yang ingin menikmati panasnya opak, kamu bisa beli yang mentah. Dengan cara ini Anda bisa menggorengnya sendiri di rumah dan tentunya bisa disajikan selagi masih panas.

6. Tempe Kemul

Tempe Kemul via Tribunnews.comTempe Kemul via Tribunnews.com

Makanan lain yang juga bisa Anda coba dalam wisata kuliner di Wonosobo adalah tempe kemul. Kemul adalah istilah bahasa Jawa yang berarti selimut.

Makanan kemul untuk makanan ini adalah tempe yang digoreng dengan tepung. Meski makanan ini bisa kita jumpai di mana-mana, namun saat disantap di kota dingin Wonosobo pasti akan lebih nikmat. Tempe kemul dijual oleh pedagang kaki lima gorengan dan harganya sangat terjangkau.

Kunjungi juga: 30 tempat wisata di wonosobo

7. Keripik jamur

Keripik jamur via TribunnewsKeripik jamur via Tribunnews

Camilan lain yang bisa Anda bawa sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah adalah keripik jamur. Jajanan ini banyak diproduksi oleh industri rumah tangga maupun industri besar.

Karena produktivitas jamur yang tinggi di Wonosobo, bahan makanan ini cukup dikenal di luar daerah.

8. Kacang Dieng

Kacang Dieng via IpopamKacang Dieng via Ipopam

Kacang dieng atau sering disebut kacang babi merupakan salah satu jenis cemilan yang juga bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga anda.

Proses pengolahan kacang dieng adalah dengan cara digoreng kemudian diberi bumbu sederhana. Namun seiring berjalannya waktu, kini banyak bermunculan varian rasa lain dari produk Wonosobo ini. Kacang Dieng bisa Anda dapatkan dari banyak toko oleh-oleh yang tersebar di sepanjang pinggir jalan.

9. Nasi megono

Nasi Megono melalui WikipediaNasi Megono melalui Wikipedia

Bagi Anda yang ingin mengobati rasa lapar, cobalah menu yang satu ini. Namanya nasi megono. Nama Nasi Megono mungkin sangat familiar di Pekalongan, namun di Wonosobo makanan ini juga banyak peminatnya.

Menu ini sangat cocok dinikmati saat lapar dan kedinginan karena udara kota Wonosobo. Nasi megono sangat cocok dinikmati dengan iringan tempe kemul dan minuman Teh Tambi yang merupakan teh khas Wonosobo.

10. Dendeng sapi

dendeng gepukdendeng gepuk

Makanan khas Wonosobo lainnya adalah dendeng. Seperti yang kita ketahui, dendeng merupakan makanan yang biasanya terbuat dari daging sapi pilihan.

Meski bisa ditemukan di banyak tempat lain, dendeng Wonosobo cukup unik. Makanan ini sangat cocok dinikmati dengan nasi panas sambil minum teh.

Kualitas daging sebagai bahan utama juga sangat diperhatikan agar cita rasa yang didapat sempurna. Tidak sulit menemukan dendeng, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh Wonosobo.

11. Kue Pepe Wonosobo

Kue Pepe Wonosobo melalui CookpadKue Pepe Wonosobo melalui Cookpad

Kue pepe ini merupakan salah satu makanan khas Wonosobo yang biasanya tersedia saat hari raya, khususnya Idul Fitri. Kue yang satu ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis, pasti nikmat banget saat disantap. Jajanan ini bisa Anda temukan di toko kue khas Wonosobo.

12. Kandang

Cenil via IG @makan.halallCenil via IG @makan.halall

Cenil merupakan jajanan pasar khas Jawa, termasuk Wonosobo. Jajanan ini bisa Anda temukan di pasar tradisional Wonosobo.

Cenil sendiri terlihat menarik dengan berbagai warna yang cantik, lalu ditaburi gula aren, ditambah sejumput kelapa muda, sangat direkomendasikan untuk dicicipi.

13. Soto Golak

Soto Golak via MayodoSoto Golak via Mayodo

Dingin, pasti enak makan sup. Dieng memang dikenal memiliki suhu udara yang dingin, sehingga sangat menyenangkan untuk menghangatkan tubuh dengan mencicipi semangkuk soto golak.

Soto Golak sendiri merupakan kuliner khas Wonosobo yang wajib banget kamu coba. Golak sendiri merupakan makanan ringan yang terbuat dari singkong kemudian diolah hingga berbentuk ketan.

Setelah itu, singkong tersebut digoreng dan disajikan dengan sop daging sapi yang lezat. Dengan rasa yang gurih dan nikmat akan membuat siapapun ketagihan.

Untuk komposisi Soto Golak ini sendiri ada soun mie, seledri, kecambah, kacang tanah, bawang goreng dan potongan daging sapi. Dijamin lebih nikmat lagi jika disantap dengan tempe kemul dan tahu.

Anda bisa mencoba soto golak ini di Rumah Makan Soto Golak Asih yang terletak di Jalan Kyai Walik Jlegong, Wonosobo.

14. Serabi Dieng

Kue Serabi DiengKue Serabi Dieng

Serabi tidak hanya ada di Bandung lho, Wonosobo juga punya serabinya sendiri. Makanan khas Wonosobo ini bisa Anda coba saat berkunjung ke Dataran Tinggi Dieng khususnya.

Kue Serabi khas Dieng ini dibuat dengan pawon api menggunakan cetakan tradisional. Dengan resep yang bertahan dari generasi ke generasi, kue ini bertahan hingga saat ini.

Serabi khas Dieng ini bisa Anda nikmati dengan secangkir teh atau kopi. Lebih enak dimakan saat masih panas.

Isian serabi khas Dieng ini ada yang berupa gula aren atau coklat, tergantung selera anak-anak biasanya suka dengan rasa coklat.

15. Geblek

GeblekGeblek

Menu wisata kuliner Wonosobo terakhir yang wajib Anda coba adalah geblek. Geblek adalah makanan yang terbuat dari tepung kanji yang dicampur dengan air dan ditambah bumbu.

Cara penyajiannya cukup digoreng. Anda bisa membeli makanan ini dari penjual kentang goreng di sepanjang jalan dengan harga yang sangat mudah. Geblek bisa dimakan panas.

* * * * *

Itulah rekomendasi makanan khas Wonosobo yang wajib kamu coba saat berlibur ke sini. Kira-kira kamu mau coba yang mana?

Lihat juga: Waduk Wadaslintang, Wonosobo

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button