13 Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Tengah menurut tahun didirikan sampai alamat lengkap - WisataHits
Jawa Timur

13 Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Tengah menurut tahun didirikan sampai alamat lengkap

13 Pondok Pesantren Terbaik di Sulawesi Tengah menurut tahun didirikan sampai alamat lengkap

SurabayaNetwork.id- Propinsi Sulawesi Tengah telah membangun banyak pesantren dari hari ke hari. Berikut 13 pesantren di Sulawesi Tengah yang bisa Anda pilih.

Provinsi Sulawesi Tengah merupakan provinsi terbesar di wilayah Sulawesi.

Provinsi Sulawesi Tengah terbagi menjadi 13 wilayah administratif yang terdiri dari 12 kabupaten dan 1 kota, dengan mayoritas penduduk beragama Islam.

Para ulama telah berjasa dalam perkembangan Islam di wilayah Sulawesi Tengah hingga saat ini.

Pesantren ini didirikan pada tahun 1985 dan khusus melayani santri putri. Jenjang Pendidikan tersedia mulai dari Playgroup, TK, SD, MTs, SMP, SMA, MA, Sekolah Dagang.

Pesantren ini berada di bawah naungan Yayasan Al Khairat, sebuah pesantren di Kota Palu, di sebelah pesantren juga terdapat panti asuhan.

Pesantren ini dilengkapi fasilitas berupa ruang komputer, aula serbaguna dan tempat khusus untuk kegiatan menjahit.

Jenjang pendidikan yang tersedia adalah MI, MTs hingga MA. Pada tahun 2021, salah satu siswa Madrasah Aliyah menjuarai Lomba Sains Madrasah (KSM) tingkat kabupaten.

3. Pesantren Hidayatullah

Pesantren ini terletak di Tondo, Kec. Palu Timur, Kota Palu, Sulawesi Tengah, didirikan pada tahun 1976. Jenjang pendidikan yang tersedia adalah KB (kelompok belajar) dan MA.

4. Pesantren Madinatul Ilmi Dolo

Berdiri sejak tahun 1992, pesantren ini terletak di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Memiliki jenjang pendidikan RA, MIS, MTs, MA dan SMK.

Pesantren ini berdiri sejak tahun 1992 dan hingga saat ini telah membuka berbagai jenjang pendidikan formal antara lain TMI, SD/MI dan SLTP/SLTA.

6. Pesantren Al Ittihad DDI Soni

Di distrik Toili-Toli, terdapat pesantren di Jalan Hal. Asaf No. 1, Kecamatan Soni Dampal Selatan. Ada jenjang pendidikan dari MI, MTs, MA hingga SMK.

Pesantren ini memiliki program unggulan yaitu program bahasa Arab dan program Tahfidz Al Quran.

7. Pesantren Darul Istiqamah Banggai

Pesantren Darul Istiqamah berdiri sejak tahun 1991 dan terletak di Desa Lompio, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Jenjang pendidikan yang tersedia adalah Tsanawiyah dan Aliyah.

Santri disini terbagi menjadi dua bagian yaitu santri yang berada di pondok pesantren dan santri yang tidak berada di pondok pesantren.

8. Pesantren Al Khaerat Toli-Toli

Pesantren Al Khaerat di Kabupaten Toli-Toli berdiri pada tahun 1967.

Pesantren ini memiliki program utama yaitu kajian dan kajian Kitab Kuning dan program Tahfidz Al-Quran.

9. Pesantren Al Misbah

Pesantren ini terletak di salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo yaitu Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah yang berdiri pada tahun 2003.

Sistem pendidikan pondok pesantren ini klasik dan modern, artinya para santri di sini menuntut ilmu agama dan ilmu yang sejalan dengan perkembangan dan kemajuan teknologi.

10. Pesantren Nurul Ummah

Pesantren ini terletak tepatnya di Lambelu, Bumi Raya, Kabupaten Morowali, Provinsi Sulawesi Tengah.

Jenjang pendidikan yang ada saat ini adalah RA, MI, MTs, MA, SMA BP (berbasis Pesantren) serta SMK.

Kegiatan wajib yang diikuti santri adalah bimbingan Tahsin dan Tahfidz, Bahasa Arab, Kitab Kuning, Tilawatil Quran, Kaligrafi dan Hadroh.

Mahasiswa juga dibekali dengan fasilitas yang memadai seperti laboratorium. komputer, perpustakaan dan lain-lain.

11. Pesantren Darul Iman

Pesantren ini terletak di Jl. Asam 2, Kec. Palu Barat, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Di pesantren ini terdapat jenjang pendidikan seperti RA, MI, MTs dan MA. Terdapat program unggulan bagi mahasiswa berupa mata kuliah Quran, Tajwid dan Hafidz, mata kuliah Dakwah dan mata kuliah literasi pendidikan jasmani.

12. Pesantren Amaliah

Pesantren ini berdiri sejak tahun 2006 dan berlokasi di Jl. Jati, Kel Tavanjuka, Kec. Palu Selatan, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Pesantren ini memberikan pendidikan agama melalui pondok pesantren dan pendidikan formal melalui sekolah formal setingkat SMP dan SMA, selain itu pesantren ini juga mengembangkan berbagai jenis usaha yang juga diajarkan kepada para santri seperti bercocok tanam dan beternak.

Pesantren ini hanya fokus pada ilmu agama, santri tidak diperbolehkan mengikuti pendidikan formal apapun.

Inilah 13 Pesantren Terbaik di Provinsi Sulawesi Tengah yang tersebar di hampir seluruh kabupaten di Sulawesi Tengah.***

Dapatkan update berita pilihan, berita terbaru dan artikel dari SurabayaNetwork.id setiap hari. Ayo gabung di channel Telegram Surabaya Network klik link https://t.me/surabayanetwork lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button