Embung di kawasan Pondok Pesantren Mu'allimin menjadi ruang publik dan mempercantik pondok pesantren Bantul Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Embung di kawasan Pondok Pesantren Mu’allimin menjadi ruang publik dan mempercantik pondok pesantren Bantul Yogyakarta

HALLODESANEWS—Untuk menambah tampungan air dan mendukung ketahanan pangan nasional, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan lima waduk di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), salah satunya Embung Mu’allimin.

Waduk ini terletak di sebelah apartemen Mu’allimin yang ditempati oleh 320 santri di kompleks Pondok Pesantren Muhammadiyah Mu’allimin (Ponpes) yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 10/9/2021.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan penyediaan sarana dan prasarana air untuk ketahanan air dan kedaulatan pangan. “Di beberapa daerah masih ada masyarakat yang kesulitan mendapatkan air bersih. Realitas seperti ini menjadi perhatian Kementerian PUPR, sehingga mereka selalu berusaha menyediakan infrastruktur, salah satunya pembangunan waduk,” kata Menteri Basuki.

Staf Ahli Menteri Teknologi, Perindustrian dan Lingkungan Hidup serta Juru Bicara Kementerian PUPR Endra S. Atmawidjaja mengatakan, saat peresmian Rumah Susun Mu’allimin, waduk masih dalam tahap pengerjaan.

“Saat ini Embung Mu’allimin seluas 1.200 m3 telah selesai dibangun untuk mengairi 10 ha persawahan di sekitarnya, menjadi ruang publik dan memperindah area masjid di Pondok Pesantren Mu’allimin,” kata Endra.

Embung Mu’allimin di Kabupaten Bantul dibangun dengan biaya Rp 6,1 miliar dengan kapasitas 1.200m3 dan luas genangan 0,0578ha. Keunggulan utama adalah perlindungan air, perlindungan banjir dan irigasi di atas lahan seluas 10 ha dan potensi destinasi wisata baru.

Embung merupakan teknik pemanenan air yang bekerja dengan baik di daerah yang rawan kekeringan. Fungsi tampungan adalah untuk mendistribusikan air untuk berbagai kebutuhan masyarakat dan untuk menjamin air yang tersimpan pada saat musim hujan sehingga dapat digunakan pada saat dibutuhkan. Selain itu, waduk juga berfungsi untuk mengisi kembali air tanah untuk menghemat sumber daya air.

Khusni Arum, salah satu pengunjung Embung Mu’allimin, dalam channel YouTube-nya mengatakan bahwa kolam yang terintegrasi dengan kawasan Pondok Pesantren Mu’allimin ini sangat bermanfaat bagi santri dan pengunjung untuk menikmati suasana sore sekitar menikmati masjid.

“Masya Allah luasnya juga ada kolamnya, ada anak-anak duduk menikmati sore, ada yang hafal Al-Qur’an, ada yang ngobrol-ngobrol. Area tambak juga dilengkapi dengan posko di dekat sini, insyaallah anak-anak aman di sini,” ujarnya.

Kantor Komunikasi Publik Kementerian PUPR

Source: desanews.hallo.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button