Kantor Perinkopukm Kota Yogyakarta Buka 7 IKM Center - WisataHits
Yogyakarta

Kantor Perinkopukm Kota Yogyakarta Buka 7 IKM Center

Yogyakarta (pilar.id) – Biro Industri Koperasi Usaha Kecil Menengah (UKM) Kota Yogyakarta membuka tujuh sentra industri kecil dan menengah (IKM) dari tiga kementerian pada Sabtu (11 Mei 2022) di Plaza Ngasem.

Masing-masing Kemantra tersebut adalah Kraton, Mergangsan dan Suryatmajan. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Perindustrian Tri Karyadi RR mengatakan, pembukaan sentra IKM di 3 kemantra ini merupakan pembukaan keenam atau terakhir dari 30 sentra IKM di 14 kemantra di Yogyakarta.

“Dengan peluncuran ini, pertama-tama kami ingin menginformasikan kepada masyarakat bahwa ada 30 sentra IKM di Kota Yogyakarta, 7 di antaranya berada di tiga kemantra ini. Jadi harapannya bisa memperluas perbendaharaan destinasi wisata,” jelas Tri.

Kampung-kampung sentra IKM, lanjut Tri diwarnai kunjungan wisatawan ke IKM. Selain itu, sentra IKM juga akan memberikan dorongan dan daya saing yang kuat, dengan kemampuan berkontribusi dalam peningkatan perekonomian, tidak hanya di bidang DIY tetapi juga di Indonesia.

“Di era pandemi kemarin, ekonomi Kota Yogyakarta sempat terkontraksi 2,5 persen dan tidak lama pertengahan 2022 tumbuh positif menjadi 5,2 persen, tentunya salah satu penyumbang pelaku IKM yang menjadi pahlawan ekonomi kita,” ujarnya.

Selain itu, peran pelaku IKM diperlukan agar mampu meningkat secara kualitatif. Salah satunya adalah para pelaku IKM dapat mengelola untuk meningkatkan nilai jual produk dengan menawarkan dukungan dan bantuan sebanyak mungkin.

“Mari kita jadikan kesempatan ini sebagai titik awal untuk berbenah dengan memaksimalkan potensi yang ada dari kualitas produknya untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Mantri Pamong Praja Kemantren Kraton, Sumargandi mengatakan dengan dibukanya ketiga sentra IKM ini dapat mendukung Kota Yogyakarata sebagai kota pariwisata dan kota budaya untuk bersinergi memperkuat kemandirian sehingga masyarakat dapat sejahtera.

“Tentu ini sesuatu yang baru dan kami berharap nantinya dapat membantu tiga Kemantra di Kraton, Danurejan dan Mergangsan khususnya mensukseskan sentra IKM masing-masing untuk mendukung pariwisata di kota Yogyakarta,” ujarnya.

Sentra IKM antara lain Sentra Industri Panembahan Gudeg, Industri Kulit Sepatu Keparakan, Kaos Batik dan Lukis Tamansari, Suratmajan Jumputan dan Shibori, serta IKM Kacang Bawang Suratmajan.. (riz/hdl)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button