12 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Menakjubkan dan Wajib Dikunjungi - WisataHits
Jawa Barat

12 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Menakjubkan dan Wajib Dikunjungi

12 Tempat Wisata di Jawa Barat yang Menakjubkan dan Wajib Dikunjungi

Merdeka.com – Tempat wisata di Jawa Barat ini menawarkan banyak pilihan menarik mulai dari pegunungan hingga pantai yang mempesona. Panorama alamnya memanjakan mata dan cocok untuk menyejukkan hati saat penat bersama keluarga, sahabat atau pasangan.

Ada banyak pilihan yang bisa dikunjungi mulai dari air terjun, danau, kebun raya, taman bunga, taman safari, gunung, pantai hingga tempat-tempat yang kaya akan legenda seperti Tangkuban Perahu.

Artikel media taboola

Tempat wisata Jawa Barat tersebar di berbagai daerah, jadi jika Anda hanya mengunjungi beberapa kota di Jawa Barat, Anda tidak perlu khawatir. Berikut merdeka.com rangkum kumpulan tempat wisata menakjubkan di Jawa Barat yang wajib dikunjungi:

2 dari 3 halaman

Kebun Raya Ciboda

Ziboda

© Instagram/indonesia_archipelago

Kebun Raya Ciboda merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang sangat populer dan sudah lama terkenal. Taman ini terletak di Sindang Laya, Cipanas, Cianjur. Daya tarik utama Kebun Raya Cibodas adalah pohon sakura yang ditanam di kebun ini sejak tahun 1971.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Kebun Raya Cibodas adalah sekitar bulan Januari hingga Februari dan Juli hingga Agustus. Selama bulan-bulan tersebut, pengunjung disuguhi indahnya bunga sakura yang bermekaran di Kebun Raya Cibodas.

Selain itu, pengunjung dapat menikmati indahnya pemandangan Gunung Gede-Panrango dari taman ini.

Istana Cipanas

Istana Cipanas di Cipanas

© 2019 Google Maps

Saat berkunjung ke tempat wisata Jawa Barat, Anda bisa mampir dan mengagumi keindahan Istana Kepresidenan Cipanas. Istana ini terletak di Desa Cipanas, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, sekitar 20 km dari kota Kabupaten Cianjur atau 103 km dari Jakarta.

Istana ini didirikan pada tahun 1740 oleh seorang tuan tanah Belanda bernama Van Heots.

Istana ini dikelilingi oleh hutan atau kebun dengan berbagai tanaman. Taman yang menghijau dan udara pegunungan yang sejuk menjadikan istana ini tempat peristirahatan dan persinggahan yang populer sejak zaman Hindia Belanda.

Taman bunga Nusantara

Jika Anda ingin menghabiskan waktu bersama keluarga, Anda bisa mengunjungi tempat wisata di Jawa Barat ini. Taman Bunga Nusantara terletak di Jl. Mariwati No.KM. 7, Kawangluwuk, Kec. Sukaresmi, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Di taman ini, Anda bisa menikmati keindahan berbagai jenis tumbuhan dan bunga dari berbagai daerah di Indonesia. Taman ini juga bertema, dengan pepohonan yang ditata menyerupai patung, yang menambah daya tarik dan keindahan Taman Bunga Nusantara.

Gunung Galunggung


Gunung Galunggung merupakan tempat wisata di Jawa Barat yang sering menjadi tujuan utama para wisatawan. Gunung berapi aktif ini memiliki ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut. Pengunjung dapat merasakan udara yang sangat sejuk dan mengunjungi tempat wisata alam lainnya di kawasan Gunung Galunggung, seperti Kawah Hijau, pemandian air panas, tempat wisata alam dan Curug Agung.

Kawah Hijau Galunggung yang indah terletak di bawah tebing dan dapat dicapai melalui 620 anak tangga. Pengunjung bisa menikmati pemandian air panas yang mengandung belerang sambil mengamati pemandangan yang indah.

3 dari 3 halaman

Air Terjun Paneteic


Curug Panetean juga dikenal penduduk setempat sebagai Curug Leuwi, yang berarti cekungan. Curug Panetean memiliki banyak kolam yang membentuk kolam bertingkat. Tempatnya tersembunyi di Desa Pangliaran, Pancatengah, Kota Tasikmalaya.

Kolam Curug Panetean tidak terlalu dalam dan airnya jernih. Pengunjung bisa berenang untuk merasakan sensasi air yang menyegarkan, berfoto-foto, atau sekedar bersantai dan merasakan kesejukan alam. Untuk memasuki Curug Panetean, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk. Namun, pengunjung yang datang dengan kendaraan akan dikenakan biaya parkir.

Lembah Hijau Citumang


Citumang adalah sungai yang membelah hutan dengan aliran sedang dan mengarah ke gua. Tempat wisata di Jawa Barat ini akan sangat indah karena terdapat tumbuhan hutan yang asri dan menawan, selain kejernihan air sungai Citumang ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Wisata Pangandaran merupakan kawasan body rafting dan arung jeram, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh anda yang menyukai kegiatan yang memacu adrenalin.

Cukang Taneuh (Green Canyon)

Tempat wisata di Jawa Barat yang sangat populer dan diminati oleh semua orang adalah Cukang Taneuh atau yang juga dikenal dengan Green Canyon. Situs yang terletak di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran ini berbentuk ngarai yang terbentuk akibat erosi tanah.

Erosi ini disebabkan jutaan tahun oleh Sungai Cijulang, yang kemudian menembus gua dengan stalaktit dan stalagmit. Pemandangan dan suasana yang bisa ditemukan di sini tidak pernah membuat tempat wisata ini sepi pengunjung. Tempat wisata ini juga diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan pepohonan yang rimbun.

Wisata Kuningan Taman Nasional Gunung Ciremai

Gunung ini dikenal sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang terus bermunculan dan menjadi gunung primadona di pulau Jawa. Terkenal menanjak dan curam, tebing ini unik karena memompa adrenalin dan menguras energi ketika kita berencana untuk mendaki ke puncak.

Jika Anda ingin mendaki Wisata Alam Kuningan Jawa Barat, Anda akan melewati beberapa zona yang berbeda. Mulai dari perkebunan rakyat, hutan pinus, hutan pegunungan bawah dan atas dengan pepohonan yang cukup besar, hutan dataran tinggi yang ditumbuhi semak belukar termasuk bunga edelweis, hingga zona bebas tanaman di dekat puncak, yang membuat petualangan Gunung Ciremai semakin menarik.

kebun Raya Bogor

Tempat wisata di Jawa Barat yang bertemakan alam selanjutnya adalah Kebun Raya Bogor. Di sini pengunjung bisa berjalan-jalan di taman seluas 87 hektar ini. Berjalan-jalan, pengunjung dapat menikmati dan menemukan berbagai koleksi tanaman di taman ini. Taman ini memiliki sekitar 15.000 koleksi tanaman dari berbagai spesies.

Selain itu, ada berbagai tempat wisata menarik lainnya yang bisa Anda kunjungi di Kebun Raya Bogor, antara lain Monumen Lady Raffles, Danau Gunting, Patung Little Mermaid, Makam Belanda Lama, Taman dan Tugu Teijsman, Museum Zoologi dan Grya. Anggrek. Keindahan dan rindangnya pepohonan di Kebun Raya Bogor, ditambah dengan sejuk dan sejuknya udara pegunungan membuat pengunjung betah berada di sini.

Pantai Jayanti

Pantai Jayanti merupakan salah satu tempat wisata di Jawa Barat yang menawarkan pemandangan pantai yang indah. Tempat wisata ini terletak di Cianjur, Jawa Barat. Di sini pengunjung disuguhi pesona laut selatan Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Pantai ini juga merupakan pelabuhan tradisional tempat para nelayan setempat berlabuh.

Tangkuban Perahu

Tempat wisata alam terdekat di Jawa Barat adalah Tangkuban Perahu. Tangkuban Perahu terkenal dengan mitos atau legendanya. Di sini Anda bisa menikmati pesona kawah gunung berapi Gunung Tangkuban Perahu. Ada tiga kawah di kawasan ini, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas dan Kawah Domas.

taman safari indonesia

Taman Safari merupakan tempat wisata yang sangat populer di Jawa Barat dan kebanggaan Indonesia. Di sini pengunjung dapat berkeliling dengan mobil pribadi atau bus yang disediakan oleh pengelola taman safari. Pengunjung bisa langsung berinteraksi dengan segala jenis hewan dengan memberi mereka makan. Taman Safari berada di Jl. Summit Kingdom No. 601, Cibeureum, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

(mdk/amd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button