Pameran Triennale Fotografi Bandung September-Oktober mengumpulkan 34 seniman - WisataHits
Jawa Barat

Pameran Triennale Fotografi Bandung September-Oktober mengumpulkan 34 seniman

TEMPO.CO, bandung – Kelompok seniman foto Komuni mengadakan pameran perdananya Triennial Photography di Bandung pada bulan September – Oktober 2022. Panitia merekrut 34 seniman dari dalam dan luar negeri. Pameran foto, diskusi dan workshopnya tersebar di beberapa galeri seni di Bandung.

Pameran yang dikuratori oleh Asmudjo Jono Irianto dan Henrycus Napitsunargo ini bertajuk Masa Depan adalah Sekarang: Skeptisisme, realitas baru, dan ketidakterbatasan. Namun, judul pameran berbeda-beda di setiap galeri seni yang berpartisipasi dengan kuratornya masing-masing. “Pendistribusian galeri dan karya seniman akan ditentukan oleh kurator,” kata Direktur Program Deden Hendan Durahman, Rabu, 7 September 2022.

Program Bandung Photography Triennial 2022 berupaya melibatkan para seniman untuk terlibat dalam menjawab pertanyaan terkait realitas baru, ketidakterbatasan dan skeptisisme tentang masa depan ekosistem bumi melalui media fotografi. Menurut kurator Asmudjo Jono Irianto, fotografi merupakan media yang sangat penting dalam seni rupa kontemporer. “Fotografi membangun persepsi kita tentang dunia,” katanya.

Penyelenggara bekerja sama dengan lima galeri untuk pameran utama dan empat ruang seni yang menyelenggarakan program satelit. Pembukaan pameran dimulai pada Kamis 8 September di Selasar Sunaryo Art Space dan berlangsung hingga 8 Oktober 2022. Pameran di Bale Tonggoh bertajuk Infleksi Dystopian: Tanda Peringatan menampilkan karya fotografi sepuluh seniman.

Juga di Galeri Awal dengan karya fotografi tiga seniman berjudul Pameran Infleksi Dystopian: Absen / Kehadiran, dari 9 hingga 30 September. Kemudian di galeri Dago Orbital berjudul Infleksi dystopian: penampilan menghilangyang akan menampilkan karya lima seniman mulai 14 September hingga 14 Oktober 2022.

Berjudul sementara di Nuart Sculpture Park Infleksi Dystopian: Diri Baru, dengan karya enam seniman dari 15 September hingga 15 Oktober. Kemudian berjudul di Lawangi Gallery Realitas – Rekonstruksi menampilkan karya 10 seniman akan berlangsung dari 30 September hingga 30 Oktober.

Seniman Indonesia yang terlibat dalam pameran tersebut adalah Agan Harahap, Agus Heru Setiawan, Arum Dayu, Iswanto Soerjanto, Krisna T. Satmoko, Michael Binuko, Patriot Mukmin, Sjuaibun Iljas, Utami Dewi Godjali dan Wimo Ambala Bayang. Artis lainnya berasal dari Chile, Amerika Serikat, Polandia, Taiwan, Thailand, Jerman, Kanada, Korea, Australia, Perancis, Singapura dan Jepang.

SISWA ANWAR

Baca juga: The Road to Bandung Photo Triennial berlangsung di tiga galeri seni

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: seleb.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button