12 Obyek Wisata Alam Ungaran yang Wajib Dikunjungi - WisataHits
wisatahits

12 Obyek Wisata Alam Ungaran yang Wajib Dikunjungi

Tempat Wisata Alam Ungaran – Setelah lelah dengan aktivitas sehari-hari, tentunya liburan sangat ditunggu-tunggu untuk melepas penat. Tidak hanya untuk beristirahat, Anda juga bisa melakukan aktivitas lain yang jauh lebih menyenangkan, yaitu berlibur.

Anda tidak harus pergi ke tempat yang jauh, di Indonesia sendiri ada banyak sekali destinasi wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya Ungaran.

Kota yang secara administratif masih berada di Semarang Jawa Tengah ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik, mulai dari wisata alam dengan pemandangan alam yang indah hingga wisata buatan yang seru dan menyenangkan. Penasaran ingin tahu tempat wisata di Ungaran mana yang layak untuk dikunjungi? Berikut adalah beberapa.

Tempat Wisata Alam di Ungaran, Jawa Tengah

Berikut Wisataseru.com mengulas daftar tempat wisata alam di Ungaran yang wajib Anda kunjungi saat liburan atau akhir pekan ini bersama keluarga atau pasangan tercinta:

1. Rawa Pusing

Rawa Pening Ungaran di TribunnewsRawa Pening Ungaran di Tribunnews

Alamat: Merbabu, Telomoyo dan cekungan gunung Ungaran

Mungkin wisata alam Ungaran ini sudah begitu terkenal dengan legendanya. Ya, Rawa Pening sendiri merupakan sebuah danau yang konon terbentuk ratusan tahun lalu melalui sejarah yang cukup melegenda.

Nah, saat berkunjung ke Danau Rawa Pening sendiri, kamu bisa menikmati keindahan Gunung Ungaran yang terlihat jelas dari luar danau. Bahkan jika Anda mengunjungi danau ini di pagi hari, Anda dapat melihat indahnya matahari terbit berwarna keemasan yang begitu mempesona.

2. Air Terjun Curug Lawe

POTENSI WISATA CURUG HUKUM

Alamat: Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang

Ingin menikmati keindahan alam sambil bermain air? Curug Lawe bisa menjadi destinasi wisata terbaik anda kali ini. Di tempat wisata yang sebenarnya berada di kawasan Gunung Ungaran ini, Anda bisa melihat bagaimana tebing-tebing batu yang megah dihiasi dengan air terjun dan tanaman hijau yang menutupi beberapa sisi tebing.

Di luar tebing juga banyak terdapat bebatuan besar yang bisa Anda gunakan sebagai pijakan untuk berfoto dengan background air terjun Lawe.

3. Curug Benowo

Curug Benowo via Ig @anisilvia98Curug Benowo via Ig @anisilvia98

Alamat: Kalisidi, Ungaran Barat, Semarang

Tidak jauh dari lokasi Curug Lawe, Anda juga bisa menikmati keindahan Curug Benowo. Di sini, pemandangan yang disajikan tidak jauh berbeda, yaitu tebing-tebing berbatu yang tinggi dengan pepohonan dan tanaman liar di sekitar air terjun.

Meski untuk mencapai lokasi air terjun Benowo harus melalui jalan yang cukup terjal, namun rasa lelah akan segera terbayar dengan keindahan air terjun dan segarnya udara di area air terjun.

4. Bukit Cinta

bukit cintaBukit Cinta via Cakrawalatour

Alamat: Desa Kebondowo, Banyubiru, Semarang

Mau liburan bareng orang tersayang tapi bingung mau kemana? Kali ini Anda bisa mengajak pasangan atau keluarga untuk mengikuti salah satu wisata Ungaran yang cukup romantis dan menenangkan yaitu Bukit Cinta. Dari atas Bukit Cinta ini, Anda bisa menikmati eksotisme Danau Rawa Pening.

Dikelilingi pepohonan tinggi dan hamparan sabana yang luas, suasana Bukit Cinta semakin menyenangkan. Selain itu, dengan hembusan angin kencang yang bertiup di atas bukit, panas matahari akan kurang terasa dan akan digantikan oleh semilir angin yang sejuk.

5. Bukit Lerep yang Indah

Bukit Lerep Indah via IG @satria_boycierrBukit Lerep Indah via IG @satria_boycierr

Alamat: Lokasi: Lerep, Ungaran Barat, Semarang

Setelah puas bersantai dan menikmati keindahan alam Ungaran, Anda juga bisa menghabiskan liburan dengan menikmati aktivitas olahraga seperti berenang. Namun tidak seperti biasanya, kali ini Anda akan berenang di sebuah bukit yang kolamnya memiliki air dingin.

Selain itu, karena airnya langsung dari Gunung Ungaran, air di kolam Bukit Lerep Indah selalu sangat jernih. Lalu bagaimana dengan panorama alam dari sini? Anda tidak perlu bertanya lagi, sambil berenang Anda bisa menikmati keindahan Ungaran dari ketinggian dan hijaunya alam Ungaran.

6. Panji Sidomukti

Pondok kopi Umbul SidomuktiPondok kopi Umbul Sidomukti

Alamat: Desa Sidomukti – Jimbaran, Bandungan, Semarang

Untuk pemandian umum yang satu ini sepertinya sudah sangat dikenal oleh para wisatawan, baik lokal maupun luar. Lokasinya yang berada di pegunungan sangat cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan liburan santai sambil menghilangkan penat dari rutinitas kota.

Wisata Ungaran Hal ini juga didukung oleh fasilitas yang memadai, mulai dari pelatihan outbound, kolam renang yang teduh alami, pondok wisata, bumi perkemahan, permainan adrenalin, pondok lesehan hingga ruang pertemuan, semua tersedia di Umbul Sidomukti.

7. Desa Seni Lérep

Kampung Seni Lerep UngaranKampung Seni Lerep Ungaran via Pesonaindonesia.top

Alamat: Desa Lerep, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang

Apakah Anda ingin bepergian selama studi Anda? Desa Seni Lerep mungkin bisa menjadi tujuan wisata terbaik untuk Anda. Oleh karena itu tempat wisata di Ungaran ini merupakan tempat yang dibangun oleh komunitas budaya yang terletak di desa lereng Gunung Ungaran.

Anda dapat melihat keindahan alam dan berbagai budaya ketika Anda mengunjungi tempat ini. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati suguhan yang luar biasa di Desa Seni Lerep. Jadi tidak ada ruginya jika Anda mengajak keluarga dan orang-orang terkasih berlibur ke Kampung Seni Lerep.

Juga pergi ke: 62 tempat nongkrong paling lucu di Semarang

8. Candi Gedong Songo

Keindahan Candi Gedong Songo saat matahari terbenamKeindahan Candi Gedong Songo saat matahari terbenam

Alamat: Jl. Candi Gedong Songo No. 16, Banyukuning, Bandungan, Semarang

Siapa bilang Ungaran tidak memiliki tempat wisata sejarah? Buktinya, Anda bisa mengunjungi Candi Gedong Songo sebagai salah satu tempat wisata di Ungaran yang sudah menjadi peninggalan sejarah sejak abad 9M.

Seperti namanya, terdapat sembilan candi di kawasan Candi Gedong Songo, dimana songo dalam bahasa Jawa berarti sembilan. Selain pemandangan bangunan candi yang begitu menawan, Anda juga bisa menikmati keindahan alamnya yang selalu begitu terawat dan hijau.

9. Kawasan Wisata Penggaron

Wana Wisata Penggaron via klikalkautsar3.blogspot.comWana Wisata Penggaron via klikalkautsar3.blogspot.com

Alamat: Desa Susukan, Ungaran, Susukan, Ungaran Timur, Semarang

Salah satu sirkuit Ungaran dengan pemandangan alam terindah adalah Wana Wisata Penggaron. Karena di sini Anda tidak hanya akan menemukan puluhan pohon yang tumbuh tinggi, tetapi jutaan pohon yang masih terawat.

Tempat wisata yang terletak di Desa Susukan, Kecamatan Ungaran, Semarang ini akan memanjakan mata pengunjung yang datang. Kini, untuk bersantai setelah berjalan-jalan dan menikmati udara segar, pengunjung bisa beristirahat di rumah bambu yang dibangun di luar Wana Wisata Penggaron.

10. Taman Djamoe Indonesia

Taman Djamoe Indonesia via YoutubeTaman Djamoe Indonesia via Youtube

Alamat: Jl.Raya Semarang Bawen KM. 28, Ex.Bergas Kidul, Kec. Bergas, Semarang

Dari namanya saja mungkin Anda sudah bisa menebak bahwa tempat wisata di Ungaran ini merupakan destinasi wisata khusus budidaya tanaman obat. Nah, tempat ini juga cocok untuk dikunjungi bersama anak-anak.

Selain bisa menikmati keindahan tanaman herba yang tumbuh hijau di atas lahan seluas 3 hektar, Anda juga bisa mengenalkan kepada anak-anak berbagai jenis tanaman herba.

Kemudian, setelah puas berkeliling Taman Djamoe Indonesia, Anda bisa menikmati berbagai macam herbal yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan Anda.

11. Kampoeng Kopi Banaran

Kampoeng Kopi Banaran via IG @yuniiriantisudarKampoeng Kopi Banaran via IG @yuniiriantisudar

Alamat: Jl. Raya Bawen – Solo KM 1.5 Bawen, Gentong, Asinan, Bawen, Semarang

Referensi wisata diatas sangat cocok untuk anak-anak dan anda pecinta jamu, kali ini khusus pecinta kopi sepertinya wajib datang ke Kampoeng Kopi Banaran. Dari tempat wisata ini, Anda bisa belajar tentang berbagai jenis kopi.

Setelah itu, Anda bisa mencoba mencicipi berbagai jenis kopi. Ditemani dengan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk, rasa kopinya pasti akan semakin nikmat.

12. Taman Vanaprastha

Taman Vanaprastha melalui YoutubeTaman Vanaprastha melalui Youtube

Alamat: Jl.Pergi ke Candi Gedong Songo No.16, Krajan, Banyukuning, Kec. Bandungan, Semarang

Tidak jauh dari kawasan candi Gedong Songo, Anda akan menemukan sebuah taman bernama Vanaprastha. Taman yang dulunya merupakan kantor perhutanan resmi Candi Gedong Songo ini kini menjadi tempat wisata yang sangat menarik di Ungaran.

Dengan fasilitas yang cukup lengkap disertai dengan panorama alam yang megah masih terjaga, Anda pasti akan betah berlama-lama di taman Vanaprastha ini.

Penutupan

Jangan sampai ketinggalan, segera kunjungi 12 tempat wisata alam Ungaran dan abadikan momen bahagia tersebut sebagai foto atau video. Karena liburan memang menyenangkan, baik bersama keluarga, teman atau orang tersayang. Selamat berlibur, selamat menikmati akhir pekan.

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button