12 Destinasi Wisata Banjarmasin Terbaik dan Paling Hits Yang Pernah Ada - WisataHits
wisatahits

12 Destinasi Wisata Banjarmasin Terbaik dan Paling Hits Yang Pernah Ada

12 Destinasi Wisata Banjarmasin Terbaik dan Paling Hits Yang Pernah Ada

Wisata Banjarmasin – Banjarmasin adalah kota tujuan wisata di Kalimantan Selatan. Kota dengan luas 72 km2 ini merupakan salah satu kota dengan sederet keunikan tersendiri.

Bukan hanya karena Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, kota ini juga menjadi pusat pemerintahan, pusat perdagangan bahkan pusat wisata bagi Kalimantan Selatan.

Banjarmasin juga merupakan salah satu kota terpadat di seluruh pulau Kalimantan. Hanya itu? Belum, karena Banjarmasin masih memiliki banyak aset lain yang akan memukau para pengunjungnya untuk mengeksplorasi tempat wisata Banjarmasin lebih jauh lagi.

Salah satu kekhasan kota Banjarmasin adalah letaknya yang dekat dengan laut, namun hal tersebut tidak menjadi alasan mengapa kota ini disebut sebagai kota 1000 sungai.

Memang jangan berharap sebenarnya ada 1000 sungai yang mengaliri seluruh kota Banjarmasin, namun cukup banyak mengalir untuk dapat membelah kota Banjarmasin menjadi 25 pulau kecil atau delta, diantaranya Pulau Tatas, Pulau Kelayan, Rantauan Pulau Keliling dan masih banyak lagi.

Nama-nama sungainya sendiri adalah Kali Martapura, Kali Sipandai, Kali Barito, Kali Pangeran, Kali Jagabaya, Kali Keramat, Kali Sigaling dan sungai-sungai lainnya dengan total 24 sungai.

Oleh karena itu, jika di kota lain moda transportasi utama adalah kendaraan bermotor, maka di Banjarmasin moda transportasi utama dan sehari-hari yang digunakan adalah perahu! Ini baik.

Destinasi Wisata Banjarmasin yang Paling Banyak Dikunjungi

Dan memang, traveling dan explore tempat wisata Banjarmasin sangat seru dengan segala keunikannya. Bagi Anda yang berencana berlibur ke Kalimantan khususnya Banjarmasin, berikut 12 tempat wisata di Banjarmasin yang wajib dikunjungi:

1. Pasar Terapung Banjarmasin

Pasar Terapung Muara Kuin BanjarmasinPasar Terapung Muara Kuin Banjarmasin

Sesuai dengan julukannya sebagai kota seribu sungai, Banjarmasin memiliki keunikan yang hampir tidak dimiliki oleh kota-kota lain di Indonesia yaitu pasar terapung yang sangat cocok menjadi salah satu tempat wisata di Banjarmasin.

24 anak sungai yang mengalir ke Banjarmasin tidak hanya membagi Banjarmasin menjadi 24 delta atau pulau kecil, tetapi juga menjadikan perahu sebagai moda transportasi utama di kota ini. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pasar terapung begitu banyak.

Pasar terapung yang paling terkenal di Banjarmasin terletak di muara Sungai Barito yang juga merupakan pasar terapung terbesar di Banjarmasin. Di pasar terapung ini, pengunjung tidak hanya bisa menyaksikan keunikan aktivitas jual beli yang dilakukan seluruhnya di atas perahu.

2. Pulau Bunga

Wisata Pulau Kembang BanjarmasinWisata Pulau Kembang Banjarmasin

Jika Anda masih berada di sekitar Sungai Barito setelah mengunjungi pasar terapung, Anda bisa melanjutkan jalan kaki ke Pulau Kembang yang berada tepat di tengah sungai. Pulau yang masih asri ini merupakan habitat asli monyet dan burung unik.

Perpaduan antara monyet, burung dan pemandangan Pulau Kembang yang begitu sejuk dengan pepohonan yang tinggi menjadikan tempat ini cocok sebagai tujuan wisata di Banjarmasin.

3. Masjid Sultan Suriansyah

Wisata religi di Masjid Sultan Suriansyah

Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata ikonik di Banjarmasin. Berwisata ke kota ini rasanya belum lengkap tanpa mengunjungi Masjid Sultan Suriansyah. Selain sebagai tempat wisata, Masjid Sultan Suriansyah juga menjadi pusat kegiatan penting bagi umat Islam di Banjarmasin.

4. Masjid Sabilal Muhtadin

Wisata religi di Masjid Sabilal Muhtadin BanjarmasinWisata religi di Masjid Sabilal Muhtadin Banjarmasin

Sementara Masjid Sultan Suriansyah merupakan masjid tertua, masjid terbesar di Banjarmasin adalah Masjid Sabilal Muhtadin. Masjid yang dibangun pada tahun 1981 ini mampu menampung hingga 15.000 pengunjung.

Kemegahan Masjid Sabilal Muhtadin semakin terlihat dengan hadirnya 5 menara tinggi yang tak henti memukau pengunjung.

5. Taman Siring Sungai Martapura

Taman Siring Sungai MartapuraTaman Siring Sungai Martapura

Lokasi taman ini persis di pinggiran Sungai Martapura di Jalan Jenderal Kapten Tendean dan Jalan Kapten Sudirman.

Di sini, anak muda Banjarmasin biasanya menghabiskan waktunya di sore hari, entah itu berolahraga, bersantai bersama teman sambil melihat sunset atau bahkan menikmati jajanan yang banyak dijajakan di sekitar Taman Siring Sungai Martapura.

6. Taman Maskot

Kunjungan ke taman maskotKunjungan ke taman maskot

Taman ini juga wajib menjadi destinasi wisata bagi Anda yang berkunjung ke Banjarmasin. Seperti namanya, Taman Mascot memiliki keunggulan memiliki dua maskot di gerbang masuk taman.

Ada patung raksasa maskot Banjarmasin, Bekantan dan Katsuari. Patung ini memiliki desain yang elegan sehingga sering dijadikan background foto. Selain patung maskot, Taman Mascot juga memiliki koleksi tumbuhan unik, mulai dari kaktus hingga berbagai jenis bunga.

7. Museum Wasaka Banjarmasin

Wisata Museum Sejarah Banjarmasin WasakaWisata Museum Sejarah Banjarmasin Wasaka

Nama museum Wasaka sendiri memiliki arti Waja Sampai Kaputing yang merupakan semboyan perjuangan masyarakat Banjarmasin. Dan memang Museum Wasaka menyimpan berbagai simbol dan benda yang melambangkan perjuangan rakyat Banjarmasin untuk merebut kemerdekaannya.

Juga, ada teks proklamasi khusus 17 Mei 1949, yang menandakan bergabungnya Kalimantan sebagai wilayah negara Republik Indonesia.

8. Arung Jeram Bambu di Sungai Amandit

Arung Jeram Bambu di Sungai AmanditArung Jeram Bambu di Sungai Amandit

Berwisata di kota 1000 sungai tentunya tidak akan lengkap jika tidak melakukan aktivitas atau olahraga yang berhubungan dengan air, bukan? Arung jeram menyusuri hilir sungai di kota Banjarmasin merupakan salah satu kegiatan wisata yang sering dilakukan oleh para wisatawan.

Salah satu yang paling unik adalah arung jeram di Sungai Amandit dengan bambu! Ya, alih-alih perahu, arung jeram di sungai ini dilakukan wisatawan dengan sebatang bambu. Untuk memulai arung jeram, pengunjung harus membayar biaya hingga Rp 250.000.

9. Jembatan Barito

Wisata Jembatan BaritoWisata Jembatan Barito

Jembatan Barito Banjarmasin tak lagi terasa seperti wisata asing. Jembatan yang menghubungkan sisi barat dan timur Sungai Barito yang membelah kota Banjarmasin ini hampir selalu ramai pengunjung.

Ikon wisata Banjarmasin ini menyuguhkan pemandangan indah dengan gemerlap lampu di sepanjang Sungai Barito.

10. Pusat Kuliner “Mandiri” Martapura

Pusat Kuliner Martapura RiversidePusat Kuliner Martapura Riverside

Selain Sungai Barito, Sungai Martapura juga merupakan salah satu sungai terbesar di Banjarmasin. Maka tak heran jika kedua sungai ini menjadi pusat aktivitas penduduk Banjarmasin.

Bagi Anda yang berkunjung ke Banjarmasin untuk tujuan wisata kuliner, tepian Sungai Martapura bisa jadi pilihan.

Di sepanjang bantaran sungai telah dibangun pusat kuliner “mandiri” yang asyik untuk wisata kuliner. Tak hanya bersih dan tertata rapi, tepian Sungai Martapura juga menghadirkan banyak pilihan kuliner khas Banjarmasin dan Kalimantan.

11. Rentang Pasangan

Tempat Wisata Pantai Kembar BanjarmasinTempat Wisata Pantai Kembar Banjarmasin

Saat berwisata ke Taman Siring, tak ada salahnya mampir ke Pantai Jodoh. Di pantai ini banyak anak muda yang memadu kasih sambil menikmati semilir angin sore dan indahnya pemandangan Pantai Jodoh.

Disebut Pantai Jodoh karena tempat di Taman Siring ini menjadi tempat favorit anak muda untuk bertemu dan bercengkrama.

12. Wisata Panorama Banjarmasin

Wisata Panorama BanjarmasinWisata Panorama Banjarmasin

Pandang Tower di Banjarmasin terkenal bagi wisatawan yang berniat menyaksikan keindahan kota dari ketinggian.

Menara setinggi 21 meter ini memang menawarkan pemandangan kota Banjarmasin yang indah, apalagi di malam hari ketika hampir seluruh kota dan tepiannya dihiasi kelap-kelip lampu. Cantik dan menawan!

Untuk memasuki kawasan menara observasi kota Banjarmasin kita tidak dipungut biaya, cukup membayar biaya parkir saja, maka kita bisa berwisata dan menikmati keindahan kota Banjarmasin dari menara observasi ini.

* * * * * *

Nampaknya bagi pecinta wisata dan olah raga air, kota Banjarmasin bisa menjadi referensi tujuan liburan anda. Namun bagi Anda yang lebih menyukai wisata sejarah, jangan takut! sebagaimana Banjarmasin juga menyediakan situs-situs peninggalan seperti yang telah dijelaskan di atas. Jadi, sudah siap mengunjungi tempat wisata Banjarmasin yang satu ini?

Juga jangan lewatkan: 35 masakan khas kalimantan selatan

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button