11 wisata di Kulon Progo untuk berburu pemandangan di dataran tinggi - WisataHits
Yogyakarta

11 wisata di Kulon Progo untuk berburu pemandangan di dataran tinggi

11 wisata di Kulon Progo untuk berburu pemandangan di dataran tinggi

Yogyakarta selalu memiliki tempat khusus untuk dijelajahi. Salah satunya di Kulon Progo yang memiliki banyak tempat wisata yang menawan obat atau mencari pemandangan keren dari ketinggian. Tidak hanya bisa dikunjungi pada siang hari, tapi Anda juga bisa menikmati keindahannya cahaya kota Di beberapa tempat pada malam hari.

Selain itu, lapangan pitching ini juga sering digunakan sebagai tempat perkemahan, lho. Masih tidak tahu di mana itu? Inilah Kumpulan Tempat Wisata di Kulon Progo yang Menawarkan Pemandangan Terbaik dari Ketinggian!

1. Renda Suroloyo

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasPuncak Suroloyo (instagram.com/tengakarta)

Puncak Suroloyo terletak di Pegunungan Menoreh dengan ketinggian 1019 mdpl. Untuk sampai ke puncak kamu harus melewati lebih dari 200 level lho. Tak tanggung-tanggung, anak tangga tersebut berada di tanjakan yang cukup ekstrim. Jadi kau harus hati-hati, oke?

Tapi jangan khawatir, sesampainya di atas kamu akan disuguhi pemandangan yang indah. Bahkan dari Puncak Suroloyo kita bisa melihat Borobudur dan empat gunung di Jawa yaitu Merapi, Merbabu, Sumbing dan Lawu. Harga tiket wisata di Kulon Progo ini hanya Rp 5.000.

lokasi: Desa Gerbosari, Samigaluh, Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta

2. Canting Mas Puncak Dipowono

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasCanting Mas Puncak Dipowono (instagram.com/ajibambangsaputro)

Canting Mas Bukit Dipowono merupakan tempat wisata yang sudah ada sejak lama. Bahkan, tempat ini menjadi favorit masyarakat Jogja Berkemah, Kamu tahu. Karena memiliki pemandangan Waduk Sermo dan pegunungan Menoreh yang indah.

Kini Canting Mas semakin menarik karena hadirnya spot foto perahu kaca, fasilitasnya juga semakin lengkap. Oleh karena itu sangat cocok dijadikan tujuan wisata saat berkunjung ke Kulon Progo, Jogja. Untuk masuk ke sini Anda hanya perlu membayar tiket sebesar Rp12.000.

lokasi: Jalan Clereng Tamanan KM 6 Hargowilis, Kokap, Clapar 2, Kulon Progo.

3. Tebing Gunung Gajah

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasTebing Gunung Gajah (instagram.com/pinkanbeby34)

Tebing Gunung Gajah berada 900 meter di atas permukaan laut. Areanya membentang lebih dari 2 hektar dan menawarkan pemandangan pegunungan Menoreh yang mempesona di bawahnya. Tidak hanya pemandangan alam dan udara sejuk yang akan memikat hati Anda. Namun ada beberapa wahana ekstrim dan spot foto estetik seperti Kunci cinta, sky bar dan menyukai yang bisa kamu coba saat ke sini lho.

Lokasi: Jalan Sermo-Girimulyo, Katerban, Donorejo, Kokap, Kulon Progo

Baca juga: 6 Pesona Desa Wisata Widosari Tersaji di Kulon Progo

4. Tip kleco

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasPuncak Kleco Kulon Progo (gmaps.com/realgusday)

Bagi anda yang sedang mencari rute trekking di Kulon Progo. Puncak Kleco adalah tempat yang tepat untuk dikunjungi. Jalur trekking menuju puncak yang perlu ditempuh disini panjangnya sekitar 1km lho. Jadi persiapkan mental dan fisik Anda untuk melewati ini, oke?

Saat sampai di puncak, terdapat gazebo, gardu pandang, dan spot foto yang bisa Anda gunakan untuk bersantai atau berfoto. Tiket masuk Puncak Kleco hanya Rp 5.000.

Lokasi: Dusun Duwet, Desa Purwoharjo, Kapanewon Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo

5. Puncak Moyeng

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasPuncak Moyeng (gmaps.com/prasetyo)

Puncak Moyeng yang berada di ketinggian 372 mdpl ini masih belum banyak dikunjungi orang. Untuk sampai ke puncak harus mendaki jalan setapak penganiayaan yang cukup terjal.

Dari puncak Puncak Moyeng, Anda dapat melihat pemandangan desa dan kota yang indah di bawahnya, serta pegunungan yang mengelilingi kota Jogja seperti Merbabu, Merapi, Sumbing dan Lawu. Tiket masuk Puncak Moyeng masih gratis, hanya perlu membayar parkir saja.

lokasi: Sekaro, Giripurwo, Girimulyo, Kulon Progo

6. Puncak Widosari

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasPuncak Widosari (instagram.com/akurniatiek)

Puncak Widosari Kulon Progo sangat populer di kalangan wisatawan. Karena tepat di depan bukit ini terdapat sebuah batu besar. Pemandangan yang indah dan udara yang sejuk khas menoreh pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke sini.

Untuk sampai ke puncak Anda harus menaiki sekitar 240 anak tangga. Namun jangan khawatir, jika Anda lelah dan lapar, Anda bisa mampir ke stand yang ada di atas.

lokasi: Tritis, Samigaluh, Kulon Progo

Baca Juga: Puncak Widosari Kulon Progo: Lokasi, Harga Tiket, dan Tips Berkunjung

7. Mengunjungi Gunung Kuniran

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasWisata Gunung Kuniran (instagram.com/wisatagunungkuniran)

Kalau di Bantul ada Bukit Pinus, ada Gunung Kuniran di Kulon Progo yang cocok untuk tempat menginap. Soalnya di sini tiap malam ada live music lho.

Selain itu, Gunung Kuniran juga menawarkan tempat duduk yang nyaman untuk bersantai sambil menikmati indahnya pemandangan lampu kota di malam hari. Ada juga spot foto dan spot selfie, tak terkecuali tempat perkemahan. Harga tiket masuk mulai dari Rp5.000 hingga Rp7.000.

lokasi: Dusun Pandu, Hargorjo, Kokap, Kulon Progo

8. Bukit Nglinggo Ngisi

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasBukit Nglinggo Ngisi (instagram.com/fani_panols)

Tak kalah menarik dengan tempat wisata di Kulon Progo lainnya, Bukit Ngisis Nglinggo merupakan tempat hunting foto yang cukup lengkap dari ketinggian di Kulon Progo. Di dalamnya terdapat fasilitas penunjang seperti spot selfie dan vantage point.

Bukit Nglinggo Ngisi ini sering dijadikan tempat perkemahan lho. Karena suasananya sejuk dan ada view kebun teh yang bagus menyejukkan mata. Tiket masuk Bukit Nglinggo Ngisi juga terjangkau, hanya Rp2.000.

lokasi: Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulon Progo

9. Wisata Kalibiru

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasWisata Kalibiru (instagram.com/zahroh_murtati)

Yang paling populer di Kulon Progo adalah Wisata Kalibiru yang memiliki ketinggian 450 mdpl. Pemandangannya tidak terlalu bagus karena menghadap langsung ke waduk Sermo, Laut Selatan, dan kota Wates. Nggak cuma puas menikmati keindahan alam, kamu juga bisa puas berfoto dengan banyak spot foto di sana lho.

Selain itu ada flying fox buatan pengelola yang menambah daya tarik wisata Kalibiru, tarifnya Rp 10.000 untuk satu orang. Tiket masuk kawasan ini seharga Rp 35.000 sudah termasuk 3 foto gratis.

  • Lokasi: Jalan Waduk Sermo, Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kulon Progo

Baca juga: Bukit Ngisis, Kulon Progo: Lokasi, Tiket, dan Tips Berkunjung

10. Ayunan Langit Watu Jaran

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasAyunan Langit Watu Jaran (instagram.com/putriprasellya)

Jika Anda ingin mencoba hal-hal ekstrem yang tidak biasa, Anda harus mengunjungi Ayunan Watu Jaran. Di titik ini terdapat sebuah ayunan besar yang berdiri di ketinggian 100 meter. Saat Anda menaiki ayunan ini, Anda tidak perlu khawatir karena sangat aman dan selalu ada satpam yang berjaga di sana.

Untuk merasakan ayunan di Watu Jaran, Anda perlu merogoh kocek Rp20.000 untuk sekali naik dan membayar tiket masuk Rp10.000 per orang. Selain ayunan, ada photo booth berbagai bentuk yang bisa kamu gunakan untuk berfoto lho.

lokasi: Sabrangkidul RT 10/5, Coco Leal, Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo

11. Bukit Wisata Pulepayung

11 Tempat Wisata Kulon Progo untuk Berburu Pemandangan dari AtasWisata Pule Payung (instagram.com/yenialvina_)

Terakhir ada Bukit Wisata Pule Payung yang menyuguhkan pemandangan indah Waduk Sermo dan Pegunungan Menoreh dari atas. Di kawasan wisata ini juga terdapat wahana seperti sepeda terbang, ayunan atau zip line yang cukup seru lho.

Selain mencoba wahana yang ada, kamu bisa bersantai dan menikmati keindahan alam khas Kulon Progo. Kalau lapar memang banyak warung makan yang buka di sini.

lokasi: Soropati RT 07/03, Clapar 2, Hargo Tirto, Kokap, Kulon Progo

Namun, serial lokal di Kulon Progo tidak sepopuler Bantul. Namun pemandangannya tak kalah indah dan dijamin akan membuat Anda tersenyum takjub saat datang ke sini. Yuk, jelajahi semua lokasi di atas!

Baca Juga: 7 Desa Wisata di Kulon Progo dengan Keajaiban Alam yang Menakjubkan

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button