Aceh Punya Magnet Sektor Wisata Kuliner - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Aceh Punya Magnet Sektor Wisata Kuliner – ANTARA News Yogyakarta

BANDA ACEH (ANTARA) – Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif (Kemenparekraf) menyebut Provinsi Aceh kuat di sektor wisata kuliner sehingga mampu menarik minat wisatawan untuk berkunjung ke “Tanah Rencong”.

“Kuliner menjadi salah satu kekuatan kita, dari sekian banyak event yang ‘survive’ seperti ACF (Aceh Culinary Festival) yang menjadi daya tarik untuk mendatangkan wisatawan ke Aceh,” ujar Regional Event Director, Deputi Bidang Produk dan Kegiatan Pariwisata Kemenpar. Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Reza Fahlevi, di Banda Aceh, Kamis.

Saat menjadi contact person Apresiasi Kreatif Indonesia (AKI) 2022 dengan tema “Talk Appreciation: Culinary” di Bustanussalatin Park, Kota Banda Aceh, ia mengatakan yakin dengan event Aceh Culinary Festival (ACF) mampu untuk menggairahkan penduduk lokal dan turis asing berkunjung ke daerah berjuluk “Serambi Mekah”.

Ia mengatakan, acara yang diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif itu tidak hanya menarik wisatawan tetapi juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat, khususnya di sektor UMKM.

Sebagai penggagas ACF, Reza mengatakan acara tersebut diadakan karena semangat untuk mengenalkan wisatawan asing dengan makanan khas Aceh.

Didukung oleh narasi yang kuat, ACF memiliki cerita di balik kuliner khas Aceh yang mungkin tidak ada di daerah lain. Kemudian dituangkan ke dalam sebuah acara yang otentik, unik dan “experiential”.

“Nantinya pengunjung bisa mendapatkan kesan dan pengalaman yang mendalam, mereka akan benar-benar merasakan kuliner Aceh,” ujar mantan Kadisbudpar Aceh ini.

Selain itu, kata dia, wisatawan kelas premium saat ini sedang mencari kuliner otentik dan unik, mereka juga ingin mengetahui cerita di balik kelezatan masakan Aceh.

Jika tidak dibangun dari awal, berarti acaranya biasa-biasa saja dan tidak ada keunikan yang bisa diunggulkan.

Berita ini disiarkan di Antaranews.com dengan judul: Kemenparekraf: Aceh Kuat di Sektor Wisata Kuliner

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button