Agus Wibowo mengajak para pelari menikmati alam dataran tinggi di Dieng Trail Run - WisataHits
Yogyakarta

Agus Wibowo mengajak para pelari menikmati alam dataran tinggi di Dieng Trail Run

TRIBUNJOGJA.COM, WONOSOBO – Pemkab Wonosobo bersiap menggelar Dieng Trail Run. Program tersebut akan dilaksanakan pada tanggal 10-11 Desember 2022 di Dataran Tinggi Dieng dengan kualifikasi lari jarak 12km, 23km dan 50km dengan start dan finish di Taman Syailendra.

Mengusung topik “Sustainable Race”, Dieng Trail Run juga berkomitmen untuk acara low waste dan ramah lingkungan.

Pada kategori lari 12 km, para peserta berlari di ketinggian 760 meter. Pada kategori ini melewati Basecamp Patak Banteng menuju Taman Syailendra.

Pada kategori lari 23 km, para peserta kemudian berlari dengan selisih ketinggian 1.390 meter. Kategori ini melewati Base Camp Patak Banteng, Base Camp Pakuwaja dan Base Camp Sikunir Sembungan.

Selain itu, kategori rute 50 KM dengan ketinggian 3.515 meter. Peserta yang memilih rute ini akan melewati Basecamp Patak Banteng, Basecamp Pakuwaja, Bukit Sikunir, Basecamp Sikunang dan Gunung Bismo kembali ke Taman Syailendra.

“Dieng Trail Run merupakan agenda bersama dengan Badan Otorita Borobudur (BOB). Kami memiliki kontrak kurang lebih tiga tahun hingga 2024 untuk Dieng Trail Run ini,” kata Direktur Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo. tribunjogja.com.

Agus mengatakan event nasional ini diharapkan dapat menyemaikan bibit-bibit atlet olahraga trail running atau lari trail Indonesia sekaligus menggali pesona wisata di kawasan Dieng.

“Tentunya kami menyambut baik pelaksanaan agenda ini. Ini bisa menjadi salah satu bentuk promosi dan pengenalan pariwisata, kearifan lokal dan budaya di kawasan Dieng,” jelasnya.

Tak hanya itu, lanjut Agus, acara ini juga dapat menjadi wadah atau wahana untuk mengedukasi masyarakat dan wisatawan akan pentingnya menjaga kelestarian kawasan pedesaan, hutan, danau, dan pegunungan di Dieng.

“Bisa juga secara sosial wisata olahraga yang diminati banyak orang,” ujarnya.

Wonosobo diketahui masih masuk dalam Kawasan Pariwisata Nasional (DPN) Borobudur-Yogyakarta.

Oleh karena itu, program pariwisata di Wonosobo perlu diperluas untuk menarik lebih banyak wisatawan.

Bagi anda yang ingin mendaftar Dieng Trail Run dapat membaca syarat dan ketentuan serta mendaftar di link ini https://detrac.id/diengtrailrun. (ard)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button