11 rekomendasi makanan di Jogja yang wajib kamu coba sekali seumur hidup - WisataHits
Yogyakarta

11 rekomendasi makanan di Jogja yang wajib kamu coba sekali seumur hidup

Saat berlibur di Jogja, apa yang kamu cari? Salah satunya tentu saja rekomendasi makanan di Jogja yang tidak akan Anda temukan di daerah lain dengan rasa yang sama.

Selain pesona keindahan alam dan kekayaan budaya, kuliner di Jogja memang unik. Di tempat lain selain Jogja, Anda akan sering menjumpai berbagai jenis masakan, namun rasanya biasanya berbeda.

Jadi kalau lagi main di kota seribu nama dan julukan, rekomendasi makanan di jogja berikut ini wajib kamu coba setidaknya sekali seumur hidup.

Rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Jogja

11 rekomendasi makanan di Jogja yang wajib kamu coba setidaknya sekali seumur hidup

1. Gudeg

Siapa yang tidak tahu, gudeg asli jogja gudeg? Bahkan gudeg juga bisa ditemukan di daerah lain, misalnya di Solo. Tapi gudeg Jogja rasanya sangat original. Anda harus mencoba hidangan ini setidaknya sekali dalam hidup Anda.

Gudeg bisa ditemukan di seluruh Jogja. Ada 2 jenis panas yang biasanya ditawarkan yaitu panas basah dan panas kering. Untuk air panas biasanya penjual buka pada pagi hari hampir di seluruh penjuru kota Yogyakarta. Sedangkan gudeg kering bisa Anda dapatkan di bagian tengah, juga di Jalan Wijilan atau Kelurahan Barek.

Warung gudeg ini meski bergilir selalu buka dari pagi hingga tengah malam.

Baca juga: Oleh-oleh Jogja ini dijamin beda dari biasanya, simak rekomendasinya

2.Oseng Mercon

Bagi penikmat makanan pedas, Pan Fireworks merupakan rekomendasi makan di Jogja yang pasti disukai oleh para pecinta makanan super pedas. Ini terdiri dari daging sapi panggang dengan ratusan cabai.

Oseng Mercon di Jogja yang paling terkenal adalah Oseng Mercon Bu Narti yang berdiri di Jl. Ahmad Dahlan, dari jam 6 sore. Untuk tantangan yang lebih ekstrim, datanglah di malam minggu, karena biasanya Bu Narti menggandakan kepedasan makanan spesialnya hari itu.

3. Brosur

Brongkos adalah makanan bumbu khas Kluwek, mirip dengan Rawon Jawa Timur, namun memiliki rasa yang manis. Isiannya meliputi tahu, tempe, telur, daging, dan terutama kacang tolo.

Brongko terbaik di Jogja bisa ditemukan di kawasan Alun-Alun Kidul Yogyakarta yaitu di Warung Handayani. Brongkosnya enak, harganya sangat murah. Buka mulai pukul 08.00.

Sate Klatak

4. Sate Klatak

Sate ini muncul di film Ada Apa Dengan Cinta 2 saat Rangga dan Cinta berpacaran. Sate Klatak Pak Bari memang salah satu yang paling terkenal. Warung ini terletak di Pasar Wonokromo di Imogiri Timur.

Sate Klathak adalah sate kambing yang ditusuk dengan jeruji sepeda, bukan tusuk sate atau bambu biasa. Oleh karena itu, ketika dibakar, ia mengeluarkan suara khas seperti “klatak-klatak” dari dirinya sendiri.

Selain Sate Klatak Pak Bari, ada juga Sate Klatak Pak Pong yang tak kalah melegenda. Lokasi tokonya juga ada di Wonokromo. Padahal, kawasan Imogiri Timur terkenal dengan wisata kuliner sate klataknya. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Saat Pak Bari dan Pak Pong kenyang, ada banyak stan sate lain yang tak kalah enak untuk dikunjungi.

5. Sat Kere

Rekomendasi makanan di Jogja yang wajib dicoba berikutnya masih jenis sate, yaitu sate kere. Kere secara harfiah berarti tunawisma, yang mengacu pada kelompok orang yang kurang beruntung. Menurut sejarahnya, sate kere dibuat untuk target pasar yang tidak mampu membeli sate, yang sering dipandang sebagai makanan mewah. Tapi jangan salah, sate kere ini tetap enak banget!

Sate kere terbuat dari lemak babi. Karena itu juga sering disebut Sate Koyor. Anda bisa membeli sate kere di Pasar Beringharjo. Penjual biasanya berkumpul di beberapa pintu masuk pasar. Satu porsi harganya Rp 10.000 dan sudah termasuk 3 tusuk sate dan lontong. Sangat murah bukan?

6. Sate Karang

Bicara soal sate, jenis ini juga menjadi salah satu rekomendasi makanan yang wajib dicoba di Jogja. Sate karang sebenarnya adalah sate yang dijual di warung jalan Pak Prapto di pinggir Alun-alun Karang Kotagede Yogyakarta.

Sate karang adalah hidangan sate daging sapi. Uniknya, sate ini selain disajikan dengan 3 jenis bumbu yaitu bumbu kacang, bumbu kecap dan bumbu kocor juga ditemani dengan lontong yang disiram dengan sayur tempe. Porsi terkecil terdiri dari 5 tusuk sate dan lontong seharga Rp 23.000. Warung Pak Prapto buka jam 5 sore.

Baca juga: 5 rekomendasi nasi goreng enak di Jogja

7. Tengkleng Gajah

Salah satu kuliner yang wajib Anda coba selanjutnya adalah Tengkleng Gajah. Tengkleng mirip dengan gulai hanya saja terbuat dari tulang bukan daging. Dan tidak terbuat dari tulang gajah, Tengkleng Gajah menyajikan tengkleng yang terbuat dari kambing. Hanya saja ukurannya jumbo. Kuahnya sangat pedas, sehingga sangat membuat ketagihan.

Satu porsi Tengkleng Gajah Original harganya Rp 48.000. Ada juga masakan olahan kambing lainnya mulai dari gulai, tongseng, sate bakar, sate goreng hingga nasi goreng. Tengkleng Gajah buka mulai pukul 09:00 setiap hari.

11 rekomendasi makanan di Jogja yang wajib kamu coba setidaknya sekali seumur hidup

8. Belalang goreng

Serangga belalang sering kita jumpai dan dimana-mana. Belalang juga digoreng di Gunungkidul dan menjadi jajanan khas daerah. Rasanya seperti udang dan tinggi protein.

Satu toples belalang goreng harganya rata-rata Rp 30.000. Pada musimnya, Anda bisa menjumpai penjual belalang goreng yang menjajakan dagangannya di sepanjang pinggir jalan antara Yogyakarta dan Gunungkidul.

9. Gosip

Camilan khas ini berasal dari Bantul, Yogyakarta. Terbuat dari kelapa yang diolah dengan gula sehingga rasanya manis dan asli. Teksturnya unik, sehingga banyak orang yang menyukainya.

Geplak bisa Anda temukan di berbagai toko souvenir atau di pasar tradisional. Harganya bervariasi, dengan berat 500 gram dijual dengan harga rata-rata Rp 20.000.

10. Jadah Tempe

Cemilan ini jadi rekomendasi makanan di Jogja yang wajib kamu coba selanjutnya, apalagi kalau ke Kaliurang.

Jadah adalah makanan dari beras ketan, sedangkan tempe dimasak dengan bumbu perendam. Keduanya ditumpuk seperti burger dan dimakan bersama. Jangan lupa menemani cabai rawit hijaunya. Lezat!

Jadah tempe juga mudah ditemukan, terutama di seluruh kawasan Kaliurang. Salah satu yang paling terkenal adalah Jadah Tempe Mbah Carik yang harganya Rp 24.000 untuk setiap 10 jadah tempe.

Kopi Jo

11. Kopi Joss

Rekomendasi yang terakhir mungkin tidak berhubungan dengan makanan, melainkan minuman yang juga tidak boleh dilewatkan jika Anda sedang berlibur di Jogja. Kopi jos adalah sajian minuman kopi yang disajikan dengan menambahkan arang panas ke dalam larutan kopi sehingga menimbulkan suara seperti “joss”.

Ada beberapa kedai kopi Joss di kota Yogyakarta, namun yang paling legendaris adalah Kopi Joss Li Man yang terletak di sebelah stasiun Tugu. Selain kopi, beragam hidangan khas Angkringan juga ditawarkan. Soal harga jangan khawatir, merakyat banget!

Baca juga: 5 tempat makan enak di jogja, ada tempat makan cinta dan rangga

Ini dia rekomendasi makanan di Jogja yang wajib banget kamu coba sekali seumur hidup. Nah, pada program liburan Jogja selanjutnya, mana yang ingin Anda coba terlebih dahulu?

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button