11 Makanan Khas Malang Terpopuler yang Wajib Kamu Coba Saat Travelling! - WisataHits
Jawa Timur

11 Makanan Khas Malang Terpopuler yang Wajib Kamu Coba Saat Travelling!

INDOZONE.ID – Salah satu destinasi wisata di Jawa Timur, Malang kerap dijadikan tempat bagi para wisatawan untuk berwisata ke luar negeri asal Indonesia. Di kota ini, wisatawan dapat mengunjungi berbagai tempat wisata yang menjadi ciri khas kota ini.

Selain destinasi wisata yang beragam, wisatawan di Malang juga bisa mencoba berbagai kuliner khas. Anda bisa mencicipi makanan khas Malang berikut di kota ini. Ayo!

1. Rawon lutut

Rawon Lutut Rawon Knie (unileverfoodsolutions.co.id)

Makanan pertama yang paling populer dan sangat khas Malang adalah Rawon Knee. Disajikan dengan saus hitam, hidangan ini memiliki daging lutut yang empuk dengan paduan rempah-rempah yang memiliki rasa yang kuat.

Rawon ini semakin nikmat jika disantap dengan taoge dan sambal. Selain itu, penyajiannya juga bisa dicampur langsung dengan nasi atau dipisahkan.

2. Bakso Malang

Bakso Malang Bakso Malang (indoresep.web.id)

Tak bisa dipungkiri, kuliner khas Malang kedua yang tak kalah populer adalah bakso Malang. Di Malang sendiri, bakso malang lebih umum daripada bakwan malang. Isi bakso terdiri dari bakso sendiri, mie kuning, siomay goreng, siomay, dan tahu yang disiram kuah kaldu sapi.

Hidangan bakso ini bisa disantap sesuai selera. Jika suka rasa pedas, Anda bisa menambahkan saus sambal.

3. Pasta cwie

Mie Cwie Cwie Mie (traveloka.com)

Makanan khas Malang ini wajib dimiliki oleh para penggemar mie. Cwie mie adalah mie dengan topping ayam yang dicincang halus menyerupai suwiran daging. Mie ini disebut juga pangsit mie karena selalu disajikan dengan siomay.

4. Orem-orem

orem-oremOrem-orem (ticmpu.id)

Sebagai kota penghasil tempe, Malang memiliki orem-orem yang menjadi makanan khasnya. Orem-orem adalah makanan khas Malang yang terbuat dari tempe goreng yang diiris tipis dan dicampur dengan saus bumbu. Makanan ini wajib kamu coba saat berkunjung ke Malang.

5. Mendele

Tempe Mendol Tempe Mendol (tokopedia.com)

Mendol merupakan makanan khas Malang yang juga terbuat dari tempe. Makanan ini disebut mendol karena bentuknya yang bulat dan lonjong. Selain itu, mendol juga memiliki rasa yang renyah dan gurih karena dibumbui dengan cara tersebut kemudian diolah hingga matang. Makanan khas Malang ini bisa kamu temukan di beberapa warung nasi pecel terdekat di Malang.

6. Sego Goreng Mawut

Nasi Mawut Goreng Nasi Goreng Mawut (Instagram/infomakansolo)

Pernah ingin makan pasta dan nasi secara bersamaan? Makanan khas Malang ini adalah jawabannya. Sego Goreng Mawut adalah nasi goreng yang dicampur dengan mie goreng. Mie yang digunakan dalam sego goreng mawut ini bukanlah mie cepat saji melainkan mie telur yang populer sebagai bahan dasar mie goreng jawa.

7. Soto Gepra

Soto GepraSoto Geprak (cindenian.com)

Makanan khas Malang lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah Soto Geprak. Makanan ini menjadi populer karena keberadaan warung Soto Geprak Mbah Djos. Dulu Mbah Djo sering mencincang daging dengan cara ditumbuk, sehingga warung sotonya disebut Soto Geprak Mbah Djo. Soto Geprak Mbah Djo ini wajib kamu coba karena masakan ini sudah dimasak sesuai resep rahasia sejak tahun 1935.

8. Nasi Pecal Kawi

Nasi pecal kawi Nasi Pecal Kawi (banyumurti.net)

Adapun makanan khas Malang lainnya yaitu nasi pecal kawi. Hidangan ini menyajikan nasi pecal dengan saus kacang dan disajikan dengan kerupuk kacang atau kerupuk puli.

9. Nasi Jagung

nasi jagungNasi jagung (instagram.com/@mariani_soegianto))

Seperti namanya, makanan khas Malang ini berbahan dasar nasi jagung. Nasi ini umumnya disajikan dengan lauk pauk seperti ikan asin atau lauk berat lainnya. Uniknya, nasi jagung ini sudah menjadi legenda di Malang karena sudah ada sejak zaman Belanda.

10. Nasi Bakmoy

Nasi bakmoy Nasi Bakmoy (tripadvisor.co.id)

Sajian nasi khas Malang lainnya adalah Nasi Bakmoy. Masakan ini memiliki isian yang beragam mulai dari potongan ayam, tahu, irisan timun, dan telur ayam rebus.

Selain itu, nasi bakmoy juga dilengkapi dengan saus yang beraroma kental.

11. Tahu Lonbell Bell

Lontong Tahu LontongTahu Lontong Lonceng (tripadvisor.co.id)

Menu malang lainnya adalah tahu campur. Tahu campur ini dijajaki pada malam hari dan biasanya bisa ditemukan di pedagang kaki lima di sekitar Malang.

Makanan ini berbahan dasar tahu dan menggunakan kuah petis yang memiliki rasa yang sangat khas. Tahu campur ini juga disajikan dengan tauge, mie, sawi dan kerupuk.

Artikel menarik lainnya:

Source: www.indozone.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button