Akses jalan 10 km di Baluran Situbondo sudah diperbaiki, siap menyambut wisatawan - WisataHits
Jawa Timur

Akses jalan 10 km di Baluran Situbondo sudah diperbaiki, siap menyambut wisatawan

Akses jalan 10 km di Baluran Situbondo sudah diperbaiki, siap menyambut wisatawan

Situbondo, Jawa Timur saat ini – Akses jalan di Taman Nasional Baluran Situbondo sudah diperbaiki. Jalan Baluran Merak di Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo sepanjang 10 kilometer.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan jalan tersebut pada Senin (1/9/2023). Dia juga berharap jalan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat.

“Jalan Merak Baluran membelah taman nasional, semoga bisa membawa manfaat bagi masyarakat. Mari bersama-sama menjaga daya dukung alam, daya dukung lingkungan dan ekosistem Taman Nasional Baluran,” harap Gubernur Khofifah, Senin (1/9/2023). ).

Ia melanjutkan, membangun akses ke Taman Baluran bukanlah hal yang mudah. Pasalnya, untuk membelah taman nasional, Bupati Situbondo Karna Suswandi harus mendapat izin dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

“Izin aspal sudah ada, tinggal masalah pembiayaan. Kalau lebar jalan tujuh meter itu terserah Pemprov, tapi jalan Merak-Baluran hanya tiga meter, jadi itu milik daerah kabupaten,” kata Gubernur.

“Apakah jalan ini diserahkan kepada negara atau BK dilakukan oleh kabupaten sendiri, ada mekanisme, SOP dan aturan penganggaran yang harus kita bahas agar tidak ada kesalahan dalam pelaksanaannya,” kata gubernur.

Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan dengan akses jalan tersebut potensi wisata di wilayah Kabupaten Banyuputih dapat dikembangkan.

Objek wisata pantai seperti Pantai Sijile, Pantai Bilik, Pulau Kakapa, Pantai Kajang, Batu Hitam-Tour, Pantai Lempuyang, Pantai Sirondo, Pantai Balanan dan Pantai Bama siap menyambut wisatawan lokal maupun mancanegara.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button