11 Air Terjun Terpopuler dan Terindah di Lumajang - WisataHits
wisatahits

11 Air Terjun Terpopuler dan Terindah di Lumajang

Lumajang adalah nama sebuah kabupaten di Jawa Timur yang memiliki cita rasa alam yang unik karena dikelilingi oleh 3 gunung berapi yaitu Bromo, Semeru dan Lemongan. Selain keunikan 3 gunung tersebut, sejumlah air terjun di Lumajang juga menambah daya tarik sehingga banyak dikunjungi wisatawan.

Apalagi ada sekitar 30 sungai yang tersebar dan akan menciptakan berbagai air terjun yang indah. Melihat ketinggiannya yang mencapai lebih dari 100m, maka sejumlah air terjun milik wilayah Lumajang ini menduduki peringkat tertinggi di Tanah Air. Banyak yang penasaran untuk mengunjunginya.

Bagi Anda yang menyukai tempat wisata berupa air terjun, Lumajang merupakan destinasi wisata paling cocok di Jawa Timur. Dalam hal ini, kawasan Pronojiwo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Malang merupakan rumah bagi sebagian besar wisata air terjun terbaik di Lumajang.

1. Air Terjun Coban Pawon

Air Terjun Coban PawonKredit gambar: Google Maps Venom Neo

Coban Pawon atau dikenal juga dengan nama Antrukan Pawon merupakan wisata air terjun yang sangat unik dan masih alami di Lumajang. Coban dan Antrukan memiliki arti yang sama untuk mewakili istilah air terjun dalam bahasa Indonesia. Nama Pawon sendiri berarti dapur.

Disebut Coba Pawon karena air terjun ini memiliki air yang mengalir melalui lubang alami yang terlihat seperti tungku. Tentu saja menarik, unik dan wajib Anda kunjungi sebagai bagian dari penjelajahan alam di Lumajang. Terletak di Pucangalit, Gucialit.

Coban Pawon belum resmi menjadi tempat wisata. Oleh karena itu tidak ada tiket masuk untuk mengunjunginya. Tidak ada fasilitas, jadi untuk parkir bisa dititipkan di rumah sekitar tempat wisata.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Pucangalit, Kertowono, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

2. Coba Tiga Malaikat

Coba Tiga MalaikatKredit gambar: Google Maps Piyono Mustaqim

Wisata air terjun yang sangat menarik untuk anda nikmati keindahannya adalah Coban Tiga Bidadari. Dari satu-satunya nama yang mengambil kata Bidadari, tentu bisa dibayangkan betapa indahnya wisata alam ini.

Selama kurang lebih 30 menit, setiap wisatawan harus berjuang keras dalam perjalanannya, melewati bukit dan bebatuan yang terjal. Cara menuju air terjun Tiga Bidadari sama saja dengan menuju air terjun Taman Surga, dua air terjun sekaligus.

Nama Tiga Bidadari sendiri dikaitkan dengan mitos yang populer di kalangan penduduk setempat. Dahulu kala ada tempat ini yang merupakan pemandian umum para bidadari.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Dusun Kalirejo, Kaliuling, Kec. Tempursari, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

3. Air Terjun Watu Lapis

Air Terjun Watu LapisKredit gambar: Twitter sebuah A

Air terjun selanjutnya disebut Watu Lapis. Dalam bahasa Indonesia, namanya berarti batu berlapis. Disebut demikian karena tebing yang dilalui air terlihat bertumpuk. Lokasi persisnya wisata ini ada di Pasropan, Pasrujambe.

Air Terjun Watu Lapis merupakan tempat wisata alam yang tersembunyi di sekitar perkebunan kopi. Suasana sejuk begitu terlihat dengan rimbunnya tanaman hijau yang mengelilinginya, begitu tenang. Untuk sampai ke sana, Anda masih harus berjalan melewati perkebunan kopi dari tempat parkir.

Dari Lumajang, sirkuit ini memiliki jarak 35 kilometer ke arah barat. Soal transportasi, Anda harus mengendarai mobil atau motor. Air terjun dengan demikian menyajikan alamnya yang indah. Warga telah membuat gubuk bambu dan tangga di sejumlah sudut untuk memudahkan akses.

Harga tiket: Rp 4.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Ngambon, Jambekumbu, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

4. Coban Wolu atau Coban Sriti

Coban Wolu atau Coban SritiKredit gambar: Google Maps Indra Susandi

Meski masih berada di kawasan Pronojiwo, Coban Wolu cukup kikuk untuk menyembunyikannya. Disebut juga Coban Sriti karena letaknya di bawah Gunung Kukusan Sriti.

Sementara itu, disebut Coban Wolu karena untuk mencapainya, seseorang harus menyeberangi Sungai Sriti hingga 8 kali. Bayangkan berapa banyak Anda harus berjuang untuk mencapai tempat ini. Anda membutuhkan fisik yang prima untuk mengikuti arah sungai dan melawan arus selama sekitar 1 jam 30.

Airnya mengalir cukup deras dan kedalamannya sampai paha. Namun tentunya perjuangan tersebut bisa terbayar dengan keindahan air terjunnya. Benteng tebing melingkar menjulang hingga 150m, tempat yang elegan dengan kemegahannya.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jogokereng, Tamanayu, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

5. Air Terjun Kapas Biru

Air Terjun Kapas BiruKredit gambar: Google Maps Rizkie Kurniawan

Air Terjun Kapas Biru masih menawarkan keindahan di balik tebing yang sangat megah. Air terjun ini merupakan jalur aliran Sungai Besukbang yang berhulu di lereng Pegunungan Semeru.

Dalam kesegaran yang ditawarkan oleh alam, air terjun ini mempesona di ketinggian 100 m. Perlu diingat bahwa sebelum Anda sampai di sana, air terjun sepanjang 1,5 km akan menjadi ujian.

Setelah parkir, bersiaplah untuk perjalanan melalui jalan setapak yang menurun tajam. Banyak tikungan dengan sejumlah pagar bambu dan tangga besi. Sebenarnya air terjun ini memiliki 2 tingkat.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

6. Air Terjun Kabut Pelangi

Air Terjun Kabut PelangiKredit gambar: Google Maps Indonesia Eagle

Air Terjun Kabut Pelangi merupakan salah satu tempat wisata di Lumajang yang memiliki keindahan alam. Sebuah suguhan alam yang begitu mempesona dan sia-sia jika Anda mengabaikannya. Secara administratif, wisata ini bisa dikunjungi di Desa Mulyoarjo, Pronojiwo.

Dibutuhkan sedikit perjuangan jika ingin mencapainya. Sebelum memasuki main course, alam akan menyambut Anda dengan minuman berupa anak-anak air dari ketinggian sekitar 100 m.

Coban Kabut Pelangi adalah hidangan utama dan salah satu air terjun tertinggi karena diperkirakan mencapai lebih dari 100m. Tentu saja bisa memanjakan wisatawan dengan keindahannya.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Mulyoarjo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

7. Coban Goa Drops

Coba Goa DropsKredit gambar: Google Maps Woro Wiri

Megah, eksotik dan agung adalah gambaran dari banyaknya air terjun yang ditawarkan Lumajang, salah satunya adalah Coban Goa Tetes. Tempat wisata ini sangat eksotis karena menggabungkan gua dengan air terjun.

Padahal, Goa Tetes lebih dulu dibuka sebagai destinasi wisata ketimbang Tumpak Sewu. Namun, sejak dibukanya Tumpak Sewu secara resmi pada tahun 2015, Goa Tetes kehilangan sedikit pamor.

Meski begitu, jika bicara soal keindahan, Goa Tetes tak kalah memukau dengan kekhasan tersendiri. Wisata ini menawarkan susunan stalaktit dan stalagmit yang tersusun sedemikian rupa.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

8. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak SewuKredit gambar: Google Maps iwan Setiawan

Tumpak Sewu atau disebut juga Coban Sewu adalah air terjun terindah di Pulau Jawa, khususnya Lumajang. Menampilkan formasi alam yang sangat unik dan menakjubkan. Semburan air melebar seperti tirai bertingkat.

Airnya mengalir hingga jatuh ke lembah yang terjal dan membentang hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.Khususnya bagi wisatawan yang menyukai fotografi landscape, tempat ini merupakan surganya dengan berbagai tempat menarik untuk memotret keindahannya.

Meski tidak begitu besar, pihak pengelola menawarkan lokasi yang strategis untuk selfie dengan background air terjun yang mewah. Gemericik air terjun ini begitu menyegarkan.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jl.Raya Sidomulyo, Besukcukit, Sidomulyo, Kec. Pronojiwo, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

9. Air Terjun Carang Kuning

Air Terjun Carang KuningKredit gambar: journal.id

Lokasi air terjun Carang Kuning tepatnya di desa Jambekumbuh, kecamatan Parujamben. Keindahan air terjun yang indah ini didukung dengan ketinggiannya yang mencapai 15 m.

Nama Carang Kuning sendiri awalnya diambil dari nama seorang putri cantik berkulit putih. Putri cantik itu hidup pada zaman kerajaan Majapahit dan sering mandi di sana.

Keindahan yang dipertahankan oleh air terjun Carang Kuning ini tentu saja mampu memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Anda akan dibuat takjub dan takjub dengan sajian alam yang ada di tempat ini.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Jambekumbu, Kec. Pasrujambe, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

10. Air Terjun Antrukan Pawon

Air Terjun Antrukan PawonKredit gambar: Google Maps Aryf al faryzy

Anda bisa mengunjungi Air Terjun Antrukan Pawon di Kabupaten Lumajang, tepatnya di Desa Wangkut, Kecamatan Gucialit. Curug atau air terjun ini bisa dibilang sebagai tempat wisata baru di kawasan ini.

Pasalnya, tempat wisata ini belum begitu dikenal di kalangan wisatawan. Oleh karena itu, lokasi wisata selalu tampak sangat jernih, dan alamnya juga sangat terjaga.

Tempat wisata yang direkomendasikan ini bisa membuat petualangan Anda semakin seru. Tentu menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Harga tiket: Gratis; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Pucangalit, Kertowono, Kec. Gucialit, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

11. Air Terjun Perangkap Sewu

Air Terjun Perangkap SewuKredit gambar: Google Maps Indra Harjaya

Jika ingin mencari Air Terjun Trap Sewu, datang saja ke Desa Podang di Kecamatan Padang. Nama air terjun ini karena banyaknya anak tangga untuk mengakses lokasi wisata.

Air yang disajikan di Trap Sewu terlihat sangat segar dan indah. Jangan biarkan air terjun merindukan Anda di lingkungan ini.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Padang, Randuagung, Bodang, Kec. Lumajang, Kab. Lumajang, Jawa Timur.

Ini dia beberapa air terjun terindah di Lumajang untuk mewarnai daftar destinasi wisata kamu. Masing-masing air terjun di atas mampu membuat liburan Anda menyenangkan dengan panorama alamnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button