11 Air Terjun Terpopuler dan Terindah di Jepara - WisataHits
wisatahits

11 Air Terjun Terpopuler dan Terindah di Jepara

Jepara dikenal sebagai kota wisata karena terdapat banyak tempat wisata dengan konsep yang berbeda-beda. Salah satu konsep wisata yang populer adalah wisata alam. Tempat wisata di Jepara sebagian besar adalah pantai. Namun, ada tempat wisata lain yang tak kalah menarik dari wisata pantai, yakni wisata air terjun yang begitu eksotis di Jawa Tengah.

Di Jepara sendiri terdapat beberapa air terjun dengan karakteristik yang berbeda satu sama lain. Setiap air terjun memiliki daya tarik tersendiri sehingga wisatawan yang datang ke Jepara dapat menjelajahi air terjun yang ada satu per satu. Semakin tersembunyi lokasi air terjun, semakin natural panorama alamnya.

Keadaan panorama alam yang masih alami menjadi nilai plus di mata wisatawan. Oleh karena itu, wisatawan yang datang berlibur ke Jepara sebaiknya tidak hanya mengunjungi pantai. Namun, wisatawan juga bisa mencoba suasana baru dengan menjelajahi beberapa air terjun yang memiliki karakteristik berbeda satu sama lain.

1. Air Terjun Ngarai Manten

Air Terjun Ngarai MantenKredit gambar: Google Maps Riyadh Saputra

Dari segi nama, air terjun ini memiliki nama yang menakutkan. Namun, jangan takut karena pesona alam kawasan air terjun ini sangat indah. Panorama yang disuguhkan benar-benar khas pegunungan terasa sejuk dan udaranya segar. Hal ini dikarenakan kadar oksigen di air terjun selalu terjaga dengan baik.

Nama ‘Jurang Manten’ bukan tanpa alasan. Konon nama air terjun ini terkait dengan mitos atau cerita sejarah yang berkembang di masyarakat. Dalam sejarahnya, ada pasangan yang percintaannya tidak disetujui, lalu mereka berdua turun ke sungai dan jatuh ke jurang.

Jurang itu sekarang menjadi air terjun. Oleh karena itu, tempat jatuhnya pasangan ini disebut Jurang Manten atau Nganten atau Ngantenan. Ketinggian air terjun mencapai 50 meter. Karena relatif tinggi, suara air terjun yang terletak di desa Pakis Aji ini sangat nyaring, apalagi saat debit airnya besar.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Tanjung, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

2. Air Terjun Kedung Ombo

Air Terjun Kedung OmboKredit gambar: Google Maps

Dinamakan air terjun Kedung Ombo karena dalam bahasa Indonesia artinya air terjun ini luas. Tempat wisata yang menawarkan panorama alam yang eksotis ini memang sudah populer di kalangan masyarakat, sehingga menjadi salah satu destinasi liburan favorit masyarakat setempat.

Sama seperti Air Terjun Jurang Manten, Air Terjun Kedung Ombo juga memiliki legenda bahwa akses jalan menuju lokasi air terjun tidak bisa digunakan oleh orang yang berbulan madu. Keistimewaan air terjun ini adalah deretan empat riam di tebing dengan ketinggian masing-masing sekitar 40 meter.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Papasan, tetangga. Bangsri, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

3. Air Terjun Sumenep

Air Terjun SumenepKredit gambar: Google Maps koko ll

Nama air terjun ini mirip dengan nama daerah Madura di Jawa Timur. Namun, nama air terjun tersebut bukan karena hal tersebut. Air Terjun Sumenep merupakan salah satu air terjun terbaik di Jepara dengan ciri khas air terjun tiga tingkat. Lokasinya masih tersembunyi di dalam hutan, sehingga masih perawan.

Meski akses menuju lokasi cukup sulit, wisatawan akan menemukan suasana damai dan tenang di sini yang membuat siapapun yang datang berkunjung betah berlama-lama. Air terjun tingkat kedua adalah yang paling indah karena dindingnya tampak membentuk setengah lingkaran.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Tanjung, Kec. Pakis Aji, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

4. Air Terjun Songgo Langit

Air Terjun Songgo LangitKredit gambar: Google Maps Frizal Darkblue

Ciri khas air terjun ini adalah tingginya yang mencapai 80 meter dengan lebar sekitar 2 meter. Lokasinya cukup tersembunyi, tepatnya di bawah kaki Gunung Muria. Kedalaman tangki air di bawah air terjun mencapai 8 meter, sehingga pengunjung tidak diperbolehkan mandi di dalamnya.

Nama Songgo Langit berasal dari sungai di atasnya dan pemandangannya membuat seolah air terjun menopang langit. Keistimewaan air terjun ini adalah adanya kupu-kupu beraneka warna. Ada juga tanaman hijau di tebing yang membuatnya indah.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Bucu, lingkungan. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

5. Tetesan Air Terjun Banyu

Air Terjun BanyuKredit gambar: Twitter vicri marzak

Nama air terjun ini unik karena arti ‘air terjun banyu’ dalam bahasa Indonesia adalah ‘air terjun atau air terjun’. Lokasinya berada di dalam hutan sehingga air terjun ini tersembunyi dan hanya sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaannya.

Wisatawan yang ingin ke sana harus sangat berhati-hati karena jalan yang dilalui berupa jurang di kanan dan di kiri. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam.

Harga tiket: Rp 10.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Somosari, Kec. Bathlit, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

6. Air Terjun Suroloyo

Air Terjun SuroloyoKredit gambar: Twitter Hai Ulya

Air terjun setinggi 10 km ini berjarak sekitar 36 km dari pusat kota dan akses jalan yang cukup sulit dijangkau. Lokasi air terjun ini sangat tersembunyi, bahkan hanya masyarakat desa Bungu yang mengetahui keberadaannya. Sehingga air terjunnya masih perawan dan panoramanya benar-benar alami.

Lokasi air terjun ini cukup dekat dengan air terjun bernama Nganjuk. Keindahan dan keindahan air terjun semakin bertambah karena air terjun Suroloyo dikelilingi oleh pepohonan hijau yang lebat.

Harga tiket: Rp 3.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Bungu, Kecamatan. Mayong, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

7. Air Terjun Kotoran Paso

Air Terjun Dung PasoKredit gambar: Facebook Bang Jack Raditya Zalfa

Air terjun yang terletak di Desa Somosari ini dapat diakses dengan berjalan kaki dari tempat parkir kendaraan. Kealamian Air Terjun Dung Paso masih sangat terjaga sehingga kerusakan alam akibat ulah manusia dapat dihindari.

Aliran air terjun ini memang tidak begitu besar, namun cukup memuaskan untuk dijadikan pemandian. Lokasinya yang berada di tengah pepohonan hijau dan terhimpit oleh dua tebing menambah eksotisme sisi air terjun. Kolam sedalam 3 meter di bawah air terjun bisa dijadikan tempat berendam.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Bucu, lingkungan. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

8. Air Terjun Nganjuk

Air Terjun Nganjok BunguKredit gambar: Google Maps Khoirul Muhsinun

Lokasi air terjun Nganjuk dekat dengan air terjun Suroloyo, sekitar 36 km dari pusat kota. Perjalanan memakan waktu 40 hingga 50 menit. Ketinggian air terjun ini sekitar 10-15 meter.

Wisatawan yang ingin menuju air terjun harus mengikuti jalan setapak yang telah disiapkan oleh warga sekitar. Jangan khawatir karena kendaraan roda dua dan empat bisa parkir di tempat parkir yang sudah tersedia. Fitur air terjun benar-benar masih murni.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Bungu, Kecamatan. Mayong, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

9. Air Terjun Nongko Pace

Air Terjun Nongko PaceKredit gambar: Twitter munfarid

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, air terjun ini direkomendasikan untuk dikunjungi. Lokasinya tersembunyi dan memiliki pemandangan yang bagus. Dalam perjalanan menuju lokasi, wisatawan akan ditemani oleh pepohonan hijau yang rimbun dengan udara yang segar.

Karena letaknya yang tersembunyi, wisatawan harus melewati akses jalan yang ekstrim dan cukup terjal. Perjalanan menuju lokasi memakan waktu sekitar 2 jam. Ketinggian air terjun yang berada di wilayah desa Somosari ini lebih tinggi dari ketinggian air terjun Songgo Langit dan Ngarai Nganten.

Harga tiket: -; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Somosari, Kec. Bathlit, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

10. Air terjun pancuran

pancuran air terjunKredit Gambar: tracepiknik.com

Masih terletak di Desa Somosari, juga terdapat air terjun Pancuran yang memiliki ketinggian fantastis mencapai 170 meter. Karena ketinggian ini, air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di Jepara. Udara di sekitar air terjun agak lembab tapi sangat sejuk.

AC agak lembab karena air kadang menguap saat tertiup angin. Lokasinya diapit oleh dua bukit dan aliran air langsung terjun ke jurang. Wisatawan yang ingin melihat indahnya panorama air terjun ini harus menyeberangi 3 sungai terlebih dahulu, sehingga sangat melelahkan.

Harga tiket: Rp 5.000; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Somosari, Kec. Bathlit, Kab. Jepang.

11. Air Terjun Grenjengan Dowo

Air Terjun Grenjengan DowoKredit gambar: Google Maps

Lokasi Air Terjun Grenjengan Dowo berjarak sekitar 35 km ke arah timur laut, diukur dari pendopo Kabupaten Jepara. Lokasi air terjun ini tepatnya berada di Kecamatan Kembang tepatnya Desa Dudakawu. Bisa dibilang air terjun ini cukup unik karena berbeda dengan air terjun lainnya di Jepara.

Air terjun ini tidak berbentuk tebing yang memiliki aliran langsung turun dari air terjun. Namun, tebingnya agak landai dan aliran air seolah turun di sepanjang tebing. Lokasi dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan roda dua atau empat selama kurang lebih 40-60 menit kemudian berjalan kaki menuju lokasi dari tempat parkir.

Harga tiket: -; Kasus: Cek lokasi
Alamat: Dudakawu, Kec. Kembang, Kab. Jepara, Jawa Tengah.

Ini adalah beberapa air terjun yang melanda Jepara. Setiap air terjun memiliki daya tarik tersendiri sehingga wisatawan dapat menjelajahi air terjun disana berbekal fisik yang kuat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button