Kepala Kanwil Urais Kemenag Jateng Pantau Pelayanan KUA di Banjarnegara - WisataHits
Jawa Tengah

Kepala Kanwil Urais Kemenag Jateng Pantau Pelayanan KUA di Banjarnegara

Banjarnegara – Kepala Kantor Wilayah Urusan Agama Islam (URAIS) Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah H. Zaenal Fatah, S.Ag, M.Sc melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Banjarnegara untuk memberikan pengalaman langsung pelayanan KUA di Banjarnegara lihat, Rabu (21/12). Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara yang diwakili oleh Kepala Dinas Tata Kelola Umat Islam bersama Perencana Tata Kelola Umat Islam, Kepala KUA Batur, Kepala KUA Pejawaran , Penasehat Agama Islam dan Penasehat Agama Islam Non PNS. Kunjungan dimulai di KUA Batur, KUA Pejawaran dan KUA Mandiraja.

KUA Kecamatan Batur merupakan KUA tertinggi di wilayah Banjarnegara (1.558 m dpl), yang merupakan bagian dari Kawasan Wisata Dataran Tinggi Dieng. Tahun 2022, KUA baru saja menyelesaikan pelaksanaan rehabilitasi ringan senilai 150 juta. Rehabilitasi dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas pelayanan KUA kepada masyarakat. Dalam arahannya, Zaenal Fatah mengingatkan KUA Batur untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Setelah melakukan perbaikan gedung agar tampak lebih baik, hal ini juga perlu diimbangi dengan kualitas pelayanan kepada masyarakat, tidak hanya pelayanan NR tetapi seluruh tugas dan fungsi KUA lainnya baik dan berjalan lancar. Keterbatasan SDM KUA jangan sampai membuat Anda kehilangan semangat, namun dengan SDM yang terbatas, pimpinan KUA harus pandai mengatur strategi agar keterbatasan tetap bisa menghasilkan pelayanan prima dan membahagiakan masyarakat, apalagi di era serba digital ini, pegawai KUA juga perlu menguasai teknologi agar tetap kekinian sehingga dapat menciptakan inovasi layanan berbasis IT yang semakin memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Kunjungan dilanjutkan di KUA Kabupaten Pejawaran yang rencananya akan menjadi KUA revitalisasi pada tahun 2023. Kabid Urais didampingi perencana Kanwil meninjau langsung ruang KUA Pejawaran untuk memastikan memenuhi persyaratan revitalisasi KUA pada tahun 2023. Menurut Zaenal Fatah, KUA Pejawaran yang dibangun SBSN pada 2016 secara fisik sudah memenuhi persyaratan revitalisasi KUA. Karena gedung pernikahan bisa menampung 40 orang dan ruang konsultasi juga mencukupi, tinggal memperkuat sumber daya manusia agar lolos revitalisasi KUA.

Kunjungan diakhiri di KUA Mandiraja, revitalisasi KUA tahun 2021, Zaenal Fatah mengingatkan revitalisasi Program unggulan Gus Menteri harus terus dikawal demi tercapainya tujuan penguatan peran KUA di masyarakat.

Mewakili Ketua Kankemenag, Ketua Pimpinan Umat Islam Kankemenag Kabupaten Banjara, Ali Mustofa menyampaikan bahwa ada 5 revitalisasi KUA di Banjarnegara hingga saat ini, KUA Banjarnegara, KUA Mandiraja, KUA Rakit dan KUA Karangkobar.

“Atas nama Direktur Dinas, kami mengucapkan terima kasih kepada Kabid Urais Kanwil Kementerian Agama Jawa Tengah atas kunjungannya sehubungan dengan monitoring dan evaluasi pelayanan KUA di Banjarnegara. Kunjungan ini sangat bermanfaat bagi kami untuk lebih meningkatkan kualitas pelayanan KUA kepada masyarakat di Kabupaten Banjarnegara khususnya dalam revitalisasi KUA,” pungkasnya. (az/am)

Tampilan postingan: 61

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button