10 Tempat Wisata Terunik Di Dunia, Ada Indonesia - WisataHits
Jawa Timur

10 Tempat Wisata Terunik Di Dunia, Ada Indonesia

Gunung Ijen yang terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso di Jawa Timur, memiliki fenomena api biru setiap hari antara pukul 02:00 hingga 04:00.

KENDARI, TELISIK.ID – Alam terkadang menawarkan segudang keindahan yang banyak dijadikan sebagai tempat wisata. Tempat wisata selalu memiliki daya tarik tersendiri. Apalagi jika tempat tersebut memiliki keistimewaan yang tidak biasa dari yang lain.

Sebuah wisata yang dekat dengan alam yang tidak akan Anda temukan di tempat lain karena begitu indah. Anda bisa menjadikan tempat-tempat wisata di seluruh dunia berikut sebagai tujuan wisata favorit Anda seperti dilansir cnnindonesia.com dan idntimes.com.

1. Pengurutan Badab, India


Badab Soort adalah teras unik yang dibentuk oleh fenomena alam. Tergantung pada kandungan mineralnya, teras diberi air dengan warna berbeda. Lokasi situs Badab Soort berjarak sekitar 95 kilometer dari kota Sari dan butuh sedikit usaha ekstra untuk menuju kesana.

2. Nanas besar

The Big Pineapple adalah ikon agrowisata yang dibangun di atas lahan seluas 450 hektar di Sunshine Coast Queensland. Tidak hanya besar dan unik, The Big Pineapple menawarkan beragam atraksi, mulai dari petualangan hingga kebun binatang, tram dan kereta api hingga wisata glamping.

3. Pantai Merah, Cina

Pantai Merah tidak seperti pantai pada umumnya. Sebaliknya, laut dangkal dipenuhi dengan tanaman suaeda salsa yang berubah menjadi merah menyala di akhir musim panas. Memuncak pada bulan September dan Oktober, dataran pasir pantai berubah seperti karpet merah yang membentang. Pantai Merah juga dipuji sebagai tepi laut paling romantis di China oleh media lokal.

Baca juga: 10 negara terindah di dunia 2022, nomor 1 membuatmu bangga

Masih di China, di Guilin, China, Gua Seruling Alang-alang tidak seperti gua pada umumnya. Gua Seruling Buluh ini memiliki beragam stalagmit, stalaktit, dan pilar batu yang indah. Mahakarya alam ini diyakini telah terbentuk ratusan juta tahun yang lalu. Di sini pengunjung juga disuguhi keindahan goa dengan berbagai warna yang eye catching.

4. Teluk Crocosaurus, Australia

Jika Anda sedang mencari tempat wisata yang sekaligus bisa menguji adrenalin Anda, silahkan berenang bersama kawanan buaya di Crocosaurus Cove, Darwin, Australia. Jangan khawatir karena Anda tidak hanya akan dipecat dan prosedur tetap berlaku. Crocosaurus Cove juga dikenal sebagai rumah bagi reptil Australia terbesar di dunia, yang menawarkan pengalaman scuba diving di tangki penangkaran buaya, Cage of Death.

5. Giant’s Causeway, Inggris Raya

Situs Warisan Dunia UNESCO Irlandia Utara ini menjadi populer di kalangan wisatawan untuk pertama kalinya sejak abad ke-19. Di Giant’s Causeway Anda bisa menikmati keindahan pantai dengan bebatuan heksagonal yang unik dan bertumpuk. Batuan tersebut diketahui merupakan hasil letusan dari celah vulkanik purba di County Antrim, Irlandia Utara.

6. Salar de Uyuni, Amerika Selatan

Tempat ini akan membuat Anda merasa seperti surga dan bumi adalah satu. Salar de Uyuni adalah tempat garam terbesar di dunia, seluas 10.000 kilometer.

Salar de Uyuni terletak di antara Potosi dan Oruro, dekat puncak Andes, Bolivia. Permukaannya ditutupi dengan lapisan garam yang membuat dataran kering sepanjang tahun.

7. Painted Dunns, Amerika Serikat

Bukit pasir yang dicat adalah hamparan batu apung berwarna-warni yang terbentuk dari oksidasi abu vulkanik yang jatuh saat letusan gunung berapi. Painted Dunes terletak di Taman Nasional Lassen di California Utara. Ada jalur khusus yang disediakan untuk melihat pemandangan seperti lukisan aktivitas gunung berapi.

Wisata unik lainnya di Amerika Serikat, yaitu Grand Prismatic Spring di Taman Nasional Yellowstone. Lokasi ini merupakan sumber air panas terbesar di Amerika Serikat dan terbesar ketiga di dunia.

Jika diperhatikan dengan seksama, airnya berwarna seperti pelangi, yaitu merah, jingga, kuning, hijau dan biru. Tidak semua bisa digunakan untuk mandi. Karena beberapa kolam airnya sangat panas sehingga tidak bisa mencairkan apapun.

8. Gua Glowworm, Selandia Baru

Goa tidak selalu gelap dan seram. Gua Glowworm di Waitomo sangat indah dengan banyak stalaktit dan bersinar seperti bintang yang berkelap-kelip di langit.

Baca juga: 25 Kota Terbaik di Dunia 2022, nomor 3 luar biasa

Bintang berkelap-kelip berasal dari cacing dengan nama latin arachnocampa luminosa. Dalam kegelapan, hewan ini memancarkan cahaya hijau dan biru.

9. Dallol Volkano, Etiopia

Tempat ini bisa disebut sebagai salah satu tempat terpanas di dunia dengan suhu 41,1 derajat Celcius. Dallol adalah tempat paling terpencil di bumi di utara Ethiopia.

Dallol adalah gunung berapi terendah di dunia. Meskipun demikian, Dallol terkenal dengan warna-warna cerah yang muncul di sekitar tempat itu dan berasal dari belerang, besi, garam, dan zat mineral lainnya.

10. Gunung Ijen, Indonesia

Gunung Ijen memang sangat menawan dengan segala keunikan kawah dan api birunya. Situs ini berada di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Fenomena api biru bisa Anda saksikan setiap hari antara pukul 02:00 hingga 04:00 dini hari. Selain itu, danau kawah ijen dikenal sebagai danau air asam terbesar di dunia dengan luas kawah 5.466 hektar.

Inilah sepuluh tempat wisata paling unik dan anti mainstream di dunia. Jika di luar negeri belum muncul sebagai tempat wisata yang unik, setidaknya Anda bisa mencoba berwisata ke Gunung Ijen di Jawa Timur. (c)

Pengarang : Nur Khumairah Sholeha Hasan

Penerbit: Haerani Hambali

Source: telisik.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button