Curug Ngebul, pesona air terjun cantik dengan tebing eksotis di Cianjur - WisataHits
wisatahits

Curug Ngebul, pesona air terjun cantik dengan tebing eksotis di Cianjur

Curug Ngebul, pesona air terjun cantik dengan tebing eksotis di Cianjur
Harga tiket: Rp 7.500 Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Bunijaya, Kec. Pagelaran, Kab. Cianjur, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Curug Ngebul merupakan salah satu pesona alam yang tersimpan di Kabupaten Cianjur. Secara geografis, kawasan ini terletak di antara pegunungan. Tak heran jika banyak destinasi wisata alam yang ditawarkan Cianjur.

Air terjun yang indah ini sangat ideal untuk Anda pilih sebagai tempat petualangan Anda. Dimana keindahan alam bukan hanya air terjun, tetapi juga pepohonan yang rindang, sungai yang mengalir dan tebing yang terjal.

Lokasi Curug Ngebul memang agak tersembunyi, namun di baliknya terdapat pemandangan yang mempesona. Dinamakan Ngebul untuk menggambarkan air yang jatuh dari tebing yang terlihat seperti uap. Ngebul sendiri dalam bahasa sunda artinya merokok atau mengukus.

Air terjun yang masih alami ini memiliki pesona unik yang membuat wisatawan ingin berlama-lama di sana. Keunikan inilah yang membuat air terjun cantik ini semakin populer di dunia maya.

Daya tarik Curug Ngebul

Objek Wisata Curug NgebulKredit gambar: Google Maps Riswan Susanto

Keindahan Curug Ngebul layak Anda kunjungi di akhir pekan. Tentunya ada alasan mengapa banyak orang datang berlibur ke objek wisata alam ini.

1. Tebing Eksotis

Tamasya indah yang terletak di ketinggian 1.000 meter di atas permukaan laut ini menampilkan tebing-tebing yang menjulang tinggi. Tebing yang tinggi dilengkapi dengan pepohonan yang rindang.

Ketinggian air terjun mencapai 100 meter dengan debit air deras yang membelah bukit. Udara di sekitar air terjun yang sejuk dan nyaman, membantu wisatawan melepas penat.

2. Dijuluki Surga Tersembunyi

Air terjun ini dikenal dengan nama surga tersembunyi Atau permata tersembunyi. Pasalnya, untuk bisa mencapai tempat wisata tersebut, Anda harus berjuang terlebih dahulu. Akses jalan menuju air terjun hanya berupa jalan setapak.

Namun jangan khawatir, selama perjalanan yang penuh dengan kesulitan, Anda akan dapat melihat pemandangan alam yang mengelilinginya. Perjalanan menuju Curug Ngebul sangat menarik untuk ditaklukan bersama teman atau keluarga.

Semakin banyak rekan yang Anda ajak berpetualang, semakin sedikit beban dan penat yang akan dirasakan. Persiapkan perbekalan secukupnya, karena jalur menuju lokasi jauh dari pemukiman penduduk.

3. Trekking yang sulit

Anda perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk mencapai Curug Ngebul. Karena lintas alam bahwa Anda harus pergi curam dan masih berbatu.

Wisatawan harus hati-hati berjalan kaki, karena akses jalan masih berupa tanah berbatu. Meski harus menyeberang lintas alam memacu adrenalin, hanya 200 meter dari kantor tiket. Kurang lebih perjalanan yang Anda tempuh sekitar 10-20 menit. Tergantung kondisi fisik masing-masing.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug NgebulKredit gambar: Google Maps Oman Homsa

Curug Ngebul terletak di Kampung Rawasoro, Desa Bunijaya, tidak jauh dari situs Gunung Padang. Air terjun cantik ini terletak di kecamatan Pagelaran, di perbatasan antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Wisatawan bisa memilih tiga jalur, yakni lewat Pasir Kuda, kecamatan Pagelaran dan kecamatan Sukanagara. Dari pusat kota, perjalanan memakan waktu sekitar 3 jam dan menempuh jarak 72 km. Dari kota Cianjur terus ke arah kecamatan Pagelaran, kemudian sesampainya di Cipari ambil arah desa Bunijaya.

Lalu belok kanan menuju Cilameta, terus menuju desa Rawasoro belok kiri. Jika Anda tidak tahu cara mengambil jalan Curug Ngebul, silakan gunakan Kasus atau bertanya pada penduduk setempat.

Semakin dekat lokasi, akses jalannya semakin buruk, sehingga lebih disarankan menggunakan sepeda motor. Selain kondisi jalan yang tidak begitu bagus, aksesnya juga tidak terlalu lebar.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Untuk menikmati keindahan alam Curug Ngebul, harga tiket masuk setiap pengunjung adalah Rp 7.500. Sedangkan untuk wisatawan tertarik membuatnya berkemah membayar harga tiket yang berbeda Rp 10.000. Anda tidak perlu khawatir, karena harga masuknya tidak akan menguras kantong.

Sedangkan tarif parkir bervariasi mulai dari Rp5.000 hingga Rp10.000 untuk kendaraan roda dua dan empat. Sebelum pergi berlibur, pastikan semua perlengkapan sudah dipersiapkan dengan matang.

Wisatawan bisa berkunjung mulai pukul 07:00 WIB hingga 17:00 WIB. Curug Ngebul buka setiap hari dari Senin hingga Minggu.

Jadi pengunjung bisa datang kapan saja dan menggunakan area tersebut berkemah. Lebih disarankan untuk datang di pagi hari karena butuh waktu untuk mencapai air terjun yang indah ini.

Kegiatan seru yang bisa dilakukan di Curug Ngebul

Aktivitas Seru di Curug NgebulKredit gambar: Google Maps Yadi Suryadi

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan di Curug Ngebul. Kegiatan yang dianjurkan selama liburan adalah sebagai berikut.

1. Berenang dan bermain air

Pengunjung dilarang mendekat atau mandi langsung di pancuran. Karena ketinggian dan pembuangan air yang deras sangat berbahaya bagi masyarakat.

Sebagai gantinya, Anda bisa berenang dan bermain di kolam yang tidak terlalu berbahaya. Kolam yang terletak di bawah Curug Ngebul ini menampung air irigasi bagi warga setempat.

Kondisi kolamnya tenang dan tidak terlalu dalam, cocok sebagai tempat pemandian. Jika Anda ragu berenang untuk merasakan dinginnya air pegunungan, Anda bisa meluangkan waktu untuk duduk-duduk di tepi kolam.

2. Dinding panjat

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Curug Ngebul memiliki tebing yang menjulang tinggi. Kekasih dinding panjat bisa mencoba panjat tebing di air terjun yang indah ini. Tentunya sebelum melakukan aktivitas ini, pastikan menggunakan peralatan keselamatan yang aman.

3. Kamp

Kawasan wisata ini memiliki area berumput yang cukup luas. Umumnya, wilayahnya yang luas dimanfaatkan oleh wisatawan yang ingin berkemah. Lokasinya cukup dekat dengan air terjun sehingga Anda dapat mendengar deburan air dan suara alam lainnya saat berkemah.

4. Berfoto di tempat-tempat menarik

Kamu bisa memilih tempat apa yang menarik untuk mengejar Foto. Karena wisata alam, tentunya background foto tidak jauh dari pepohonan rindang, bebatuan dan Curug Ngebul.

Wisata ini menawarkan tempat untuk berfoto dalam bentuk hati. tempat ini dibuat mengarah langsung ke air terjun yang membuat foto terlihat Instagenik. Spot foto ini dekat dengan kawasan tersebut berkemah.

tempat foto lain yang tak kalah menunjukkan melihat hal yang baik adalah kolam renang. Wisatawan biasanya mengabadikan foto sambil berdiri di pinggir kolam dengan latar belakang keindahan air terjun ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Instalasi Air Terjun NgebulKredit Gambar: Ringkasan Google Maps 6626

Fasilitas merupakan salah satu hal penting yang diperhatikan wisatawan. Karena fasilitas menentukan kenyamanan perjalanan.

Akses jalan menuju Curug Ngebul masih belum memadai. Dimana untuk menuju lokasinya harus melewati jalan tanah melewati hutan. Oleh karena itu, sebaiknya berkunjung pada cuaca cerah, karena pada musim hujan akses jalan lebih sulit digunakan.

Namun, manajemen secara bertahap mulai memperbaiki fasilitas yang ada. Saat ini sudah tersedia kamar mandi atau toilet umum di lokasi yang dibangun di dekat air terjun. Fasilitas lainnya seperti tempat parkir yang luas, serta saung yang dibangun sebagai tempat istirahat para wisatawan.

Untuk makanan dan minuman, pengunjung sayangnya harus mengambil persediaan dari rumah. Destinasi alam ini belum membangun toko yang menawarkan makanan dan minuman kepada wisatawan.

Itulah hal menarik dari tempat wisata alam di Jawa Barat Curug Ngebul. Bagi anda yang menyukai tantangan dan petualangan, sangat cocok untuk berlibur di wisata yang indah ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button