10 pulau terindah di Sumatera Utara - WisataHits
wisatahits

10 pulau terindah di Sumatera Utara

10 pulau terindah di Sumatera Utara

Ini adalah destinasi pulau terindah yang direkomendasikan Sumatera Utara. Obyek wisata bahari eksotis dan populer yang layak Anda kunjungi untuk liburan berkesan.

Indonesia adalah negara yang dijuluki Kepulauan Seribu. Wajar saja karena hampir seluruh provinsi di Indonesia terbagi menjadi beberapa pulau dan pulau-pulau kecil yang mengelilinginya. Tak terkecuali provinsi Sumatera Utara yang sebenarnya memiliki banyak surga tersembunyi. Pulau-pulau di sekitarnya menyajikan pemandangan panorama yang menakjubkan. Berikut deretan destinasi pulau indah di Sumatera Utara yang memiliki pesona surga yang layak untuk dijelajahi.

1. Pulau Nias

Pulau NiasKredit Gambar: Google Maps Ferry Irak

Dalam beberapa tahun terakhir, pulau ini hancur total akibat dampak bencana tsunami yang melanda daerah sekitarnya. Namun, pulau indah Nias dengan cepat pulih dan mulai menampilkan kembali keindahan alamnya, serta wisata budayanya yang tak pernah lekang oleh waktu. Memiliki pantai yang sering digunakan untuk selancar, Nias sering dianggap sebagai salah satu tempat selancar terbaik di dunia.

Selain keindahan alamnya, Pulau Nias juga masih kental dengan budaya dan adat istiadatnya yang masih terjaga hingga saat ini. Salah satu yang paling terkenal adalah tradisi Hombo batu atau lompat batu di desa adat Bawomataluo yang menjadi daya tarik pulau ini. Tradisi ini dilakukan sebagai tanda bahwa laki-laki yang mampu melompati susunan batu menandakan bahwa ia telah dewasa untuk siap menikah.

Biaya kunjungan: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bawomataluo, Kec. Teluk Dalam, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

2. Pulau Samosir

Objek Wisata Pulau SamosirKredit gambar: Google Maps doniva pdd

Wisata Danau Toba merupakan salah satu destinasi wisata alam yang paling populer di Indonesia. Salah satu yang menarik dari Danau Toba, karena di tengahnya terdapat sebuah pulau indah yang wajib dikunjungi, yaitu Pulau Samosir. Banyak wisatawan yang akan menyempatkan waktu untuk mengunjungi pulau ini, dengan menggunakan kapal feri yang telah disewa di sekitar danau.

Tak hanya mengandalkan keindahan, di pulau ini juga terdapat warisan budaya yang juga harus dilestarikan, salah satunya Kampung Huta Siallagan. Desa adat ini menjadi titik tolak sejarah peradaban Samosir saat penegakan hukum pertama kali ditegakkan. Suasana desa ini begitu menyejukkan, ditambah dengan pesona pemandangan alam yang dapat menentramkan hati wisatawan.

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sijambur, Kec. Ronggur Nihuta, Kab. Samosir, Sumatera Utara.

3. Pulau Mursala

Pulau MursalaKredit gambar: Google Maps Dani Rahadian

Pulau Mursala merupakan salah satu pulau populer yang bisa Anda kunjungi saat berlibur di Sumatera Utara. Di sekitar pulau ini terdapat hamparan pantai pasir putih yang luas. Tak heran jika pulau yang dihuni 60 keluarga ini sangat terkenal dengan keindahan lautnya yang mampu memanjakan mata siapapun yang melihatnya.

Pulau ini juga dikelilingi tebing granit berwarna coklat kemerahan yang kontras dengan hijaunya pepohonan yang ditanam di sekitar pulau. Di tengah pulau Anda akan menemukan air terjun yang tidak kalah indahnya dan mengalir langsung ke laut dan juga keindahan pulau-pulau lainnya. Keindahan pulau ini mendorong sutradara King Kong untuk syuting di sini.

Biaya kunjungan: Dari Rp 170.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Tapian Nauli I, Kec. Tapian Nauli, Kab. Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

4. Pulau Idola

pulau berhalaKredit gambar: Google Maps Intan Sinuraya

Pulau Berhala masuk dalam daftar destinasi wisata di Sumatera Utara yang wajib dikunjungi. Keadaan pulau ini masih alami dan sangat asri, sehingga air laut di pulau ini begitu jernih kebiruan. Bentang alam sekitarnya berupa perbukitan berhiaskan pantai berbatu yang kerap menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke sini.

Pulau yang memiliki air laut yang begitu jernih ini sering dijadikan tempat snorkeling di pagi hari. Kondisi di pulau ini sungguh luar biasa, juga menyuguhkan pemandangan bawah laut yang tak kalah indah. Wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai jenis biota laut yang tumbuh subur di perairan Pulau Berhala. Di sini Anda juga bisa melihat kura-kura yang menggemaskan di penangkaran.

Biaya kunjungan: Dari Rp 70.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Tanjung Beringin, Kab. Serdang Bedagai, Sumatera Utara.

5. Pulau Tello

Pulau TelloKredit gambar: Google Maps, Bung MD

Selain Nias, Sumatera Utara juga memiliki surga selancar bagi para peselancar dunia, yakni Pulau Tello. Pulau ini masih bisa dibilang cukup asing bagi wisatawan lokal Indonesia. Namun pulau ini sudah banyak dikunjungi wisatawan mancanegara khususnya para peselancar yang ingin menantang liarnya ombak di pantai Pulau Tello.

Ombak indah yang datang ke pulau ini dikirim oleh Mentawai dan juga Nias yang berada tepat di sebelahnya. Pulau yang masih menjadi bagian dari gugusan Pulau Nias ini juga memiliki pantai yang sangat indah dengan perairan yang sangat jernih. Dari waktu ke waktu wisatawan akan dapat melihat ikan-ikan kecil berenang dengan indahnya di pesisir pulau Tello.

Biaya kunjungan: Dari Rp 190.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: kecamatan Pulau Batu, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

6. Pulau Sibaranun

Pulau SibaranunKredit Gambar: Google Maps Lie Ono Niha

Saat menginjakkan kaki di Pulau Sibaranun, Anda tidak akan pernah berhenti terkagum-kagum dengan keindahan lukisan alamnya. Menjadi salah satu surga tersembunyi di Sumatera Utara, pulau kecil ini sering dikunjungi wisatawan mancanegara asal Australia. Tujuan para turis mancanegara ini adalah untuk menikmati serunya surfing di Pulau Sibaranun dengan pemandangan yang sangat indah.

Biasanya wisatawan mancanegara ini banyak berkunjung pada pertengahan Maret hingga Oktober. Pada saat inilah ombak Sibaranun terbaik muncul, dan sangat cocok untuk berselancar. Wisatawan yang berkunjung ke sini pasti betah dan ingin berlama-lama menghabiskan liburan di Pulau Sibaranun yang sangat sepi dan damai.

Biaya kunjungan: -; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sibaranun, Kec. Pulau Batu, Kab. Nias Selatan, Sumatera Utara.

7. Pulau Pandang

Pantai Pulau Pandang BatubaraKredit gambar: Google Maps Iran Situmorang

Pulau Pandang adalah salah satu mutiara terindah di Selat Malaka. Meski kecil, pulau ini sebenarnya memiliki potensi keindahan wisata yang sangat besar. Pada kunjungan pertama ke sini Anda akan disambut oleh panorama bawah laut yang luar biasa indah. Ikan-ikan kecil berwarna-warni, serta terumbu karang dan biota laut lainnya akan menggoda siapa saja yang berkunjung.

Pulau ini juga cukup unik, di sisi timurnya wisatawan akan menjumpai pantai dengan hamparan pasir putih halus berhias bebatuan granit kemerahan. Sedangkan jika menghadap ke sisi utara, wisatawan akan disambut oleh ombak yang cukup besar yang menyapu pasir berbatu dengan bentuk yang cukup unik dan eksotik.

Di sebelah barat pulau, wisatawan akan menemukan pantai berpasir putih yang membentuk cekungan mirip teluk dengan latar bebatuan yang indah. Ombaknya juga relatif lebih tenang dibanding pantai di dua sisi lainnya. Daya tarik lain dari pulau cantik ini adalah adanya sebuah batu yang dikenal dengan sebutan “batu belah” yang dianggap sebagai benda berbau mistis.

Biaya kunjungan: Dari Rp 200.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Tiram Tanjung, Kab. Batubara, Sumatera Utara.

8. Pulau Hinako

Pulau HinakoKredit gambar: Google Maps Faith Halawa

Surga tersembunyi lainnya di Sumatera Utara adalah Pulau Hinako yang memiliki keindahan bawah laut layaknya kerajaan laut di negeri dongeng. Tempat ini memiliki kekuatan magis untuk snorkeling yang dapat menarik banyak wisatawan karena eksotismenya. Bahkan, banyak orang membandingkan keindahan alam bawah laut di sini dengan Raja Ampat.

Sama seperti pulau lainnya, pulau ini menyuguhkan pantai alami dengan ombak ganas yang seolah menantang wisatawan yang ingin berselancar. tanpa keraguan. Pulau ini juga kerap menjadi destinasi selancar kelas dunia. Anda tidak akan bosan dengan pilihan ombak di pantai yang itu-itu saja. Karena Pulau Hinako memiliki banyak pantai yang tak kalah indahnya yang bisa kamu coba untuk destinasi surfing.

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lahawa, Kec. Sirombu, Kab. Nias Barat, Sumatera Utara.

9. Salah Nama Pulau

Pulau nama burukKredit gambar: Google Maps Anggun Lestari

Di pulau ini banyak nelayan menangkap sotong dan cumi pada malam hari. Nah, sambil menyusuri pulau ini, Anda akan disuguhi pemandangan indah laut lepas yang dihiasi lampu warna-warni nelayan. Pemandangan seperti ini akan membuat suasana malam Anda di Sumatera Utara semakin syahdu dan kaki Anda seakan enggan melangkah.

Pemandangan di sekitar Pulau Salah Nama memang tak pernah berhenti memukau siapapun yang mengunjunginya. Tidak hanya keindahan lautnya, pulau ini juga memiliki bukit yang sering didaki oleh wisatawan yang ingin melihat keindahan pemandangan Pulau Salah Nama secara keseluruhan.

Pulau ini bahkan sudah ditata dengan sangat rapi. Di sepanjang jalan, Anda akan menemukan banyak jembatan batu berhiaskan pot keramik antik berisi bunga-bunga menawan. Pengelola setempat juga telah menyediakan cabana di sekitar pantai bagi pengunjung yang lelah setelah seharian bermain air atau menunggu matahari terbenam.

Biaya kunjungan: Dari Rp 40.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Desa Bogak, Kec. Tiram Tanjung, Kab. Batubara, Sumatera Utara.

10. Pulau Wunga

Pulau WungKredit gambar: Google Maps Ririn Ambar

Di hari yang cerah, Anda bisa menikmati pemandangan Pulau Wunga yang memiliki panorama sangat luar biasa. Pantai ini dibingkai oleh hamparan pasir putih lembut yang sesekali basah oleh ombak. Air di pantai ini sangat jernih, berwarna biru kehijauan dan terkadang terlihat mengkilat karena terpantul oleh panasnya matahari.

Pulau cantik yang termasuk dalam gugusan pulau Nias ini memang sangat sepi karena hanya dihuni oleh delapan kepala keluarga. Meski demikian, keindahan pemandangan pulau ini patut untuk terus dikembangkan dan dipertahankan agar semakin dikenal luas oleh wisatawan. Tak heran, pulau cantik ini juga masuk dalam daftar pulau dengan sejuta pesona di Nias, Sumatera Utara.

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Lauru I Afulu, Kec. Afulu, Kab. Nias Utara, Sumatera Utara.

Terletak di negara kepulauan, Indonesia memiliki banyak pulau kecil yang belum terjamah dan masih sepi manusia, seperti beberapa pulau terindah di Sumatera Utara. Terlepas dari segalanya, pemandangan yang disajikan sungguh luar biasa. Sehingga tidak jarang pulau-pulau kecil ini disebut sebagai kepingan kecil surga tersembunyi di wilayah Indonesia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button