Tradisi berakhir Wulan Kapitu, wisata Bromo akan ditutup sementara - WisataHits
Jawa Timur

Tradisi berakhir Wulan Kapitu, wisata Bromo akan ditutup sementara

Tradisi berakhir Wulan Kapitu, wisata Bromo akan ditutup sementara

WAKTU JATIM – Warga suku Tengger Bromo akan melakukan peringatan berakhirnya tradisi Wulan Kapitu. Oleh karena itu, demi kelancaran pelaksanaan tradisi ini, kawasan wisata Gunung Bromo ditutup sementara.

Penutupan kawasan wisata Gunung Bromo diumumkan melalui akun Twitter @tnbts_official. Berdasarkan informasi yang diunggah akun tersebut, awal Wulan Kapitu (Tradisi) jatuh pada Sabtu 21 Januari pukul 18.00 WIB hingga Senin 23 Januari pukul 00.00 WIB.

“Halo #sahabmentaritengger sekedar mengingatkan bahwa tanggal 22 Januari 2023 adalah hari terakhir Wulan Kapitu sobat masyarakat Tengger,” tulisnya.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peringatan tradisi Wulan Kapitu akan mengakhiri seluruh kegiatan wisata Bromo di awal tahun 2023.

“Tahun ini berbeda dengan bulan-bulan Kapitu sebelumnya karena wisata Gunung Bromo akan ditutup total dari semua kegiatan wisata agar pemujaan terhadap suku Tengger dapat berlangsung dengan khusyuk,” jelas akun @tnbts_official.

Warga suku Tengger Bromo berharap masyarakat selalu mematuhi aturan yang telah ditetapkan.

“Mari kita bersama-sama menghormati masyarakat Tengger untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Pencipta. Jadilah pengunjung yang bijak dan bertanggung jawab. Jangan lupa untuk membawa kembali sampah Anda setelah mengunjungi Bromo. Karena kelestarian Bromo adalah tanggung jawab kita bersama. Salam hormat, Lestari,” imbau akun resmi Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS).

Berikut aturan penyelesaian selama pelaksanaan tradisi Wulan Kapitu Tengger Bromo.

1. Situs akan ditutup pada hari Sabtu, 21 Januari 2023 mulai pukul 18:00 WIB.

2. Kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo diperbolehkan sampai dengan pukul 18:00 WIB (maksimal) pada hari Sabtu tanggal 21 Januari 2023.

3. Kunjungan wisatawan ke kawasan Gunung Bromo akan ditutup seluruhnya pada hari Minggu tanggal 22 Januari 2023.

4. Kunjungan akan dibuka kembali pada hari Senin tanggal 23 Januari 2023 pukul 00.00 WIB.

5. Pengunjung yang ingin masuk kawasan harus mendaftar secara online melalui link: bookingbromo.bromotenggersemeru.org

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button