10 Pulau Terindah Di Sumatera Barat - WisataHits
wisatahits

10 Pulau Terindah Di Sumatera Barat

10 Pulau Terindah Di Sumatera Barat

Berikut daftar destinasi wisata pulau terindah di Indonesia sumatera barat. Obyek wisata laut yang eksotis, populer, dan terpanas wajib Anda kunjungi untuk liburan yang menyenangkan.

Sumatera Barat yang kaya akan tradisi dan budaya ternyata memiliki pesona alam yang indah yang dapat menyegarkan mata dan memperkaya jiwa. Khusus untuk wisata lautnya, kerajaan Minang ini memiliki pulau-pulau di lepas pantai yang begitu menakjubkan. Berikut beberapa pulau indah yang melengkapi keindahan Sumatera Barat yang menjadi tujuan wisata populer.

1. Pulau Pasumpahan

Pulau PasumpahanKredit gambar: Google Maps Gito Pramagista

Pulau Pasumpahan terletak di perairan Teluk Kabung di Kota Padang. Oleh karena itu, Pulau Pasumpahan sangat dekat jika dikunjungi menggunakan speedboat dari Teluk Bungus yang dekat dengan Kota Padang. Klaim akan pesona bahari Pulau Pasumpahan membuatnya populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau ini memiliki daya tarik pantai dengan pasir putih yang lembut, dengan terumbu karang yang masih utuh. Selain itu, Pulau Pasumpahan juga sering dijadikan tempat berlindung para nelayan. Di sini Anda dapat dengan mudah melihat aktivitas para nelayan menangkap ikan dengan jaring atau menangkap ikan di laut.

Potensi wisata bawah lautnya juga tidak main-main, dijamin membuat siapapun yang melihatnya enggan untuk meninggalkan pulau ini. Saat snorkeling, Anda akan melihat terumbu karang yang indah dikelilingi oleh berbagai ikan karang. Ada juga berbagai jenis ikan hias yang bisa Anda lihat di bawah laut Pulau Pasumpahan.

Biaya kunjungan: Dari Rp 250.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Jl.Pisang River, Teluk Kabung Selatan, Kec. Bungus Teluk Kabung, kota Padang, Sumatera Barat.

2. Pulau Mandeh

Pulau MandehKredit gambar: Google Maps Safar Pasaribu

Pulau lepas di provinsi Sumatera Barat berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah Pulau Mandeh. Pulau ini dikenal sebagai Raja Ampat Sumatera Barat karena memiliki surga tersembunyi yang begitu indah dengan keindahan alam yang menakjubkan. Dijamin, pesonanya tidak bisa ditolak oleh siapapun yang melihat Pulau Mandeh ini.

Destinasi wisata unik ini terdapat di kawasan Pantai Selatan yang merupakan perpaduan perbukitan alami dengan teluk yang dihiasi gugusan pulau-pulau kecil di Teluk Carocok Tarusan. Puncak Mandeh sendiri berbatasan langsung dengan kota Padang yang berjarak sekitar 56 km. Di mana di zona selatan terdapat sebuah tanjung berkelok-kelok yang terlihat seperti danau.

Di Pulau Mandeh, ada banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan. Salah satunya snorkeling, karena kawasan ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya yang luar biasa. Pemandangan rumput laut, terumbu karang dan berbagai hewan laut akan memanjakan Anda saat snorkeling.

Biaya kunjungan: Dari Rp 300.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Mandeh, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Selatan, pantai barat Sumatera.

3. Pulau Cubadak

Pulau CubadakKredit gambar: Google Maps Muhamad Izzul Fiqh bin Muchtar Bashori

Kepopuleran Pulau Cubadak sudah sampai ke telinga wisatawan mancanegara. Apakah ada seorang turis Jerman yang terpikat oleh pulau Cubadak ini dan akhirnya membuat film dokumenter tentang semua keindahan pulau ini. Setelah film tersebut dirilis, semakin banyak media internasional yang berbondong-bondong ke Pulau Cubadak.

Pulau Cubadak sendiri terletak di kawasan Ampang Pulai, hanya 15 menit naik speedboat dari Pantai Carocok di Kota Painan. Meski termasuk pulau kecil, bukan berarti pulau ini tidak berpenghuni. Pulau Cubadak sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai, resort bintang 5 juga bisa kamu temui di sini.

Aktivitas favorit wisatawan saat berkunjung ke Pulau Cubadak adalah snorkeling untuk menikmati keindahan bawah laut. Karena pulau ini terletak di Samudera Hindia yang merupakan pemisah antara Kepulauan Mentawai dan pantai barat Sumatera. Oleh karena itu, Cubadak memiliki keanekaragaman hayati dan ekosistem yang sangat kaya.

Biaya kunjungan: Dari Rp 150.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Ampang Pulai, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Selatan, pantai barat Sumatera.

4. Pulau Angso Duo

Pulau Angso DuoKredit gambar: Google Maps Ahmadi Yusuf

Pulau Angso Duo merupakan salah satu pulau terindah di Sumatera Barat yang wajib Anda kunjungi. Pulau ini merupakan pulau kecil di kawasan Pariaman yang menyimpan sejuta pesona. Meski tidak luas, ada beberapa tempat menarik yang bisa Anda manfaatkan untuk bersantai.

Terdapat ayunan yang telah disediakan di sekitar pantai, anda dapat menikmatinya sambil merasakan hembusan angin kencang dan suara ombak yang menerjang ke arah pantai. Noda ini juga sangat estetis saat diabadikan dalam sebuah potret. Selain itu, terdapat juga beberapa gubuk yang tertata rapi di sekitar pantai, tempat menemukan berbagai kuliner.

Kesegaran kelapa muda dan seafood yang menggugah selera bisa Anda temukan di cottage ini. Lalu ada juga mie instan yang diolah ala Minangkabau yang wajib dicoba oleh wisatawan. Untuk menu olahan ikan bahkan bisa didapatkan dengan cara memancing yang kemudian akan dimasak oleh pemilik chalet.

Biaya kunjungan: Dari Rp 25.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasir, Kec. Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Sumatera Barat.

5. Pulau Pamutus

Alamat Pulau PamutusKredit gambar: Google Maps Mare Liberia

Pulau Pamutusan terletak di Bungus Teluk Kabung, sekitar 38 kilometer dari kota Padang. Anda membutuhkan sekitar 2 jam perjalanan untuk mencapai tempat ini. Meski perjalanan cukup panjang, namun semuanya akan terbayar saat Anda tiba di Pulau Pamutus yang mempesona ini.

Pemandangan bawah laut Pulau Pamutus cukup terkenal dimana-mana. Sambil snorkeling, Anda bisa melihat sendiri betapa indahnya biota laut dan terumbu karang di pulau ini. Selain biota dan terumbu karangnya yang indah, air lautnya juga begitu jernih dan segar sehingga Anda bisa betah bersnorkeling.

Biaya kunjungan: Dari Rp 235.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Sungai Pinang, Kec. Koto XI Tarusan, Kab. Selatan, pantai barat Sumatera.

6. Pulau Pagang

pulau kafirKredit gambar: Google Maps Reyner Gunawan

Secara geografis, Pulau Pagang berbatasan langsung dengan Provinsi Bengkulu. Meski begitu, secara administratif pulau ini merupakan bagian dari Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Dimana daya tarik pulau ini terletak pada panorama lautnya yang sangat indah dan mempesona.

Selain aktivitas pantai seperti berenang untuk merasakan segarnya air atau snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang menakjubkan, Anda juga bisa menikmati bukit kecil di Pulau Pagang ini. Dari atas bukit Anda bisa melihat kemegahan kota Padang dari jauh, Anda juga bisa melihat indahnya perahu nelayan yang berjejer di pinggir pantai.

Biaya kunjungan: Dari Rp 35.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Daerah. Selatan, pantai barat Sumatera.

7. Pulau Siberut

Pulau SiberutKredit gambar: Twitter Sherly Yumita S.Kom

Secara administratif, Pulau Siberut memang berada di wilayah Padang Pariaman, sebelah barat Sumatera. Namun jarak pulau ini cukup jauh dari pantai barat Sumatera, yakni sekitar 155 kilometer. Oleh karena itu, bagi Anda yang berjiwa petualang, sangat disarankan untuk mengunjungi pulau ini. Dimana berjam-jam perjalanan di Selat Mentawai menunggu untuk ditaklukkan.

Setelah sampai di Pulau Siberut, selain keindahan alam yang mengelilinginya dan wisata baharinya yang mempesona. Di sini Anda juga akan bertemu dengan suku Mentawai yang dikenal sebagai salah satu suku paling terasing di Tanah Air. Suku ini merupakan salah satu daya tarik Pulau Siberut. Bisa dikatakan pulau ini menjadi wahana bagi anda yang haus akan budaya.

Biaya kunjungan: Dari Rp 95.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Bojakan, Kec. Siberut Utara, Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

8. Pulau Pandan

Objek Wisata Pulau PandangKredit gambar: Google Maps Iran Situmorang

Pulau Pandan adalah salah satu pulau yang wajib dikunjungi ketika Anda berada di Sumatera Barat. Banyak sekali daya tarik yang ada di pulau ini, mulai dari hamparan pasir putihnya yang begitu halus, air lautnya yang sangat jernih, bahkan di kawasan ini anda bisa menemukan daerah penetasan telur penyu yang sangat menarik untuk disaksikan.

Selain melihat penetasan telur penyu, di Pulau Pandan ini Anda juga bisa menikmati atraksi ribuan lumba-lumba yang akan menyambut pengunjung. Dan jika beruntung, Anda juga bisa melihat paus yang sesekali muncul ke permukaan. Dengan berbagai pesona tersebut, objek wisata yang tergolong baru ini mampu menarik minat berbagai wisatawan.

Biaya kunjungan: Dari Rp 350.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat.

9. Pulau Sipora

Kredit gambar: Google Maps Anak Rantau 2020

Pulau Sipora sudah sangat populer di seluruh negeri dengan ombak selancar yang sulit. Maka tak heran jika banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke pulau ini hanya untuk menikmati aktivitas selancar. Tak hanya untuk berselancar, pulau yang dikelilingi hamparan laut biru ini juga layak dinikmati karena keindahan pantainya.

Hamparan pasir putih setipis wafer, pohon nyiur yang melambai tertiup angin pantai, dan wisata kuliner bibir pantai yang beragam dari laut menjadi daya tarik utamanya. Semua keindahan tersebut membuat pesona pantai Pulau Sipora sangat cocok menjadi destinasi wisata bahari yang wajib dikunjungi.

Biaya kunjungan: Dari Rp 95.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Mara, Kec. Sipora Selatan, Kab. Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat.

10. Pulau Sawo

Pulau SawoKredit gambar: Twitter Membanggakan

Terakhir ada destinasi wisata Pulau Sawo yang berada di kawasan Pasia Nan Tigo yang sangat digemari oleh masyarakat Sumatera Barat sendiri. Pulau ini dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat, meski fasilitasnya cukup memadai. Ada deretan gubuk di pinggir pantai yang menjual makanan. Beberapa gubuk ini juga bisa digunakan untuk istirahat.

Pulau yang memiliki luas sekitar 8 hektar ini memiliki pasir putih lembut yang indah untuk disentuh. Untuk pemandangan bawah lautnya sendiri juga sangat menawan dan oleh karena itu wajib dilihat, dimana masih begitu alami terumbu karang yang dikelilingi oleh ribuan ikan yang berenang disekitarnya.

Biaya kunjungan: Dari Rp 100.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, kota Padang, Sumatera Barat.

Konon wisata pulau ini paling banyak diminati penduduk, karena menawarkan tawaran wisata yang lengkap. Sumatera Barat sendiri memiliki gugusan pulau yang menyimpan sejuta pesona, baik dari sisi pantai maupun pemandangan bawah laut yang luar biasa dan layak untuk dilihat.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button