Mari berwisata sejarah dengan mengunjungi museum-museum di Jakarta, hemat tas dan kaya akan informasi - WisataHits
Yogyakarta

Mari berwisata sejarah dengan mengunjungi museum-museum di Jakarta, hemat tas dan kaya akan informasi

gen hypeTahukah Anda bahwa Indonesia merayakan Hari Museum Nasional setiap tanggal 12 Oktober? Perayaan untuk memperingati berdirinya museum di seluruh tanah air diadakan di Malang selama Refleksi Museum Indonesia 2015.

Sementara itu, 12 Oktober dipilih sebagai hari peringatan berdasarkan diadakannya refleksi museum Indonesia pertama di tanah air, pada 12 Oktober 1962, yang bertempat di wilayah Yogyakarta.

Baca juga: Mengapa Museum Kurang Menarik untuk Wisata Edukasi?

 


Memang, museum adalah tempat di mana berbagai jenis pengetahuan ditransmisikan di luar sekolah. Dinamika Hari Museum Nasional juga dapat dinikmati melalui kunjungan ke museum-museum di daerahnya masing-masing.

Sebagai gudang kenangan dan pengingat masa lalu, museum tidak hanya memuat informasi sejarah tetapi juga saksi hidup pembangunan bangsa melalui berbagai koleksi di dalamnya. Oleh karena itu dengan mengunjungi museum gen hype bisa belajar banyak.

Nah, sementara ini Hari Museum Nasional, kami merencanakan kunjungan akhir pekan gen hype ke berbagai museum di Jakarta yang pastinya seru karena selain belajar, kamu juga bisa jalan-jalan ria disana.

Baca juga: Seniman Yusuf Susilo Hartono Akan Gelar Pameran Tunggal di Museum Nasional


1. Museum Sejarah Jakarta

Ilustrasi Museum Sejarah Jakarta (Sumber gambar filckr)

Ilustrasi Museum Sejarah Jakarta (Sumber gambar filckr)

Terletak di Kota Tua Jakarta, Museum Sejarah Jakarta atau dikenal dengan Museum Fatahillah dulunya adalah Balai Kota Batavia, dibangun atas perintah Gubernur Jenderal Joan van Hoorn. Setelah kemerdekaan, tepatnya pada tanggal 30 Maret 1974, gedung ini diresmikan oleh Gubernur DKI, Ali Sadikin, sebagai museum yang menyimpan banyak koleksi sejarah.

Koleksi sejarah museum ini terdiri dari benda-benda asli hingga replika. Beberapa di antaranya adalah meriam perang, replika prasasti monumen, lempengan batu VOC, pot keramik Jepang abad ke-17, mural oleh Harijadi Sumodidjojo dan banyak karya seni lainnya di museum.

Museum Sejarah Jakarta buka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09.00 hingga 15.00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Genhype bisa datang ke museum ini di akhir pekan sambil menikmati suasana hangat.

 

2. Museum Taman Prasasti

Ilustrasi Museum Prasasti Taman (Sumber gambar Wikimedia.org)

Ilustrasi Museum Prasasti Taman (Sumber gambar Wikimedia.org)

Museum Taman Pasasti merupakan situs peninggalan kolonial Belanda yang memiliki koleksi batu nisan antik, mobil jenazah antik hingga miniatur makam khas 27 provinsi di Indonesia. Di atas lahan seluas 1,2 hektar, museum ini juga menyuguhkan banyak karya fenomenal masa lalu para seniman Indonesia.

FYI: Museum Prasasti Taman buka setiap hari Selasa hingga Minggu dari pukul 09:00 hingga 15:00 WIB dengan tiket masuk sebesar Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak atau pelajar. Lokasinya terletak di Jalan Tanah Abang No.1 di Jakarta Pusat.

Halaman berikutnya: Dari Museum Nasional ke Museum Boneka

Source: hypeabis.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button