10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi! - WisataHits
Yogyakarta

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!

siapa yang hobi berburu Makanan? Wah seru banget nih, kita bisa mencoba berbagai jenis makanan. Apalagi makanannya khas daerah seperti Yogyakarta.

Dikenal sebagai destinasi wisata, Yogyakarta juga menawarkan beragam pilihan kuliner unik lho! Lihatlah daftar di bawah ini.

1. Bubur Ketan Hitam Segar di Bubur Hayam Kotabaru

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Bubur Ketan Hitam di Bubur Hayam (instagram.com/buburhayam)

Jangan salah, ini bukan foto bubur ayam. Bubur di atas adalah bubur ketan hitam yang dipadukan dengan mangga manis dan ditaburi es krim. Bubur ini cocok dikonsumsi pada siang hari atau saat terik matahari. Pasti sangat segar!

Namun selain bubur ketan hitam, Bubur Hayam juga menjual bubur ayam lho. Tak kalah enaknya, bubur ayamnya juga banyak topping ayam dan telurnya. Bubur ham ini juga tersedia untuk dibawa pulang atau gojek. Wah bikin ngiler nih, penasaran kan? wisatawan?

lokasi: J L. Johar Nurhadi No. 5, Kotabaru, Gondokusuman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Durasi: 06.00-22.00 WIB

Harga: Rp10.000 – Rp20.000

2. Dino Balung di Mas Bayu Sop dan Sate Sapi

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Balung Dinosaurus di Pak Bayus Sop dan Sate Sapi. (instagram.com/sopdansatesapipakbayu)

Namanya sudah terdengar seram: dinosaurus Balung. Balung ini memang tulang sapi berukuran besar cocok untuk santapan keluarga. Tentu saja balung ini berbahan dasar sapi dan diolah menjadi sop dan sate. Selain itu, sayuran dan bumbunya juga segar.

Pilihan dagingnya juga beragam, seperti balung dinosaurus bakar, sop balung gajah, sate sultan, sate sugih, sakengkel dan iga bakar. Rasanya cukup renyah, manis dan gurih. Selain menunya, tempatnya juga cukup luas sehingga cocok untuk kumpul keluarga. Sangat cocok untuk sarapan atau makan siang dan dijamin bikin kamu kenyang!

lokasi: JL Yudistiro No.2, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, DIY.

Durasi: 09.00-21.00 WIB.

Harga: Rp10.000 – Rp96.000

3. Sate Klatak Pak Pong

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Sate Klatak Pak Pong (instagram.com/kulineryogya)

Kuliner khas Jogja yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi pecinta sate. Sate klatak pak pong tidak hanya memiliki rasa yang enak, tetapi juga cara penyajiannya yang berbeda dari sate biasanya.

Uniknya, Sate Klathak Pak Pong ditusuk dengan palang sepeda. Selain itu, satenya juga enak dan lembut dipadukan dengan kuah kari. Setelah Anda mampir, Anda akan ketagihan!

lokasi: J L. Sultan Agung No. 18, Pleret, Bantul, Yogyakarta

Durasi: 09.00-23.00 WIB

Harga: Rp20.000 – Rp30.000

4. Nanamia Pizzeria

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Ilustrasi Nanamia Pizza (Instagram.com/happilytweety)

Bagi Anda yang menyukai masakan Barat, cobalah pizza di Nanamia Pizzeria. Salah satu rahasia pizza yang lezat adalah dengan terus mengandalkan teknik tradisional Italia. Menunya juga bervariasi, ada pizza vegetarian dan pizza daging. Sehingga cocok untuk semua kalangan, termasuk yang sedang diet.

Selain itu, lokasinya juga sangat strategis yaitu di tengah pusat pendidikan dan tempat wisata. Tempatnya luas, outdoor dan estetis, jadi cocok juga untuk selfie. Penasaran kan?

lokasi: J L. Mozes Gatotkaca B 15-17 Gejayan, Yogyakarta

Durasi: 10.00-22.00 WIB

Harga: Rp20.000 – Rp70.000

5. Kopi Klotok

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Ilustrasi kopi Klotok (Instagram.com/ltjahaja)

Kopi Klotok adalah tempat yang sangat legendaris di Yogyakarta. Selain menjual kopi, tempat ini juga menawarkan masakan rumahan yang tak kalah enak. Menu yang paling terkenal adalah kopi Klotok, telur dadar dan pisang goreng.

Kopi Klotok sendiri cukup unik karena diseduh menggunakan oven arang, sehingga menghasilkan aroma kopi yang kuat dan rasa pahit saat diseduh. Selain itu, omeletnya sangat enak, hangat dan renyah. Tak kalah enak, pisang gorengnya juga sangat manis dan cocok untuk dinikmati sambil minum kopi.

lokasi: Jalan Kaliurang No. km16, Yogyakarta

Durasi: 07.00-21.30 WIB

Harga: Rp3.000 – Rp11.000

6. Sarangeui Oppa

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Ilustrasi menu Sarangeui Oppa (Instagram.com/sarangeui_oppa)

Selain menjual makanan tradisional, Jogja juga menawarkan pilihan makanan Korea. Salah satunya adalah Sarangeui Oppa. Cita rasa menunya juga sangat lekat dengan budaya Korea.

Menu yang disajikan sangat bervariasi, dari bibimbap, ramen, sushi, kimbab. Namun tempat ini sangat unik dan buka mulai pukul 12.00 WIB.

lokasi: J L. Gurameh I Perumnas No.1, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta.

Harga: Rp 25.000 – Rp 40.000.

7. Kepala Ramen

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Ilustrasi oleh Jogja Ramen (Instagram.com/ramenhead.co)

Ramen ini juga tidak kalah unik dari ramen lainnya. Selain Halal, menu yang disajikan juga bervariasi. Ada tiga menu dengan varian kuahnya, antara lain Niku yang dibuat dengan shoyu yang menciptakan rasa gurih, Niwatorinohoni, ciri khas Ramen Head, dan kari dengan tekstur kuah kental.

Selain itu, ada juga beberapa varian topping seperti ayam, katsu, ebi dan daging sapi. Tak kalah penting, tempat ini juga dihias dengan ornamen Jepang, sehingga Anda bisa merasakan suasana Jepang.

lokasi: J L. Pandega Karya #20, Gig, Caturtunggal, Depok, Sleman, DIY

jam beroperasi: 11.00-21.00 WIB

Harga: Rp25.000– Rp30.000

8. Kafe Okid

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Ilustrasi oleh Okid Cafe (Instagram.com/jogjabeanbag_store)

Okid Cafe juga bisa disebut sebagai harta karun tersembunyi di Jogja. Ini karena lokasi Okid Cafe. Sesuai namanya, Okid Cafe adalah singkatan dari Omah Kidul (Selatan) Keraton Yogyakarta.

Kafe ini merupakan rumah arsitektur Jawa yang didirikan pada tahun 1826. Dekorasi di dalamnya bernuansa Jawa yang kental, menambah kehangatan saat menyeruput kopi bersama keluarga atau teman. Menu yang ditawarkan juga beragam, mulai dari makanan berat hingga makanan ringan. Selain itu, rumah ini telah dihuni oleh 6 generasi. Wah, sudah lama sekali!

lokasi: Jalan Panembahan No. 11, Kota Yogyakarta, DIY

Durasi: 16.00-24.00 WIB

Harga: Rp10.000 – Rp30.000

9. Sate Ratu

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Sate Ratu (instagram.com/sateratu)

Sate Ratu di Jogja juga unik dan terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Berbagai pilihan menu disajikan, seperti Sate Ayam Merah yang menampilkan potongan besar ayam yang dilumuri bumbu lezat, Sate Anak, Sate Ayam Merah porsi kecil, Bungkus Basah yang terbuat dari ayam kukus dengan kuah kental, dan Tugel Cakar Pedas Satu.

Suasana tempat cukup tenang dari keramaian dan cocok untuk kumpul keluarga. Selain itu, ratu sate ini pernah meraih berbagai penghargaan internasional lho!

lokasi: JL Sidomukti, Tiyasan, Condongcatur, Depok, Sleman, DIY

Durasi: 11.00-21.00 WIB

Harga: Rp 5.000– Rp 25.000

10. Saoto Bathok Mbah Karto

10 Pilihan Kuliner Unik di Yogyakarta, Ada Permata Tersembunyi!Ilustrasi oleh Saoto Bathok (jalansitu.com/beyourselfwoman)

Saoto Bathok adalah sup yang disajikan dengan batok kelapa. Penyajiannya yang unik ini membuat cita rasa Soto Bathok sangat khas dan segar. Soto soto disajikan polos dengan nasi dan potongan daging sapi. Cita rasanya semakin unik jika ditambah dengan perasan jeruk nipis dan sambal.

Menu lainnya juga disajikan di atas piring tanah liat, menambah karakter Saoto Bathok Mbah Karto ini. Menu tambahannya antara lain sate puyuh, sate usus, pie dan tempe garit. Bersama-sama itu pasti membuat rasa yang sempurna. Meski tempatnya sangat jauh dari perkotaan, namun lokasinya sangat memanjakan mata karena hamparan persawahan.

lokasi: Sambisari, Purwomartani, Kalasan, Sleman, DIY

Durasi: 06.00-15.30 WIB

Harga: Rp5 ribu

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis adalah tanggung jawab penulis sepenuhnya.

Source: jogja.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button