10 pesantren tertua di Indonesia ini sudah ada sebelum zaman Belanda dan masih eksis sampai sekarang - WisataHits
Jawa Timur

10 pesantren tertua di Indonesia ini sudah ada sebelum zaman Belanda dan masih eksis sampai sekarang

AGTVnews.com – Pesantren sudah dikenal di Indonesia sejak zaman Wali Songo, sehingga tidak heran banyak sekali pondok pesantren tertua di Indonesia.

Namun apakah pesantren tertua di Indonesia ini masih eksis hingga saat ini?

Ternyata beberapa pondok dengan usia beberapa puluh tahun yang dianggap sebagai pondok pesantren tertua di Indonesia juga merupakan yang tertua di Asia.

Pesantren tertua di Indonesia ini masih beroperasi hingga saat ini, bahkan semakin populer dan berkembang di masyarakat.

Baca Juga: Wisata Gua Margo Tresno Nganjuk, Penuh Udara Mistis Tapi Pesonanya Luar Biasa

Berikut daftar 10 pesantren tertua di Indonesia yang masih eksis hingga saat ini.

1. Pesantren Assa’diyah

Gubuk di Pasuruan di provinsi Jawa Timur ini secara resmi didirikan oleh Al-Allamah Al-Haji Muhammad As’ad pada Mei 1930.

Bahkan pelajaran di gubuk ini sudah tercatat sejak tahun 1928.

2. Pesantren Girikusumo

Berdasarkan catatan yang tertempel di dinding masjid, pesantren ini sudah ada sejak 16 Robiul awal 1288 Hijriah atau sekitar tahun 1836 Masehi.

Didirikan oleh KH Hadi Siraj, pesantren ini lebih dikenal sebagai salah satu pusat kegiatan Tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah.

Baca Juga: Serasa Jalan-jalan di Area Perkebunan, Yuk Intip Asyiknya Nongkrong di Kafe Carik Cenik Malang yang Estetik Banget

3. Pesantren Syaichona Cholil

Berada di daerah Bangkalan, Madura, Jawa Timur, pesantren ini didirikan pada tahun 1861 oleh Kyai Haji Kholil Bangkalan.

4. Pondok Pesantren Langitan

Berdirinya pesantren ini jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu pada tahun 1852 di dusun Mannungan, desa Widang, kecamatan Widang, Tuban, Jawa Timur.

CH. Muhammad Nur mengajarkan ilmunya dan melatih keluarga serta tetangga dekatnya untuk melanjutkan perjuangan mengusir jajahan dari tanah Jawa.

Dalam kurun waktu satu setengah abad, pesantren yang dulunya berupa masjid kecil ini tumbuh menjadi pesantren yang bergengsi dan populer.

5. Pesantren Gading Malang

Didirikan oleh KH. Hasan Munadi pada tahun 1768, pondok ini lebih dikenal dengan sebutan Pondok Gading karena terletak di Desa Gading Kasri, Kecamatan Klojen, Kota Malang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button