Yuk cek Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong akhir pekan ini - WisataHits
Yogyakarta

Yuk cek Gunungkidul Tourism Fest di Watu Gendong akhir pekan ini

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL- Dalam rangka memperingati Hari Pariwisata Sedunia yang diperingati setiap tanggal 27 September, Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul menggelar Festival Wisata Gunungkidul di Destinasi Wisata Watu Gendong Beji Kapanewon Ngawen Gunungkidul pada Sabtu (24/9/2022).

Kegiatan ini berlangsung mulai pukul 15.00-22.00 WIB. Diawali acara pada pukul 15.00, ada bazar UMKM tradisional dan lomba foto, tari tradisional Reog, demo tie-dye oleh Dimas Diajeng Gunungkidul dari pembuat tie-dye kecil, demo pembuatan tie-dye, dan penampilan band lokal.

Kemudian pada malam harinya ada Pertunjukan Bohemian Band, Pertunjukan Cahaya, Pertunjukan Tari Api Tradisional, Pertunjukan Musik Rinding Gumbeng, Musik Dapur dengan Gaseng Oom Wawes dan Pendhosa band

DIDUKUNG:

YouGov: Tokopedia jadi brand yang paling direkomendasikan untuk orang Indonesia

Baca Juga: Sultan: Malioboro Mall dan Hotel Ibis Bisa Terintegrasi dengan JPG

M. Arif Aldian, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul, menyampaikan pilihan destinasi wisata Watu Gendong Beji Ngawen sebagai venue. acara Hal ini dimaksudkan untuk mendukung pengembangan minat wisata di masa mendatang.

“Ada pembalikan tren dalam pariwisata pariwisata massal tentang wisata khusus, termasuk Desa Wisata, dan upaya pemerintah untuk mendukung pelaksanaan CBT (Pariwisata Berbasis Masyarakat) menuju pariwisata berkelanjutan dengan memperkuat aspek pemberdayaan masyarakat, perlindungan lingkungan dan pelestarian budaya,” katanya dalam siaran pers, Jumat (16/9/2022).

Selain itu, mempromosikan destinasi wisata di sektor utara atau timur wilayah Gunungkidul sehingga dapat meningkatkan aspek ekonomi masyarakat sekitar dan memberikan wadah bagi desa-desa wisata untuk menunjukkan potensinya.

Baca Juga: Open Semarang Old Town Festival Ganjar: Beda Konsep, Tempat Keren

“Kami berharap pariwisata di Prefektur Gunungkidul dapat mengarah pada pariwisata kelas dunia. Saat ini Prefektur Gunungkidul sudah memiliki 38 desa wisata,” ujarnya.

Keistimewaan yang ada di setiap desa liburan menjadi daya tarik bagi wisatawan mancanegara dan terbukti setiap desa liburan memiliki keunggulan dengan berbagai prestasi yang diraih. Diantaranya UNWTO Best Village Tourism 2021 untuk Desa Wisata Nglanggeran, Indonesia Tourism Village Award (ADWI) Event Top 300 2022 untuk Desa Wisata Tepus, Desa Wisata Candirejo-Semin, Desa Wisata Kampung-Ngawen, Top 100 dalam Event ADWI 2022. Desa Wisata Tepus & Desa Kampung Wisata, Top 50 di Ajang ADWI 2022 untuk Desa Wisata Tepus.

Source: jogjapolitan.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button