10 makanan khas Demak yang direkomendasikan untuk dicoba - WisataHits
Jawa Timur

10 makanan khas Demak yang direkomendasikan untuk dicoba

KONTAN.CO.ID – Demak merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah. Ada banyak makanan khas Demak yang bisa dicoba saat berkunjung ke bekas pusat kekuasaan kerajaan Demak ini.

Masakan Demak juga sangat beragam, yang sangat dipengaruhi oleh geografi. Demak merupakan salah satu kabupaten di pesisir utara Jawa yang memiliki pengaruh makanan laut yang cukup besar terhadap makanan khas Demak.

Selain itu, lokasi ini juga dekat dengan kota Semarang dan merupakan peralihan ke kota-kota di Jawa Timur melalui jalur Pantura. Jika mampir ke sana, tak ada salahnya mencoba makanan khas Demak yang mungkin tidak ditemukan di daerah lain.

Lantas, apa saja makanan khas Demak?

Baca juga: Sejumlah Makanan Khas Brebes Paling Populer

10 makanan khas Demak

Berikut 10 makanan khas Demak yang dirangkum di laman Dinas Pariwisata Kabupaten Demak:

1. Caos Dahar (Roro Gending)

Makanan khas Demak yang sangat populer adalah Caos Dahar. Masakan Demak ini konon merupakan makanan favorit Sunan Kalijaga, salah satu dari sembilan Wali Songo yang menyebarkan agama Islam di pulau Jawa.

Makanan ini berasal dari Kecamatan Kadilangu, sehingga secara khusus dikenal sebagai makanan khas kecamatan.

Caos dahar (Roro Gending) adalah makanan yang terdiri dari nasi golong, urap (pace) daun mengkudu, trancam terong dan kacang panjang, daun kelor dan kedelai bubuk. Sedangkan lauk pauknya adalah Petek Gereh bakar, Pecel Lele dan Hahn Ingkung.

Baca Juga: Cari Makanan Lezat di Yogyakarta? Ini dia rekomendasinya!

2. Sego Doreng

Sego Doreng atau Nasi Doreng adalah salah satu dari beberapa masakan khas Demak yang telah diturunkan secara turun temurun sejak masa kejayaan kerajaan Demak.

Sepintas, Sego Doreng mirip dengan Pecel. Namun, ada perbedaan antara Sego Doreng dan Pecel. Sego Doreng terdiri dari nasi rebus kukus.

Di atas nasi ditumpuk sayuran yang terdiri dari pethet (petai isi Cina), floreturi, jenthut (jantung pisang), kecambah daun dan buah lamboro muda. Setelah itu, di atasnya diberi saus kacang, yang dimasak di atas api menggunakan oven berbahan bakar kayu.

3. asam jawa

Daging asem asem merupakan makanan khas Demak yang memiliki rasa asam. Bahan utama Asam Jawa adalah daging sapi, air asam jawa dan bumbu khas Indonesia. Ciri khas masakan ini adalah rasanya yang asam dan pedas.

Baca Juga: Coba Masakan Indonesia di Shopee Super Shopping Day

4. Kropohan

Makanan khas Demak selanjutnya adalah Kropohan. Dulu kropohan hanya dihidangkan pada saat masyarakat Demak sedang hajatan, namun sekarang kropohan banyak dijual sebagai jajanan sehari-hari.

Kropohan artinya campur dalam bahasa Jawa karena nasi ini sebenarnya dicampur dengan kuah daging kerbau dan bahan lainnya.

5. Nasi Brongkos

Makanan khas Demak selanjutnya yang patut dicoba adalah nasi brongkos. Dulu, nasi brongkos adalah hidangan yang hanya bisa dinikmati oleh Priyayi karena bahan utamanya adalah daging sapi, yang harganya cukup mahal.

Nasi brongkos merupakan makanan khas Demak yang biasa disantap di pagi hari dan merupakan perpaduan antara daging, kacang-kacangan dan kuah yang kental.

Baca Juga: Daftar Makanan Khas Boyolali yang Patut Dicoba

6. Kepala kucing

Kepala lele dikenal sebagai makanan khas Demak. Masakan Demak ini terdiri dari kepala ikan lele yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu pedas yang nikmat.

7. Bakso Balungan

Bakso Balungan juga merupakan salah satu makanan khas Demak. Bakso Balungan merupakan masakan Demak yang diolah karena menggunakan tulang dan daging kerbau yang banyak digunakan di daerah tersebut sebagai olahan kuliner, termasuk soto.

Bakso Balungan sering dijumpai di sekitar Alun-Alun Demak pada malam hari.

8. Sup Balungan

Tak hanya Bakso Balungan, makanan khas Demak juga memiliki kuliner bernama Sop Balungan. Berbeda dengan Bakso Balungan, mie dan bakso diganti dengan sayuran, kentang, wortel dan tomat, membuat rasa sop Balungan semakin nikmat.

Baca Juga: Nilai Gizi dan Manfaat Pete untuk Kesehatan Tubuh

9. Ndok-Botok Asin

Makanan populer berikutnya dari Demak adalah Botok Ndok Asin. Botok Ndok Asin adalah kreasi Botok yang diolah dengan campuran telur asin dan tahu, dibumbui bumbu pedas dan dibungkus daun pisang.

10. Sweke macet

Sweke Stuck juga merupakan salah satu makanan khas Demak. Sweke biasanya menggunakan olahan katak. Namun, karena Demak dianggap sebagai destinasi wisata halal, maka swke-nya juga terbuat dari unggas, yaitu unggas yang terjebak.

Nah, itulah beberapa masakan khas Demak yang bisa kamu cicipi saat berkunjung ke daerah ini. Masakan Demak juga dikenal ramah di kantong, jadi Anda tidak perlu khawatir memanjakan lidah tanpa khawatir mengosongkan dompet.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: regional.kontan.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button