Kemenparekraf bekerja sama dengan Danone mengembangkan 14 desa wisata di 7 provinsi - WisataHits
Jawa Tengah

Kemenparekraf bekerja sama dengan Danone mengembangkan 14 desa wisata di 7 provinsi

Kemenparekraf bekerja sama dengan Danone mengembangkan 14 desa wisata di 7 provinsi

Bisnis.comJAKARTA – Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) bersama Danone Indonesia mengumumkan kerja sama pengembangan 14 desa wisata di tujuh provinsi.

Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Uno menekankan bahwa industri pariwisata dan industri kreatif merupakan salah satu sektor yang paling terpukul akibat pandemi.

Oleh karena itu, untuk menggerakkan sektor pariwisata, seluruh komponen dalam ekosistem pariwisata dan ekonomi kreatif harus bersinergi menggunakan segala potensi dan peluang yang ada sejalan dengan strategi 3G yaitu Gerakan Cepat (Gercep), Gerakan Bersama (Donor). dan Gaspol ( Menggarap segala potensi dan kemungkinan yang ada).

Ia memaparkan tujuh provinsi, yakni Sumatera Utara (desa Lumban Bulbul, Toba), Jawa Barat (desa Pancawati, Bogor, desa adat Banceuy, desa Pesanggrahan, desa Cibeusi, Subang), Jawa Tengah (desa Blederan, desa Tanjunganom, Wonosobo).

Provinsi lainnya adalah Yogyakarta (Desa Karangasem, Kulon Progo), Jawa Timur (Desa Jatiarjo, Pasuruan), Bali (Desa Kintamani, Bangli, Desa Belok Sidan, Desa Bongkasa Pertiwi, Badung) dan Sulawesi Utara (Desa Lihunu, Tumaluntung). Desa). , Minahasa Utara).

“Ruang lingkup kerjasama ini meliputi pemanfaatan dan sharing data dan/atau informasi, pelaksanaan dukungan sarana dan prasarana, dukungan dan penguatan tata kelola, perlindungan lingkungan hidup dan/atau keanekaragaman hayati, pendidikan dan pengelolaan sampah serta kerja sama lainnya. kegiatan yang dapat mendukung tumbuhnya desa wisata,” ujarnya dalam siaran pers, Sabtu (28/1/2023).

Selain itu, ia meyakinkan bahwa pariwisata di Indonesia mulai menunjukkan tren yang positif. Berdasarkan data Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif, kontribusi sektor pariwisata terhadap produk domestik bruto (PDB) diperkirakan sebesar 4,3 persen pada tahun 2023.

Di sisi lain, Connie Ang, Chief Executive Officer Danone Indonesia, mengatakan perusahaan menerima kerja sama ini karena memiliki komitmen jangka panjang yang terangkum dalam One Planet One Health, dimana mereka percaya kesehatan manusia dan kesehatan dunia. lingkungan saling berhubungan.

“Setiap inisiatif dan inovasi yang kami lakukan selalu berlandaskan pada kesehatan manusia dan kelestarian lingkungan. Komitmen kami sangat nyata dalam mendukung pengembangan desa liburan,” kata Connie.

Dia melanjutkan: “Inisiatif ini bertujuan untuk membantu mengurangi sampah laut sekaligus menambah nilai sampah dari kawasan wisata.

“Kami percaya bahwa kerjasama yang berkesinambungan diperlukan untuk dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang dihadapi bangsa Indonesia. Dan kami percaya bahwa sektor swasta dapat memainkan peran lain sebagai motor penggerak dalam mencapai agenda pembangunan nasional secara keseluruhan,” pungkas Connie.

Untuk lebih banyak berita dan artikel, lihat Berita Google

Tonton video yang direkomendasikan di bawah ini:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button