10 foto Gua Hawang Kei, objek wisata fenomenal berupa kolam kaca transparan - WisataHits
wisatahits

10 foto Gua Hawang Kei, objek wisata fenomenal berupa kolam kaca transparan

10 foto Gua Hawang Kei, objek wisata fenomenal berupa kolam kaca transparan

Gua Hawang Kei – Bagi Anda yang berencana mengunjungi Pulau Maluku sebagai destinasi wisata, ada baiknya mampir ke Kepulauan Kei. Khususnya ke objek wisata Gua Hawang atau Gua Hawang yang terletak di sebelah tenggara Maluku.

Goa ini berisi genangan air payau dari mata air Evu yang kemudian mengalir ke laut Menariknya pengunjung yang datang ke lokasi juga diperbolehkan untuk mandi di sini.

Saat memasuki goa, wisatawan sudah bisa melihat air payau yang merupakan perpaduan antara air laut dan air tawar. Anda bisa melihat pemandangan air laut yang indah dengan gradasi warna tosca, biru tua dan biru muda. Selain itu, pengunjung juga bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang menghiasi seluruh goa.

Akses ke tempat wisata Gua Hawang

Obyek wisata ini sendiri terletak di Hoat Sorbay, Letvuan, Kei Kecil, Letvuan, Maluku Tenggara. Dan untuk menuju tempat wisata tersebut wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum dari pasar Langgur dengan biaya Rp 7.000 atau dapat menggunakan kendaraan pribadi dengan biaya masuk Rp 25.000 per mobil.

Keindahan Gua Huwang di Kepulauan Kei via PegipegiKeindahan Gua Huwang di Kepulauan Kei via Pegipegi

Keunikan dan Mitos Gua Hawang Kei

Ada kekhasan yang menarik di goa ini, yaitu adanya mitos kemudaan di balik keindahannya. Menurut warga sekitar, siapapun yang berenang di kolam bawah tanah ini akan awet muda dan lebih mudah mencari jodoh. Tentu ini hanya mitos belaka, namun anehnya justru menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Selain itu, kawasan wisata ini awalnya merupakan tempat semedi untuk mendapatkan keturunan. Jadi, selain untuk mempermudah mendapatkan jodoh, goa ini juga diharapkan bisa membantu mendapatkan keturunan lebih cepat.

Sedangkan keunikan yang sebenarnya adalah warna airnya yang mirip air laut namun rasanya tidak asin. Selain itu, di tempat ini juga terdapat tetesan air murni dari stalaktit yang menimbulkan suara ping-pung. Itu menciptakan perasaan berbeda ketika Anda berada di sana, seperti Anda berada di alam liar.

Tempat Relaksasi Gua Huwang melalui KanalinspirationTempat Relaksasi Gua Huwang melalui Kanalinspiration

Legenda Komunitas

Menurut cerita dari mulut ke mulut yang beredar hingga menjadi legenda, masyarakat setempat mengatakan bahwa di bawah batu atau stalagmit yang menonjol di tengah kolam di dalam gua terdapat seorang pemburu yang memegang tombak, sedangkan 2 batu yang lebih rendah dan lebih kecil di sebelahnya adalah 2 anjingnya. .

Menurut legenda, si pemburu ingin berburu babi hutan dengan 2 ekor anjingnya. Namun, babi hutan itu tiba-tiba menghilang saat memasuki gua.

Pemburu yang sangat kehausan bersama 2 ekor anjingnya meminum air dari gua ini yang ternyata pahit, dan rupanya membuat marah pemburu tersebut. Sedemikian rupa sehingga pemburu bersumpah keluar dari mulutnya.

Malang tak bisa dipungkiri, saat ini sang pemburu dan 2 ekor anjingnya dikutuk menjadi batu oleh arwah penjaga goa tersebut.

Anak-anak melompat ke kolam di Gua Hawang di Langgur, Maluku Tenggara.  Gua ini merupakan salah satu tempat wisata di Maluku Tenggara (KOMPAS.com RODERICK ADRIAN MOZES)Anak-anak melompat ke kolam di Gua Hawang di Langgur, Maluku Tenggara. Gua ini merupakan salah satu tempat wisata di Maluku Tenggara (KOMPAS.com RODERICK ADRIAN MOZES)

Suasana Gua Hawang Kei

Suasana goa ini cukup tenang dan nyaman, bahkan cenderung sunyi di hadapan keramaian. Tapi untungnya, setiap kali ada turis yang ke sana, anak-anak setempat sering menemani mereka berenang atau sekedar untuk wisata berpemandu.

Bagi anda yang ingin kesana juga harus sedikit berhati-hati, karena saat ingin memasuki bibir goa harus terlebih dahulu menuruni anak tangga yang cukup licin.

Saat berenang, Anda harus lebih berhati-hati. Karena meski memiliki kedalaman terdalam hingga 3,5 meter, kolam gua ini juga memiliki stalagmit besar di tengahnya. Dan mungkin di dasarnya juga terdapat stalagmit lain yang berukuran lebih kecil, tentunya akan sangat berbahaya jika Anda tidak sengaja menginjaknya dengan kaki.

Sangat jelas Anda bisa melihat dasarnya

Wisatawan berenang di Gua Hawang, Langgur, Maluku.  Gua ini merupakan salah satu tempat wisata di Maluku Tenggara (KOMPAS.com RODERICK ADRIAN MOZES)Wisatawan berenang di Gua Hawang, Langgur, Maluku. Gua ini merupakan salah satu tempat wisata di Maluku Tenggara (KOMPAS.com RODERICK ADRIAN MOZES)

Untuk mencapai lokasi goa ini, Anda harus berjalan kaki dari tempat parkir melalui jalanan yang tertata rapi menggunakan bebatuan, hanya dalam beberapa menit.

Setelah sampai di mulut goa, anda bisa melihat keindahan goa dengan stalagtit, stalagmit dan jernihnya air dari kolam alami yang ada di dalam goa.

Anda harus menuruni anak tangga untuk bisa menyentuh air jernih ini, tinggal beberapa langkah saja. Karena akses jalan menuju mulut goa sangat terjaga, siapapun bisa datang ke sini, baik anak-anak maupun orang tua sekalipun. Ada juga ruang ganti, ruang pembilasan dan toilet yang letaknya dekat dengan area parkir kendaraan, kondisinya agak kurang terawat.

Kunjungi juga: Danau Sentani

Penampakan mulut gua

Penampakan mulut gua via KeicarescomPenampakan Mulut Gua via Keicares.com

Seperti yang telah dijelaskan di atas, goa ini memiliki sejarah mistis yang begitu lekat, diturunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini, yang masih bertahan, namun tidak ada pantangan bagi wisatawan atau siapapun yang ingin berenang di kolam alami goa ini. .

Namun tentunya anda harus berhati-hati saat menyusuri jalan menuju kolam alami goa ini, dan saat berenang jangan sampai menabrak bebatuan kolam ini.

Beberapa bagian kolam memiliki kedalaman hingga 3 meter lho, jadi bagi Anda yang tidak bisa berenang perlu waspada, dan akan lebih aman untuk tidak berenang di tempat yang jauh.

Bagi yang tidak bisa berenang, sebaiknya cukup bermain air dengan mencelupkan kaki ke dalam air untuk melepaskan rasa penasaran. Jika Anda tetap ingin bermain air, bawalah jaket pelampung atau ban karet sendiri, karena tidak ada penyewaan jaket pelampung dan ban karet di sini.

Mengerikan, tapi menggoda untuk berenang

©flickr.comEddie Likumahua©flickr.comEddie Likumahua

Seperti yang admin sebutkan di atas, gua ini memiliki sejarah misteriusnya sendiri, tetapi berenang sama sekali tidak dilarang, jadi rasanya enak jika Anda terjun ke kolam yang begitu indah, dan tidak bisa dijelaskan dengan kata-kata. .

Namun tentunya Anda tetap harus menjaga keamanan agar bisa sampai di rumah dengan selamat dan tidak ada yang kurang.

Saat Anda berenang nanti, Anda tidak perlu berenang ke terowongan, karena terowongan sangat gelap, jadi Anda takut menabrak sesuatu.

Bagi Anda yang ingin melompat dari tebing, kolam ini juga cukup aman. Jika Anda berenang berkelompok dengan anak-anak tetangga, Anda akan melihat mereka yang tahu kolam ini melompat bebas.

Mereka sudah tahu di mana ada bebatuan, di mana airnya dalam, sehingga aman untuk melompat dari tebing.

Jika Anda adalah anak-anak lokal yang berenang, Anda dapat melompat dari tebing bersama mereka, atau Anda dapat bertanya kepada pengelola di mana tempat yang aman untuk melompat dari tebing, atau Anda dapat mengamati satu sama lain dengan cermat.

Kunjungi juga: 38 tempat wisata di Papua

Stalagmit yang menonjol adalah batu pemburu

Stalagmit yang menonjol adalah batu pemburu via keicarescomStalagmit yang menonjol adalah batu pemburu via keicares.com

Meski menurut legenda, stalagmit yang menonjol merupakan perwujudan dari batu-batu pemburu dan kedua anjingnya, namun tidak ada larangan untuk memegang batu-batu tersebut.

Namun tentu saja, Anda dilarang mengucapkan kata-kata kasar atau makian di pintu masuk gua, bahkan di manapun. Biasanya batu ini digunakan sebagai tempat istirahat sejenak sambil berenang.

Kolam alami di Goa Hawang yang indah dan jernih mempesona

Kolam alami di Gua Hawang yang indah dan jernih mempesona via YoutubeKolam alami di gua Hawang yang indah dan jernih mempesona via Youtube

Gua ini ditemukan sangat lama sekali, waktu pastinya tidak diketahui, namun baru dibuka sebagai objek wisata pada tahun 2014.

Menurut masyarakat setempat yang menemukan gua ini, mereka adalah sesepuh Kepulauan Kei sejak lama.

Awalnya goa ini jarang dikunjungi karena takut akan cerita mistis dan keindahan goa tersebut, namun seiring berjalannya waktu dan juga wisatawan yang berdatangan dari berbagai penjuru Indonesia, keindahan tersebut berubah menjadi kekaguman akan keindahan kolam renang alam yang indah ini.

Goa ini kini lebih dikenal sebagai tempat wisata ketimbang tempat mistis, ditambah air di kolam yang sangat jernih, biru, sejuk dan dingin membuat siapapun penasaran ingin mandi dan terjun ke dalamnya.

Tidak jarang wisatawan dari kota yang jauh datang ke sini karena penasaran ingin merasakan sensasi berenang dan menyelam secara langsung.

Nikmati masa menginap Anda di Coaster Cottage

©coastercottages.wordpress.com©coastercottages.wordpress.com

Bagi Anda yang datang dari jauh, sebaiknya bermalam di penginapan di sekitar goa ini. Anda bisa bermalam di penginapan dekat Pantai Pasir Panjang, Tual, Pulau Kei.

Coaster Cottage bisa menjadi salah satu pilihan terbaik untuk menginap, kamar tamu Bangunan ini sendiri merupakan bangunan tradisional yang menghadap pantai dan menawarkan kamar yang bersih dan nyaman.

Kami merekomendasikan menggunakan layanan ini Biro perjalanan percaya diri sebelum datang kesini, agar liburan anda bisa terencana dengan lebih baik.

Cottage juga siap melayani sebagai antar jemput ke bandara, sehingga anda tidak perlu pusing mencari transportasi menuju lokasi hostel ini/

Daya tarik utama hostel ini adalah setelah menikmati pesona Gua Huwang, Anda juga bisa menikmati pesonanya matahari terbenam Dan Matahari terbit dari Pantai Tanjung dan istirahat di hostel sebelum menjelajahi Gua Hawang yang lebih seru lagi.

* * * * * *

Demikian ulasan tentang Objek Wisata Gua Hawang Kei yang dapat kami sajikan untuk anda. Semoga bisa menjadi referensi liburan alam yang menyenangkan untuk Anda di musim liburan mendatang.

Agar objek wisata di Maluku Tenggara ini semakin terkenal, jangan lupa untuk membagikan artikel ini di akun media sosial Anda.

Kunjungi juga: 9 ‘Surga’ Pariwisata Indonesia Mirip Maladewa

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button