10 Destinasi Wisata Alam di Jawa Timur yang Terkenal dan Terkenal di Dunia - WisataHits
Jawa Timur

10 Destinasi Wisata Alam di Jawa Timur yang Terkenal dan Terkenal di Dunia

Probolinggo.jawatimurnetwork.com – Jawa Timur, sebuah provinsi di sisi timur pulau Jawa, ibu kotanya. Luas wilayahnya sekitar 479.202 kilometer persegi. Provinsi ini memiliki banyak destinasi wisata yang keindahan alamnya mempesona.

Jika Anda bepergian ke Jawa Timur, jangan lupa untuk melihat berbagai wisata di provinsi ini. Lalu apa saja destinasi wisata di Jawa Timur? Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di dua wilayah yaitu Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Oleh karena itu, pintu masuk ke destinasi air terjun ini bisa melalui Kabupaten Malang atau Lumajang. Air terjun setinggi kurang lebih 120 meter ini terletak di lembah yang curam.

Airnya memanjang hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut dan berasal dari Sungai Glidih yang sumbernya di Gunung Semeru. Keindahan Air Terjun Tumpak Sewu memang tidak perlu diragukan lagi. Bahkan ada yang mengatakan Niagara adalah Indonesia.

Karena bentuk air terjunnya yang lebar dan melingkar. Jika ingin ke sana harus berhati-hati, karena jalan menuju air terjun ini cukup ekstrim. Menuruni anak tangga yang terbuat dari kombinasi bambu, kayu dan besi, dan lebarnya seperti jalan setapak.

Di tempat wisata di Jawa Timur ini, tiket masuknya cukup murah dan sama untuk anak-anak dan dewasa.

2. Taman Nasional Baluran

Taman Nasional Baluran adalah taman nasional pertama di Indonesia, diresmikan dan didirikan pada tahun 1980. Destinasi wisata alam ini dijuluki Africa Van Java karena tempat wisatanya terbuka. Luas, mirip dengan yang ada di Afrika.

Disebut Baluran karena letaknya tidak jauh dari Gunung Baluran. Tempat dengan berbagai hewan dan tumbuhan yang berbeda ini terletak di antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo. Luasnya sekitar 25 ribu hektar.

Source: probolinggo.jatimnetwork.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button