Yogya dibanjiri 4 juta wisatawan, bersiaplah berwisata ke Malioboro - WisataHits
Yogyakarta

Yogya dibanjiri 4 juta wisatawan, bersiaplah berwisata ke Malioboro

Yogyakarta, Gatra. com – Kapolres Yogyakarta Kombes Idham Mahdi mengatakan pada malam tahun baru Jalan Malioboro tidak akan ditutup dan akan dibuka untuk lalu lintas kendaraan. Daerah Istimewa Yogyakarta diperkirakan akan dipadati 4 juta wisatawan dan 1 juta kendaraan saat liburan tahun baru.

“Berdasarkan rapat koordinasi dengan berbagai pihak, diputuskan tidak boleh ada acara di sepanjang Jalan Malioboro pada malam pergantian tahun. Kami tidak menutup agar masyarakat bebas beraktivitas,” jelasnya dalam jumpa pers akhir tahun, Selasa (27/12).

Sejauh ini, tidak ada aturan waktu kendaraan di Malioboro dari pukul 18.00 hingga 21.00 WIB. Idham menjelaskan, aturan belum final untuk musim liburan ini, sehingga keputusan sementara adalah semua kendaraan bebas masuk Malioboro.

Untuk menghindari kemacetan di Malioboro, Idham mengatakan pihaknya akan memutar kendaraan. “Kemungkinan nanti kendaraan masuk dari arah Tugu Pal Putih, kita pandu di sekitar Stadion Kridosono,” ujarnya.

Polisi juga akan menerjunkan 352 pegawai selama libur Natal dan Tahun Baru. Khusus pada malam pergantian tahun, sebanyak 495 personel yang didukung aparat dan anggota ormas sebanyak 1.110 personel bersiaga di kawasan Malioboro.

Polda DIY juga telah menyiapkan empat posko pengamanan bagi wisatawan, yakni di Tugu Pal Putih, di bawah Jembatan Kewek dan di titik nol Malioboro, serta di Kebun Binatang Gembira Loka.

Kepala Dinas Perhubungan Yogyakarta Ni Made Dwipanti Indrayanti mengatakan pihaknya memperkirakan empat juta wisatawan dan satu juta kendaraan akan mengunjungi Yogyakarta selama musim liburan ini. “Sementara diproyeksikan hingga 7 juta orang akan terlibat dalam mobilitas DIY. Terdiri dari 3,7 juta penduduk dan 4 juta turis,” jelasnya.

Pihaknya mengandalkan hal itu sebagai upaya pengawasan dan penertiban volume kendaraan selama hari raya Nataru daerah sistem kontrol lalu lintas (ATCS) dipasang di 66 titik yang meliputi 25 titik di Kota Yogyakarta, 7 titik di Sleman, dan 3 titik di Gunungkidul.

Kombes Yuliyanto, Direktur Humas Polda DIY, mengatakan sejak 23 hingga 25 Desember tercatat 42.336 sepeda motor dan 17.024 mobil terdaftar sebagai DIY. Pada periode yang sama, sebanyak 25.413 kendaraan roda dua dan 12.357 kendaraan roda empat meninggalkan DIY.

“Saat liburan akhir pekan lalu, jumlah wisatawan yang datang mencapai 33.330 orang. Data ini berasal dari beberapa objek wisata seperti kebun binatang, candi, dan pantai,” kata Yuliyanto.

11

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button