Ledok Sambi, destinasi liburan keluarga dengan alam di Sleman - WisataHits
wisatahits

Ledok Sambi, destinasi liburan keluarga dengan alam di Sleman

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 09.00-16.30 WIB, Alamat: Jl. Kaliurang No.2, Pakembinangun, Kec. Pachem, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Ledok Sambi merupakan tempat wisata yang memiliki alam pedesaan yang sangat unik. Tempat wisata ini juga dekat dengan Gunung Merapi. Selama berwisata ke tempat ini, semua pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang indah dan mempesona. Dengan demikian, Anda akan merasa betah untuk menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

Tentunya tempat wisata alam ini sangat cocok bagi Anda yang sering menghabiskan aktivitas sehari-hari dengan hiruk pikuk kota. Akan lebih menyenangkan lagi jika Anda mengajak keluarga dan teman-teman Anda untuk berlibur bersama. Keindahan alam yang dihadirkan oleh wisata tersebut mendorong pemerintah untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Sleman.

Oleh karena itu, tentu sangat disayangkan jika Anda tidak pernah merasakan sensasi berwisata ke sana. Ciptakan pengalaman indah dan tak terlupakan dengan mengunjungi wisata alam ini. Untuk menjawab semua rasa penasaran Anda tentang destinasi wisata ini, berikut beberapa hal terkait Ledok Sambi.

Atraksi Wisata Ledok Sambi

Daya tarik Ledok SambiKredit Gambar: Instagram Meita Purnamasari

1. Panorama desa

Pemandangan desa yang penuh dengan keindahan alamnya yang asri, sejuk dan nyaman menjadi salah satu keunikan yang mampu menarik banyak wisatawan untuk datang ke Ledok Sambi. Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan desa dengan jalan-jalan keliling desa atau melakukan tracking yang akan dipandu oleh pemandu wisata.

Tujuannya agar kamu tidak tersesat dan benar-benar mendapatkan panorama yang kamu inginkan. Pelacakan rute juga dapat dilakukan dengan menyesuaikan tuntutan wisatawan itu sendiri. Tentu rasa penat akan hilang saat tracking karena sudah terhipnotis dengan panorama desa.

2. Bertani

Di desa wisata Sambi terdapat hamparan lahan pertanian yang sangat luas. Menariknya, wisatawan bisa langsung terlibat dalam berbagai kegiatan, seperti belajar menanam jamur, membajak sawah, menanam padi dan masih banyak lagi. Nantinya, masyarakat setempat akan mengajari Anda tentang bertani dengan sepenuh hati.

3. Peternakan

Objek wisata yang dimiliki oleh Ledok SambiKredit gambar: Google Maps Achmad Syaiful

Peternakan Wisata Alam Ledok Sambi merupakan peternakan sapi perah. Semua wisatawan dapat berlatih dan belajar cara memerah susu sapi dengan cara tradisional. Selain itu, wisatawan juga dapat belajar tentang cara beternak sapi perah yang benar.

4. Budidaya

Masyarakat setempat selalu menjaga nilai-nilai adat atau budaya yang telah dilakukan selama puluhan bahkan ribuan tahun. Budaya penduduk desa wisata Ledok Sambi cukup beragam. Budaya tersebut antara lain ruwahan, sadranan, pesta, dll.

Salah satu budaya yang bisa diikuti oleh wisatawan yang datang ke desa ini adalah Sadranan. Sadranan sendiri biasanya akan berlangsung setiap 21 Syaban. Rumah Joglo. Hal ini dapat dijadikan sebagai kesempatan emas bagi Anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang budaya di Indonesia khususnya yang berasal dari Yogyakarta.

Ada rumah joglo yang sudah cukup tua karena sudah ada sejak tahun 1952. Menariknya, rumah joglo ini masih sangat asli karena belum pernah direnovasi atau direnovasi sama sekali. Meski begitu, kekokohan konstruksi rumah joglo ini masih cukup baik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Ledok SambiKredit gambar: Google Maps Dwimart-Ono

Alamat lengkap Ledok Sambi terletak di Jalan Kaliurang Km 19.2, Dusun Sambi, Desa Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Provinsi Jawa Tengah. Karena lokasi desa ini tidak sulit ditemukan, maka tidak heran jika jalannya tidak banyak menemui kendala.

Jika Anda berangkat dari Universitas Gajah Mada (UGM), maka Anda bisa lurus ke utara melewati Jl Kaliurang hingga 19,2 km. Bagi Anda yang bepergian dengan kendaraan umum, Anda dapat mengambil jalur angkutan Sambi dari bundaran Universitas Gajah Mada (UGM).

Anda bisa naik angkutan umum menuju Yogyakarta – Kaliurang. Jika Anda masih belum sampai di sana, Anda bisa bertanya kepada orang-orang di sekitar Anda. Tentunya masyarakat sekitar akan dengan senang hati mengarahkan Anda ke arah yang benar untuk wisata Ledok Sambi. Apalagi, akan lebih baik lagi jika Anda membuka peta navigasi di smartphone Anda sebagai panduan perjalanan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Ledok SambiKredit Gambar: Pencarian Instagramta

Untuk bisa masuk ke destinasi wisata alam ini, setiap wisatawan tidak akan dikenakan tiket masuk atau harga permainan yaitu gratis. Namun, pengelola wisata juga memberikan kesempatan kepada wisatawan yang berniat membalas dendam dengan tulus. Apalagi wisatawan bisa menikmati keindahan suasana tempat tersebut tanpa biaya tambahan.

Bahkan, tiket tersebut kemudian bisa digunakan untuk meminjam jaket pelampung untuk anak kecil. Tentunya sangat cocok bagi Anda yang ingin berhemat saat bepergian. Namun, ada kegiatan tertentu yang nantinya akan memberikan tarif biaya.

Kunjungan ini terbuka untuk umum setiap hari, mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Jika ingin memanfaatkan tempat wisata ini secara maksimal, Anda bisa datang saat weekday. Pasalnya, saat musim liburan dan akhir pekan, Ledok Sambi akan ramai dikunjungi wisatawan dari dalam dan luar negeri.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Ledok Sambi

Kegiatan menarik Ledok SambiKredit gambar: Instagram Ledok Sambi Ecoplayground

1. Perkemahan

Wisata ini menawarkan berbagai pilihan aktivitas menarik untuk menikmati panorama secara utuh. Nah, salah satu kegiatan menarik yang bisa kamu lakukan adalah camping. Anda tidak perlu repot membawa perlengkapan camping dari rumah. Pasalnya, semua perlengkapan camping yang lengkap sudah tersedia di desa ini.

Jika Anda kurang nyaman dengan berkemah, Anda selalu bisa bermalam di desa ini dengan memilih homestay atau hostel. Akomodasi yang tersedia berupa villa dan bed and breakfast sangat cocok bagi mereka yang mencari privasi. Jika ingin lebih dekat dengan masyarakat sekitar, bisa langsung mencoba homestay.

2. Meninggalkan

Tanah Ledok Sambi yang cukup luas cocok untuk arena outbound. Kadang-kadang, beberapa fasilitas permainan sengaja dibangun. Untuk pemasangannya sendiri, kebanyakan juga memanfaatkan kondisi alam desa. Misalnya, persawahan, perkebunan sungai dan kolam ikan bisa dijadikan tempat bermain yang menyenangkan dan menarik.

3. Saksikan seni pertunjukan

Desa ini memiliki berbagai kesenian rakyat yang sangat menarik. Masyarakat setempat juga masih mempertahankan berbagai kesenian warisan nenek moyang mereka. Kesenian yang ada di sana antara lain uyon-uyon, karawitan jawa, wayang kulit dan masih banyak lagi.

Selain menyaksikan pertunjukan seni, wisatawan juga berkesempatan untuk belajar seni. Pelatihan seni akan berlangsung dalam beberapa kelompok. Kesempatan ini juga bisa dijadikan kesempatan untuk menggali potensi diri di bidang seni.

4. Rubah Terbang

Permainan flying fox merupakan aktivitas menarik yang wajib dicoba bagi wisatawan yang suka menantang adrenalin. Permainan flying fox yang terdapat di lokasi wisata Ledok Sambi sendiri memiliki lintasan hingga panjang 280 meter. Dengan jalur yang panjang ini akan lebih sulit karena Anda juga akan melintasi Kali Kuning.

Tentu saja, Anda bisa merasakan sensasi meluncur yang luar biasa hanya dengan menggunakan tali saat menyeberangi sungai yang sangat jernih. Anda tidak perlu khawatir karena game ini dilengkapi dengan peralatan keselamatan dan perlindungan diri yang baik.

5. Kayak

Kegiatan menarik di Ledok SambiKredit Gambar: Instagram Ismail

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dipraktikkan di sana adalah kayak. Ada juga beberapa kolam renang yang dijadikan sebagai tempat bermain yang seru. Satu hal yang bisa dicoba wisatawan adalah kayak. Anda akan diajak bersaing cepat dalam kayak dan bersaing dengan wisatawan lain.

6. River Tubing dan Paintball

Jika Anda menginginkan aktivitas yang lebih menantang, pastikan untuk bermain river tubing. Wisatawan yang memainkan permainan ini akan diberikan perlengkapan keselamatan berupa jaket pelampung, pelampung dan helm. Anda akan meluncur mengikuti arus sungai yang cukup deras.

Oleh karena itu, Anda harus selalu berhati-hati karena ada batu besar yang akan menghalangi Anda. Game menantang yang bisa dicoba bersama adalah paintball. Di wilayah yang luas, wisatawan memiliki kesempatan untuk merasakan sensasi perang. Namun senjata yang digunakan adalah paintball yang tentunya tidak berbahaya.

7. Ambil foto Ria

Untuk membuat oleh-oleh selama liburan di Ledok Sambi, berfotolah. Latar belakang alami yang selalu indah dapat membuat bidikan Anda menjadi lebih baik. Oleh karena itu, ketika Anda pergi berlibur ke sini, jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone dengan kamera yang jernih.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Ledok Sambi FasilitasKredit Gambar: Google Maps Eres Ga

Fasilitas Ledok Sambi sangat lengkap dan memadai untuk menjamin segala kenyamanan dan keamanan semua wisatawan. Jika anda membawa kendaraan seperti mobil atau motor saat datang kesana, tersedia tempat parkir yang cukup luas. Keamanan parkir juga terjamin karena dijaga oleh petugas parkir yang terpercaya.

Fasilitas seperti kamar mandi juga tidak akan luput dari pandangan Anda. Tentunya fasilitas tersebut merupakan hal yang paling penting untuk sebuah destinasi wisata. Kondisi kamar mandi juga sangat bersih dan rapi. Pasalnya, pengelola wisata yang ada selalu memperhatikan dan menjaga fasilitas kebersihan dengan maksimal.

Bagi wisatawan yang lelah setelah melakukan berbagai macam aktivitas yang berat, ada beberapa tempat untuk beristirahat untuk beristirahat. Destinasi wisata ini telah menyediakan fasilitas istirahat seperti gazebo, tempat duduk dan pendopo. Dengan demikian, Anda bisa beristirahat dengan nyaman sambil menikmati keindahan alam yang ada di sana.

Itu tentang berbagai hal yang berkaitan dengan Ledok Sambi di Yogyakarta. Isi waktu liburan Anda dengan berbagai hal seru di tempat wisata ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button