XL Axiata perkuat jaringan 4G di sepanjang jalur Pansela Jabar - WisataHits
Jawa Barat

XL Axiata perkuat jaringan 4G di sepanjang jalur Pansela Jabar

JAKARTA (ANTARA) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) memperkuat jaringan telekomunikasi dan data 4G di sepanjang jalur Pantai Selatan (Pansela) Jawa Barat yang melintasi enam kabupaten untuk mendukung pembangunan ekonomi daerah.

Komitmen ini sejalan dengan peningkatan kualitas infrastruktur jalan tol Pansela sepanjang lebih dari 410 km, yang kemudian mendongkrak perekonomian daerah, khususnya sektor pariwisata. Saat ini, jaringan 4G XL Axiata sedang digenjot lebih dari 3.600 di sepanjang jalur ini Stasiun Pemancar Dasar (BTS).

“Jalur Pansela di Jawa Barat semakin ramai dan mendongkrak perekonomian masyarakat di enam kecamatan yang dilaluinya,” kata Arif Farhan Budiyanto, Plt Ketua Kelompok XL Axiata Wilayah Tengah, dalam keterangannya di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Matikan Jaringan 3G, Penyedia Ponsel Berikan Ponsel Kepada Konsumen

Adanya jalur transportasi yang lebih baik juga mendorong munculnya banyak destinasi wisata. Permintaan akan layanan telekomunikasi dan data yang baik terus tumbuh, dengan trafik data XL Axiata pada rute ini meningkat sekitar 149 persen selama dua tahun terakhir.

Arif menambahkan, untuk menjaga kualitas layanan di sepanjang jalur Pansela, XL Axiata terus melakukan berbagai upaya, seperti: B. Peningkatan kapasitas, perluasan jaringan, peningkatan latensi, dan peningkatan kualitas. Peningkatan kualitas jaringan juga dilakukan melalui fiberisasi untuk seluruh BTS pendukung jalur Pansela. Fiberization bertujuan antara lain untuk meningkatkan kapasitas jaringan 4G agar kualitas layanan data lebih maksimal, cepat dan stabil.

Penyediaan layanan Internet berkecepatan tinggi di seluruh area jangkauan kini juga menjadi salah satu fokus utama XL Axiata dalam pengembangan jaringan telekomunikasi dan data 4G, sejalan dengan “XL Axiata for Indonesia”. Layanan internet tercepat akan membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan akan dapat membantu percepatan pembangunan di berbagai bidang. Jalur Pansela melintasi Kabupaten Sukabumi, Cianjur, Garut, Bandung, Tasikmalaya dan Pangandaran.

Baca Juga: Menkominfo Ajak Operator Seluler Persiapkan 5G Selengkapnya

Selama setahun terakhir, XL Axiata juga telah menambahkan lebih dari 1.000 BTS 4G ke jaringannya, mendukung total lebih dari 2.800 desa/Kelurahan, atau sekitar 94% dari seluruh desa/Kelurahan, di 192 kecamatan yang tersebar di enam kabupaten. Perluasan akan terus dilakukan oleh XL Axiata untuk menjangkau seluruh desa di wilayah Pansela.

Di seluruh wilayah Pansela, XL Axiata telah melayani lebih dari 2,6 juta pelanggan. Pelanggan terbanyak berada di Kabupaten Bandung dengan total lebih dari 880.000 pelanggan, disusul Cianjur dengan lebih dari 660.000, Garut dengan lebih dari 510.000. Sukabumi lebih dari 300.000, Tasikmalaya lebih dari 215.000 dan di Pangandaran ada lebih dari 47.000.

Jalur Pansela juga semakin dikenal sebagai jalur wisata karena menghubungkan banyak destinasi wisata. Mulai dari Pelabuhan Ratu di Sukabumi, Pantai Ujung Genteng, Pantai Apra, Karang Cut, hingga Pantai Jayanti. Selain pantai, ada juga Puncak Habibie di Sukabumi dan Geopark Ciletuh. Lanjutkan ke timur, di daerah Cianjur dan Garut, di mana pantai Sayang Heulang berada. Kemudian di daerah Tasikmalaya terdapat pantai Karang Tawulan. Di Pangandaran antara lain terdapat pantai Batu Karas dan Green Canyon.

Baca Juga: Jelang Lebaran, Smartfren Tingkatkan Kualitas Jaringan

Baca Juga: Telkomsel Jaga Jaringan Seluler Pramusim MotoGP Mandalika Tetap Lancar

Baca Juga: Kominfo Ajak Operator Seluler Optimalkan Jaringan untuk PON XX Papua

Wartawan : Ahmad Wijaya
Penerbit : Suryanto
HAK CIPTA © ANTARA 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button