Wujudkan Sustainable Development, PLN Jateng DIY Raih Platinum Award di Ajang ISDA 2022 - WisataHits
Yogyakarta

Wujudkan Sustainable Development, PLN Jateng DIY Raih Platinum Award di Ajang ISDA 2022

JAKARTA—PT PLN (Persero) berkomitmen untuk pembangunan berkelanjutan dengan berbagai program yang dilaksanakan. Komitmen dan langkah nyata tersebut mengantarkan perseroan meraih 19 penghargaan dalam Indonesian SDGs Awards (ISDA) 2022. Salah satu penghargaan tertinggi yang diterima PLN Jateng dan Unit Distribusi Induk DIY adalah Penghargaan Platinum dalam program Sekolah Deras Asa Sungai Siluk Menggapai Cita.

ISDA 2022 merupakan ajang penghargaan kepada perusahaan atau institusi atas kontribusinya dalam mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG). Penghargaan ISDA diselenggarakan oleh Corporate Forum for CSR Development, sebuah asosiasi bisnis yang aktif bergerak dalam wacana dan promosi Corporate Social Responsibility (CSR) dan keberlanjutan di Indonesia.

Pada acara ini, Dirut PLN Darmawan Prasodjo dinobatkan sebagai Top Leadership Corporate for SDGs. Selain itu, PLN juga meraih beberapa kategori lainnya antara lain The Most Committed Corporate for SDGs on Social Phillar, The Most Committed Corporate for SDGs on Economy Phillar, The Most Committed Corporate for SDGs on Environment Phillar dan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menyampaikan bahwa pembangunan berkelanjutan merupakan salah satu perhatian pemerintah dalam mewujudkan Indonesia emas tahun 2045. Dibutuhkan peran semua pihak, baik swasta maupun badan usaha milik negara (BUMN) untuk mempromosikan dan menjalankan pembangunan berkelanjutan.

Oleh karena itu, pemerintah menyambut baik pelaksanaan ISDA tahun 2022 sebagai bentuk apresiasi kepada semua pihak yang peduli terhadap pembangunan berkelanjutan. Wapres berharap penghargaan ini dapat menjadi motivator bagi perusahaan untuk bersaing dalam menjalankan program CSR dan fokus pada pembangunan berkelanjutan.

“Selamat kepada para penerima ISDA Award 2022 untuk semua kategori. Semoga pencapaian ini terus berlanjut secara konsisten dan sukses menuju keberlanjutan keunggulan bisnis,” ujar Wapres.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan PLN akan tetap berkomitmen untuk memberikan kontribusi ekonomi dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) untuk melestarikan lingkungan Indonesia. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN fokus pada pendidikan sebagai pilar sosial dan pengembangan usaha mikro kecil (UMK) untuk mendukung pilar ekonomi dan perlindungan lingkungan.

Setiap program PLN-TJSL diharapkan dapat menciptakan Share Value (CSV) yang memberikan manfaat atau nilai tambah bagi dunia usaha, masyarakat dan juga lingkungan. Tujuannya adalah untuk menawarkan generasi masa depan masa depan yang lebih baik.

Oleh karena itu, PLN menyambut baik penghargaan yang diterima hari ini. Darmawan berharap apresiasi ini dapat menjadi inspirasi bagi pihak lain untuk lebih peduli terhadap pembangunan berkelanjutan.

“Bagi kami, penghargaan ini merupakan tanda bahwa kami adalah bagian dari kekuatan untuk menjadikan negara ini semakin sejahtera di masa mendatang,” ujar Darmawan.

Hingga Oktober 2022, PLN telah melaksanakan 2.537 program yang terbagi dalam 4 pilar, yaitu pilar sosial sebanyak 871 program, pilar ekonomi sebanyak 995 program, pilar lingkungan sebanyak 594 program, dan pilar hukum dan tata kelola sebanyak 77 program.

Program TJSL PLN telah digunakan oleh lebih dari 285.000 penerima manfaat dan telah membantu 25.095 orang mendapatkan pekerjaan atau penghasilan tambahan di seluruh Indonesia.

Tahun ini, PLN berkontribusi untuk pembangunan Indonesia dengan melaksanakan tiga program prioritas yaitu, pertama, program pengolahan biomassa menjadi bahan bakar campuran untuk PLTU, yang memberikan solusi bersama untuk mengatasi masalah lingkungan seperti sampah, limbah pertanian, kayu, dll. . Kedua, program Elektrifikasi Pertanian, yaitu program peningkatan produktivitas dan efisiensi dalam pengolahan pertanian dengan menggunakan teknologi listrik untuk memberikan hasil yang lebih cepat dan optimal kepada petani.

Ketiga, Program Fly Ash and Bottom Ash Management (FABA), yaitu program pemanfaatan hasil produk operasi PLTU menjadi bahan bangunan seperti batu bata, paving atau bahan bangunan jalan yang pengolahannya dilakukan bekerjasama dengan UMKM sehingga sehingga mereka dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat.

“PLN mencoba berinovasi di sini. Dilema masa lalu, ketika energi murah itu kotor, energi bersih itu mahal, kita akan selesaikan. Saat ini kalau bicara energi murah, itu energi bersih, energi bersih itu energi murah, oleh karena itu, manusia Baik yang inovatif, peradaban manusia yang inovatif, PLN juga ikut kita, inovatif,” tutupnya.

PLN mengembangkan Sekolah Sungai Siluk dan mengubah pencemaran lingkungan menjadi wisata edukasi terpadu

Melalui program “Sekolah Deras Asa Sungai Siluk Menggapai Cita”, PLN Unit Distribusi Utama Jawa Tengah dan Yogyakarta Yogyakarta meraih Platinum Award pada ISDA 2022. Sekolah Sungai Siluk sendiri telah menjadi salah satu mitra penerima Program PLN Peduli sejak 2018 Kawasan yang tidak terawat dan dijadikan tempat pembuangan sampah, kini berkembang menjadi destinasi wisata edukasi terpadu yang banyak dikunjungi. Sekolah Sungai Siluk di Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta telah meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Selain itu, kawasan ini juga menjadi tempat edukasi bagi pengunjung yang ingin mempelajari dan melestarikan budaya dan seni daerah. Banyak masyarakat dan pelajar yang bersekolah di Sekolah Sungai Siluk untuk dijadikan referensi dan inspirasi untuk mengembangkan hal serupa di daerah asalnya.

PLN secara bertahap mendukung Sekolah Sungai Siluk sejak 2019 sebagai bagian dari program PLN Peduli. Dukungan yang diberikan meliputi sarana dan prasarana seperti joglo, akses jalan dan mushola. Selain itu, pihaknya juga menyalurkan dukungan dengan peralatan pendukung seperti perpustakaan digital, sound system, sepeda listrik dan skuter untuk mensosialisasikan kendaraan ramah lingkungan dan meningkatkan daya tarik pengunjung yang berkunjung ke kawasan ini. Ini merupakan wujud Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PLN yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs). (***)

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button