Wisatawan di Bantul minati transaksi cashless - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Wisatawan di Bantul minati transaksi cashless – ANTARA News Yogyakarta

Wisatawan di Bantul minati transaksi cashless – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta mengatakan, wisatawan tertarik dengan pembayaran tiket masuk tempat wisata secara cashless.

Markus Purnomo Aji, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, Senin di Bantul mengatakan, aplikasi transaksi cashless untuk biaya wisata yang dikembangkan oleh pemerintah Kabupaten Bantul sejak tahun lalu melihat permintaan yang meningkat, meskipun hanya sekitar satu persen dari wisatawan yang menggunakan. sistem.

“Pembayaran retribusi wisata secara cashless hanya sekitar 1,2 hingga 2 persen dari wisatawan, tetapi juga menjadi pilihan yang menarik bagi wisatawan,” katanya.

Baca Juga: Gunungkidul Bangun Tempat Parkir di Desa Wisata Nglanggeran untuk Dongkrak Kunjungan Wisatawan

Dia mencontohkan, wisatawan yang membayar total 463 orang tanpa uang tunai selama liburan akhir pekan lalu 13-15 Januari lalu, dari total yang berkunjung ke destinasi Bantul selama tiga hari itu sebanyak 34.486 orang.

Sementara itu, total 620 wisatawan melakukan pembayaran nontunai periode mingguan 9-15 Januari dengan total 50.993 kunjungan ke Bantul, ujarnya.

Pihaknya mendorong wisatawan untuk menggunakan transaksi nontunai saat membayar biaya wisata guna mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, dan akuntabel.

“Layanan cashless sudah dimulai tahun lalu untuk semua destinasi wisata di Bantul, hanya untuk wisata goa Cerme, sinyal kadang susah,” ujarnya.

Selain itu, kata dia, kunjungan wisatawan ke destinasi Bantul pada libur akhir pekan kemarin sebanyak 34.486 orang menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp 336 juta.

Jumlah kunjungan wisatawan tersebut mengalami penurunan dibanding libur akhir pekan lalu atau 6-8 Januari sebanyak 37.673 orang, dengan pendapatan PAD pariwisata Rp 366,2 juta.

Sementara itu, ada 2.366 wisatawan yang melakukan reservasi melalui visitjogja selama ‘weekend’ Minggu ini, di antaranya dari Jawa Tengah 1.328 orang, perbaikan rumah 520 orang, Jawa Timur 320 orang dan Jawa Barat 198 orang, katanya.

Baca Juga: Dinas Pariwisata Yogyakarta Catat 7,4 Juta Wisatawan pada 2022

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button