Akan Ada Car Free Day di Colomadu Karanganyar, Ini Tempatnya - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Akan Ada Car Free Day di Colomadu Karanganyar, Ini Tempatnya – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Jl. Adisucipto di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar akan menjadi kawasan Car Free Days (CFD). (Solopos.com/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Warga Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar akan memiliki wilayah Hari tanpa kendaraan bermotor (CFD) sendiri Pemerintah Kabupaten Karanganyar berencana menggelar CFD di Colomadu dalam waktu dekat. Seperti CFD pada umumnya, CFD di Colomadu berlangsung setiap Minggu pagi.

Camat Colomadu Sriyono Budi Santoso mengatakan Bupati Karanganyar Juliyatmono mendorong diadakannya CFD di wilayahnya. Persiapan dan koordinasi dengan pihak terkait seperti kepolisian dan Kementerian Perhubungan (Dishub) saat ini sedang dilakukan.

PromosiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

“Awalnya dimulai pada 14 Agustus 2022, tetapi karena banyak agenda lain, ditunda dan persiapan selesai. Kami masih berkoordinasi dengan semua pihak terkait,” ujarnya, Rabu (31/8/2022).

Dia memperkirakan CFD bisa dilakukan September ini. Rencananya CFD akan digelar di Jl. Adisucipto dari kawasan perempatan Colomadu hingga perempatan Alana Hotel.

Baca juga: Unik! Bagaimana DLH Solo mengurangi sampah sembarangan di CFD

“Awalnya dari pertigaan Colomadu ke timur, kami siapkan area pendek. Tapi masyarakat juga ingin area CFD lebih panjang, makanya kami rencanakan menjangkau Hotel Alana,” imbuhnya.

Dengan adanya CFD di Colomadu, ruas Jl Adisucipto untuk kendaraan bermotor akan ditutup. Sehingga arus lalu lintas untuk kendaraan tersebut dialihkan.

Rencananya kendaraan barat-timur akan dialihkan dari pertigaan Colomadu ke utara melalui Jl. Adi Soemarmo. Sedangkan kendaraan di sebelah barat Tugu Makutha akan dialihkan ke selatan melalui Jl. mojo.

“Dari arah barat arus lalu lintas akan langsung berbelok ke timur dari pertigaan Colomadu menuju utara. Kalau yang dari barat nanti ke selatan dari Tugu Makutha. Tapi semuanya akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan otoritas transportasi dan polisi,” tambah Sriyono.

Baca Juga: Sampah Tersebar Usai Karnaval Karanganyar, Pramuli Jadi Solusi

Seperti CFD lainnya, CFD Colomadu diadakan mulai pukul 06:00 WIB hingga pukul 09:00 WIB.

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button