Wisata murah meriah, rekomendasi embung di jogja untuk weekend - WisataHits
Yogyakarta

Wisata murah meriah, rekomendasi embung di jogja untuk weekend

Harianjogja.com, JOGJA—Jogja memiliki banyak sekali potensi wisata, bahkan ada yang bisa dinikmati secara gratis. Salah satunya adalah lokasi wisata dari pemanfaatan waduk buatan yang fungsi utamanya adalah irigasi, misalnya di bendungan.

Jogja memiliki sejumlah waduk buatan yang dikelola dengan baik sehingga bisa merangkap sebagai tempat rekreasi warganya. Pemandangan air yang tenang berpadu dengan pepohonan rindang di sekelilingnya dapat mengundang warga untuk menikmati panorama tersebut. Beberapa kolam di Jogja juga memiliki berbagai wahana bahkan fasilitas olahraga.

Di bawah ini adalah rekomendasi kolam di Jogja yang akan membantu Anda membuat pilihan wisata yang murah.

DIDUKUNG:

Kepresidenan G20 Indonesia, momentum pemulihan dunia dari krisis global

Embung Banjaroya, Kalibawang

Waduk ini terletak di Desa Banjaroya, Kalibawang, Kulonprogo. Embung Banjaroya sering menjadi tujuan wisatawan lokal, khususnya Pegowes.

Objek wisata Embung Banjaroya menawarkan pemandangan perbukitan Menoreh yang menghijau. Bahkan, dalam cuaca cerah, pengunjung bisa melihat Gunung Merapi dan Merbabu berdiri gagah di kejauhan.

Saat memasuki kawasan Banjaroya Embung, pengunjung akan dihadapkan dengan replika buah durian berukuran jumbo. Simbol tersebut menunjukkan bahwa Kalibawang merupakan salah satu sentra buah durian terbaik di Perbukitan Menoreh.

Kaliaji Embung, Turi

Di bagian utara Jogja, di Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman, dibangun waduk buatan bernama Embung Kaliaji untuk mengairi sawah salak di sekitarnya. Karena pemandangannya yang indah, waduk ini bahkan menjadi alternatif wisata bagi pengunjung.

Tidak hanya menawarkan panorama yang mempesona, pengunjung juga tertarik untuk mengunjunginya karena tempat ini tidak memungut biaya masuk. Tempatnya yang masih asri membuat tempat ini sangat nyaman untuk bersantai dan menyegarkan pikiran kembali.

Waduk ini biasanya digunakan untuk kegiatan olahraga seperti lari, bersepeda atau sekedar bersantai. Ada juga kegiatan olahraga dayung berdiri. Dalam cuaca cerah, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Merapi yang terletak tidak jauh dari kawasan Kaliaji Embung.

Potorono Embung

Di Banguntapan, Bantul, terdapat sebuah danau buatan bernama Embung Potorono. Wisatawan dari keluarga sering mengunjunginya untuk rekreasi karena terdapat beberapa permainan anak-anak.

Selain wisata keluarga, Embung Potorono juga populer untuk olahraga. Jalan beraspal di sekitar waduk populer untuk jogging dan bersepeda.

Jika ingin mencoba olahraga yang sedikit lebih menantang, pengunjung bisa bermain kano di danau ini. Dengan tarif Rp 15.000, pengunjung bisa merasakan asyiknya bermain kano di sekitar waduk selama 15 menit.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button