Kalau mau wisata edukasi tumbuhan, kita ke Kebun Raya Baturraden - WisataHits
Yogyakarta

Kalau mau wisata edukasi tumbuhan, kita ke Kebun Raya Baturraden

Kalau mau wisata edukasi tumbuhan, kita ke Kebun Raya Baturraden

tanpa judul

Krjogja.com – PURWOKERTO – Jika ingin melihat ratusan spesies tumbuhan, pergilah ke Kebun Raya Baturraden, Banyumas. Apalagi saat libur Natal dan Tahun Baru 2022 mulai 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, harga tiketnya hanya Rp 10.000 baik untuk anak-anak maupun dewasa.

“Selama liburan Natal dan Tahun Baru mulai 25 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023, potongan harga tiket menjadi Rp10.000,” kata Bupati Banyumas Achmad Husein pada Sabtu malam (24/12/2022) saat peresmian dan pembukaan Kebun Raya Baturraden.

Pada hari biasa, harga tiketnya Rp 20.000 untuk dewasa dan Rp 15.000 untuk anak-anak. Dengan tiket yang relatif murah, wisatawan bisa melihat ratusan jenis tumbuhan, termasuk tumbuhan khas Gunung Slamet.

Wisatawan tidak hanya bisa melihat tumbuhan, tetapi juga mengenal jenis tumbuhan dan menikmati panorama alam Gunung Slamet dan kota Purwokerto.

Di objek wisata ini terdapat jembatan kaca, rumah kaca, panggung untuk melihat panorama Kota Purwokerto dan Gunung Slamet.

Bupati Achmad Husein menjelaskan, kebun raya merupakan taman wisata dan tempat edukasi, terutama bagi masyarakat yang ingin belajar tentang jenis tumbuhan.

“Kalau ini taman edukasi, utamanya untuk masyarakat yang ingin tahu dan belajar tentang pentingnya tumbuhan ciptaan Tuhan,” kata Husein.

Kebun raya adalah taman yang sebenarnya dan diharapkan kedepannya semua jenis tanaman akan hadir di taman tersebut.

“Jadi prinsipnya pendidikan, fasilitas jangan sampai berkurang, harus terus bertambah. Jadi saya harap mulai buka hari ini, ke depan jumlah tanamannya lebih lengkap, ditambah fasilitasnya, jadi tidak statis,” jelas bupati.

Bupati berpesan kepada pengelola kebun raya agar wisata baru yang dibangun dari Dana Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) ini dapat dijaga dan dikelola dengan baik.

“Jaga baik-baik, aspek keselamatan juga menjadi perhatian utama, jangan sampai ada tanaman yang hilang. Dan yang juga perlu diperhatikan adalah faktor keamanan agar tidak terjadi kecelakaan saat orang berwisata ke sini,” imbuhnya.

Kebun raya yang dibangun dengan konsep taman tematik ini memiliki 4 rumah kaca yang tersusun dari berbagai jenis tanaman dan dihubungkan dengan jembatan kaca.

Kemudian di depan Green House pengunjung juga bisa melihat panorama kota Purwokerto dari lantai paling atas dari atas. (dari)

Bupati Banyuma Achmad Husein tengah menikmati keindahan Kebun Raya (Foto: Driyanto)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button