Wisata air di Klaten - WisataHits
Yogyakarta

Wisata air di Klaten

Wisata air di Klaten

Saat berada di Jawa Tengah, tak ada salahnya mampir ke Klaten. Kabupaten yang terletak di dekat Yogyakarta ini terkenal dengan beberapa wisata kolam air/umbul alami yang airnya berasal dari mata air alami sehingga sangat jernih dan segar.

Selain airnya yang jernih, Anda juga akan merasakan pemandangan hijau yang asri dan suasana rindang di sini saat berlibur. di suatu tempat, ya? Berikut 14 tempat wisata air di Klaten yang wajib dikunjungi.

1. Umbul Ponggok

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Ponggok (instagram.com/arie_jy28)

Terkenal dengan keindahan bawah lautnya, Umbul Ponggok merupakan salah satu tempat wisata air Klaten yang tidak pernah sepi. Airnya jernih dan fasilitasnya lengkap. Menariknya, pada titik ini Anda bisa snorkel, Menyelam, dan memotret di bawah air dengan berbagai fitur/air pergi.

Untuk menggunakan fasilitas di atas, Anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 250.000. Sedangkan tiket masuk Umbul Ponggok sangat terjangkau yakni Rp 10.000. Jam buka tempat wisata di Desa Ponggok adalah dari pukul 09.00-16.00 WIB.

Lokasi: Jalan Delanggu-Polanharjo, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

2. Umbul Manten

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Manten (instagram.com/itariveramelin)

Tak kalah menawan dari Umbul Ponggok, ada wisata air alami Umbul Manten lho. Suasana di sini masih sangat alami, air kolamnya jernih dan di sekeliling tempat ini dikelilingi pepohonan besar yang memberikan keteduhan.

Meski masih sangat alami, Umbul Manten sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang membuat liburan Anda di sini nyaman. Untuk masuk ke Umbul Manten dan berenang anda hanya dikenakan biaya tiket Rp 10.000. Buka setiap hari, jam buka Umbul Manten cukup panjang lho, mulai dari pukul 06.00-18.00 WIB.

Lokasi: Jalan Janti Boto, Boto, Wunut, Tulung Klaten.

3. Panji Brintik

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Brintik (instagram.com/jawagraph)

Anda yang memiliki banyak wisata air, ada Umbul Brintik yang menawarkan suasana mandi yang menyegarkan. Bukan tanpa alasan, karena kolam di area umbul ini memiliki air yang berasal dari mata air alami, jadi sangat segar dan jernih lho. Selain berenang di kolam yang cukup besar, ada beberapa pemandian air panas yang bisa Anda coba di sini.

Umbul Brintik juga memiliki beberapa spot instagis yang dapat digunakan untuk fotografi. Jam buka wisata air adalah dari pukul 04.30-16.30 WIB, dengan harga tiket masuk Rp 10.000 per orang.

Lokasi: Brintik, Malangjiwan, Kebonarum, Klaten.

4.Umbul Siblarak

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Siblarak (instagram.com/hssenandungdinding)

Umbul Siblarak terletak di dekat persawahan Klaten dan memiliki kolam besar dengan air yang jernih dan segar. Dari tempat ini Anda bisa langsung melihat pemandangan alam Gunung Merapi yang mempesona. Harga tiket masuk umbul-umbul juga terjangkau, hanya Rp 8.000.

Di sebelah kolam renang terdapat wahana permainan seperti ATV, Flying Fox dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas tersebut.

Lokasi: Desa Jatirejo, Sidowayah, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

5. Umbul Sigegang

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Sigedang (instagram.com/angela20_princess)

Klaten memiliki banyak mata air alami untuk dijelajahi dan Umbul memiliki Sigedang. Kolam air alami di desa Umbul Sari ini sangat terkenal dengan kejernihan dan suasananya yang tenang. Di sana Anda akan melihat kolam alami yang dihiasi bebatuan besar dan pepohonan rindang. Dengan tiket masuk hanya Rp 5.000, Anda bisa berenang sepuasnya di kolam yang luas dan segar.

Meski cukup terjangkau, Umbul Sigedang dilengkapi dengan berbagai fasilitas antara lain mushola, tempat parkir, ruang makan, dan kamar mandi. Bahkan ada jasa persewaan pelampung yang memudahkan Anda untuk berenang dan menikmati segarnya perairan Umbul Sigedang.

Lokasi: Umbulsari, Ponggok, Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

6. Umbul Pelem

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Pelem (instagram.com/ratnosandii)

Meski tak sepopuler Umbul Ponggok, Umbul Pelem memiliki daya tarik yang tak kalah menarik lho. Terletak di Desa Tegalgondo, tempat wisata ini memiliki kolam air alami yang segar dengan pemandangan khas pedesaan.

Tak hanya itu, Umbul Pelem juga memiliki waterpark atau kolam air modern yang cocok dijadikan sebagai tempat liburan keluarga. Ada juga berbagai seluncuran dengan genangan air yang memanjang rubah terbang.

Fasilitas umum di dalamnya juga lengkap, seperti kamar mandi, mushola, kantin, paviliun, dan warung makan. Harga tiket masuk wisata air ini hanya Rp 8.000-10.000. Jam buka adalah 05.00-16.00 WIB.

Lokasi: Tegalgondo, Janti, Wunut Weiler, Tulung, Klaten.

7. Umbul Cokro Tulung

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Cokro (instagram.com/oka_hamied)

Yang tak kalah seru untuk dikunjungi adalah Umbul Cokro. Seluas 15.000 meter persegi, Pemandian Umbul Cokro dulunya bernama Umbul Ingas.

Ada beberapa kolam yang bisa dicoba pengunjung, semuanya dari mata air alami. Bahkan Umbul Cokro memiliki kubangan air yang menyerupai air terjun sehingga sering dijadikan spot foto Instagramable sangat.

Selain berenang, Anda juga bisa bersantai di beberapa warung yang buka di sana. Harga tiket masuk ke Umbul Cokro sangat terjangkau, hanya Rp 15.000. Anda bisa mengunjunginya mulai pukul 08.00-18.00 WIB.

Lokasi: Ponggok, Polanharjo, Klaten

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Alam Paling Populer di Klaten yang Didominasi Wisata Air!

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

8. Panji Nilo

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Nilo (instagram.com/jeprisetiawan_)

Umbul Nilo di Klaten juga menjadi tujuan liburan keluarga karena memiliki beberapa kolam dengan air jernih dari mata air alami. Umbul Nilo buka mulai pukul 08.00-18.00 WIB, sehingga waktunya cukup panjang bagi Anda yang ingin berlama-lama menikmati suasana tenang tempat ini.

Seperti umbul-umbul lainnya, Umbul Nilo dilengkapi dengan fasilitas pendukung seperti musholla, kamar mandi, gazebo, warung makan, dan tempat parkir, semakin memberikan kemudahan bagi pengunjung saat berkunjung. Tiket masuk ke tempat ini cukup murah yaitu hanya dibanderol Rp 8.000-10.000.

Lokasi: Tulung, Daleman, Klaten

9. Umbul Gedaren

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Gedaren (instagram.com/mas_ndro)

Dulu sering digunakan untuk mandi malam oleh warga karena dipercaya bisa menyembuhkan segala penyakit, namun kini Umbul Gedaren menjadi tempat wisata air paling populer di Klaten.

Meski masih sangat alami, terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet, mushola, beberapa paviliun untuk istirahat dan warung makan. Jam buka Umbul Gedaren adalah 24 jam dan tiket masih gratis.

Lokasi: Jalan Klaten-Jatinom No. 7 Gedaren, Jatinom, Klaten.

10. Umbul Brondong

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Brondong (instagram.com/adiifn_)

Nama unik Umbul Brondong di Klaten sebenarnya berasal dari asal muasal air di cekungan ini. Sebelumnya, mata air tampak “mengencang” dari bawah ke atas hingga membentuk kolam bening di tengah persawahan.

Dulunya hanya ada satu kolam, kini dibangun lebih modern di kawasan Umbul Brondong dengan menambah beberapa kolam dan fasilitas penunjang yaitu toilet, kamar mandi, mushola, tempat parkir dan warung makan. Harga tiket masuk kawasan Umbul Brondong adalah Rp 5.000 dan jam buka mulai pukul 05:00 hingga 16:30 WIB.

Lokasi: Ngrundul, Kebon Arum, Klaten, Jawa Tengah

11. Soko sayangnya

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaSoko Alas Ponggok (instagram.com/gracecand13)

Wisata air Soko Alas Klaten tergolong baru dan memiliki lokasi yang berbeda Instagramable dan modern. Dilengkapi dengan restoran dan beberapa paviliun berpohon yang unik, tempat ini memiliki kolam jernih yang ramah anak. Selain itu, terdapat banyak spot kayu cantik yang cocok dijadikan tempat foto keluarga.

Di sini juga ada kolam ikan dan kamu bisa berinteraksi dengan memberinya makan langsung lho. Untuk jam buka 08:30 – 21:00, tiket masuk Rp 10.000 ke atas pada hari kerja akhir pekan Rp 15.000.

Lokasi: Jalan Delanggu Polanharjo, Ponggok, Klaten

12. Umbul Besuki

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaUmbul Besuki (instagram.com/mawarins)

Umbul Besuki berada tidak jauh dari Umbul Ponggok dan memiliki kolam air alami yang segar dan sangat jernih. Berada di tengah kawasan dengan pepohonan yang rindang, tempat wisata ini sangat rindang dan pas masuk ke dalam petak obat Anda di akhir pekan. Di kawasan Umbul Besuki terdapat dua buah kolam dengan kedalaman yang berbeda.

Ada juga kolam ikan yang berfungsi sebagai kolam terapi. Buka mulai pukul 08.00-17.00, disini Anda bisa berenang dan bersantai dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000.

Lokasi: Kiringan, Ponggok, Polanharjo, Klaten

13. Watu-Kapu

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaWatu Kapu (instagram.com/lik_srie)

Jika ingin mencoba sensasi berbeda di atas air di Klaten. Anda dapat mencoba tabung aliran di Watu Kapu yang tak kalah seru dengan Goa Pindul di Yogyakarta.

Watu Kapu menawarkan sensasi menjelajah sungai sepanjang 1 km dengan harga paket murah Rp 50.000.

Meski murah, Anda tidak perlu khawatir karena dilengkapi dengan fasilitas seperti helm, rompi keselamatan, sepatu khusus, jaket pelampung, pemandu, serta makanan dan minuman gratis. Jam buka Watu Kapu mulai pukul 08.00-17.00 WIB.

Lokasi: Jalan Cokro-Delanggu, Wangen, Polanharjo, Klaten.

14. Kolam dan Resor Candramaya

14 Wisata air di Klaten yang seru untuk liburan keluargaCandramaya Klaten (instagram.com/dickychandrra)

Terakhir ada Candrabaya Resort and Pool getaran Bali sangat kental. Dikelilingi persawahan, Candramaya menawarkan kolam renang umum dengan biaya masuk Rp 10.000 dan Rp 15.000 per hari akhir pekan. Jika Anda ingin privasi lebih, Anda dapat memilih kolam pribadi dengan harga Rp 250.000.

Selain berenang, Anda juga bisa menginap dan mencicipi hidangan lezat dari restoran resor Candrabaya. Di tempat ini kamu juga bisa berfoto keren dengan latar belakang Gunung Merapi dan beberapa ornamen khas Bali seperti gapura dan lain-lain.

Lokasi: Jalan Dalangan Kajen, Tulung Klaten

Rangkaian wisata air di atas bisa menjadi pilihan bagi Anda yang ingin berlibur namun tidak ingin mengeluarkan banyak biaya. Apalagi bagi anda yang berada di Jawa Tengah, cobalah untuk mampir dan rasakan segarnya rasa mata air yang ada di Klaten. Maju, tancap gas!

Baca juga: 8 Kafe Instagrammable di Klaten, Kafe Nyaman

Komunitas IDN Times adalah media yang menawarkan platform untuk menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button