Berikut jajaran tempat wisata horor di Yogyakarta - Solopos.com - WisataHits
Yogyakarta

Berikut jajaran tempat wisata horor di Yogyakarta – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. – Harian jogja/sunartono.

Solopos.com, JOGJA — Memang tidak ada habisnya membicarakan tempat wisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Di provinsi ini banyak terdapat tempat wisata bernuansa alam, budaya, belanja, wisata buatan dan lain-lain. Selain itu, ternyata ada juga destinasi wisata di DIY yang punya sensasi horor.

Berikut ini adalah daftar tempat wisata bertema horor di Yogyakarta yang bisa Anda kunjungi.

Daihatsu Rocky Promotion, Harga Mobil Rp 200 Juta Jadi Hanya Rp 99.000

  1. kandang rusa

Dikenal juga dengan nama Panggung Krapyak, tempat ini terletak di Desa Krapyak, Desa Panggungharjo, Kapanewon Sewon, Kabupaten Bantul. Bangunan bersejarah ini berbentuk ruangan menyerupai kubus. Pada masa Kesultanan Mataram, tempat ini digunakan oleh raja-raja Mataram sebagai tempat pengintaian untuk berburu binatang, terutama rusa atau rusa jantan.

Tempat wisata ini juga terkenal dengan cerita mistisnya. Salah satu yang paling dikenal di telinga banyak orang adalah penampilan seorang wanita yang tergantung di jendela.

Baca juga: Terbukti Suap Mantan Wali Kota Jogja, Direktur Perusahaan Divonis 2,5 Tahun Penjara

  1. Gereja Sayidan Gotik

Gereja Gotik Sayidan terletak di kecamatan Gondomanan kota Yogyakarta. Bangunan gereja ini memiliki arsitektur yang khas, sehingga selalu menarik perhatian masyarakat. Namun bagi sebagian orang, bangunan gereja sering dianggap mistis, karena sudah lama kosong dan memiliki basement yang tidak terawat. Bangunan tersebut dimiliki oleh Esther Widyo Wanandyo, istri R. Petrus Haryono, seorang pengrajin batik yang memiliki ikatan dengan Keraton Yogyakarta.

  1. Benteng Vredeburg

Benteng Vredeburg tentu sudah tidak asing lagi bagi wisatawan. Situs ini terletak di kawasan Malioboro, Kota Yogyakarta. Dikutip dari jogjakota.go.id, benteng yang dibangun pada tahun 1760 ini merupakan benteng Belanda. Bangunan benteng ini selesai dibangun pada tahun 1787 di bawah arahan Gubernur Johannes Sioeberg dan diresmikan sebagai benteng perusahaan bernama Rustenburgh, yang berarti tempat peristirahatan. Setelah perkembangan yang cukup pesat, Yogyakarta mengalami gempa pada tahun 1867, sehingga benteng tersebut harus diperbaiki. Setelah pemugaran oleh Daendels, nama Benteng Rustenburgh diubah menjadi Benteng Vredeburg, yang berarti perdamaian.

Banyak orang mengatakan bahwa penampakan yang sering muncul adalah mengkudu belanda yang separuh tubuhnya berbentuk kuda.

Baca juga: Bus 20 Penumpang Tabrak Truk di Bantul, 1 Tewas dan 2 Luka-luka

  1. Pantai Parangkusumo

Pantai Parangkusumo sering dikaitkan dengan keberadaan Nyi Roro Kidul. Maka tak heran jika pantai ini dikenal sebagai pintu gerbang utama atau jalan utama menuju keraton magis laut selatan, yaitu kerajaan Nyi Roro Kidul.

  1. Pesanggrahan Sarjanawiyata

Tempat ini terasa di kawasan Kaliurang. Dikutip dari Solopos.com, bangunan ini merupakan rumah tua yang sudah tidak digunakan lagi. Lokasinya tepat di sebelah kawasan wisata Kaliurang Goa Jepang.

Pesanggrahan Sarjanawiyata awalnya merupakan rumah megah sebelum terbengkalai akibat erupsi Gunung Merapi. Sejak itu, banyak cerita mistis muncul di sekitar rumah. Rumah tersebut kemudian menjadi inspirasi film tersebut Rumah Kaliurang.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button