Warna mencolok di gang turis Rouen - WisataHits
Jawa Tengah

Warna mencolok di gang turis Rouen

CELEBESMEDIA.ID, Makassar – Lorong Wisata Rouen (Longwis) yang terletak di Jalan Bahagia 2, Desa Sudiang, Kecamatan Biringkanaya, Kota Makassar begitu indah dan sedap dipandang mata.

Tak hanya bersih, saat memasuki Longwis, mata disuguhi berbagai warna dan gambar yang menghiasi Longwis Rouen.

Tepat di pintu masuk gapura pendopo terdapat prasasti Dirgahayu RI 77 Selamat Datang di Longwis Bahagia 2 Rouen dan juga terdapat prasasti keramik “Aula Wisata”.

Masuk lebih dalam ke warna, batu bata di lorong juga menghiasi. Bahkan, berbagai mural juga dibuat untuk mempercantik Longwis Rouen. Terdapat mural yang menggambarkan ikon kota Daeng seperti Masjid 99 Kubah, Monumen Mandala, Benteng Rotterdam, serta mural pulau dan bunga matahari.

Selain itu, barisan dengan berbagai jenis tanaman berjajar rapi. Selain itu, ada juga tanaman padi dan bawang merah yang menambah keindahan gang yang digagas Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

Di Longwis Rouen juga terdapat teras membaca untuk anak-anak. Sama seperti Longwis lainnya, Longwis Rouen juga memiliki budidaya tanaman hidroponik dan ikan air tawar yaitu ikan lele nila dan lobster.

Salah satu warga Longwis Rouen, Zulfikar, mengaku bersyukur dengan program unggulan pemerintah ini. Menurutnya, ekonomi lokal perlahan mulai pulih.

“Karena pengunjung datang ke sini hampir setiap hari dari berbagai lapisan masyarakat untuk melakukan studi banding, kehadiran mereka otomatis meningkatkan pendapatan penduduk, karena mayoritas penduduk di sini adalah orang Jawa dan mereka menjual bakso, siomay, jamu, dan keripik singkong.” Zulfikar kepada CELEBESMEEDIA ID, Rabu (26/10/2022).

Longwis Rouen dilengkapi dengan kamera pengintai atau CCTV. Jumlah rumah di Longwis Rouen adalah 23 rumah dengan total 27 KK dan 138 jiwa. Mayoritas berasal dari Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Laporan: Darsil Yahya

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button