Asyiknya Sidul Menul-Menul Gumuk, Destinasi Wisata Baru Salatiga Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Asyiknya Sidul Menul-Menul Gumuk, Destinasi Wisata Baru Salatiga Solopos.com

SOLOPOS.COM – Pj Wali Kota Salatiga Sineong N Rachmadi (bertopi) saat peresmian destinasi wisata baru Salatiga Gumuk Sidul Menul-Menul, Minggu (11/12/2022). (Humas/Humas Kota Salatiga)

Solopos.com, SALATIGA–Walikota Salatiga Sinoeng N Rachmadi meresmikan destinasi wisata baru Gumuk Sidul Menul-Menul pada Minggu (12/11/22).

Gumuk ini terletak di Dusun Gunungsari, Desa Sidorejo Kidul, di ketinggian 623 mdpl dan terdiri dari 187 anak tangga.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Gumuk Sidul Menul-Menul tidak hanya menjadi tempat foto-foto saja, tetapi juga memiliki amfiteater dengan kapasitas maksimal 75 orang, yang dapat digunakan untuk acara seperti rapat, mini konser atau sekedar bersantai bersama keluarga. Pengunjung juga bisa melihat Gunung Merbabu, Telomoyo, dan Andong.

Pembangunan Sidul Menul-Menul Gumuk yang akan dilakukan pada tahun 2022 ini melibatkan Ary Indra sebagai arsitek dan Wisnu Ajitama sebagai seniman yang mendesain ribuan ranting jati di puncak Gumuk. Dimana karya keduanya dikenal di kancah internasional.

Sinoeng mendukung destinasi wisata berbasis masyarakat ini dan mengajak Kepala Dinas Pendidikan untuk mendorong sekolah melakukan kegiatan di Sidul Menul-Menul.

Baca juga: Kota Salatiga Raih Dua Penghargaan di Akhir Tahun 2022, Ini Daftarnya

Begitu juga dengan Kepala Disbudpar untuk bekerja sama dengan travel agent dan memasukkannya sebagai bagian dari paket wisata.

“Pada dasarnya kami dari Pemerintah Kota Salatiga akan terus mendukung pengembangan Sidul Menul-Menul, yaitu pengembangan pariwisata di Kota Salatiga,” kata Sinoeng.

Sementara itu, Kepala Desa Sidorejo Kidul Irwan Susanto mengumumkan pembangunan Gumuk Sidul Menul-Menul sudah dimulai sejak 30 Agustus 2020 dan dibangun dari dana desa.

Latar belakang dibangunnya Dusun di Dusun Gunungsari ini adalah keberadaan Desa Sidorejo Kidul sebagai Ibu Kota Kecamatan Tingkir yang belum banyak diketahui masyarakat umum.

Agar lebih mudah diingat, nama Sidul muncul sebagai akronim dari Sidorejo Kidul. Nama Menul-Menul kini menjadi akronim dari Towards Excellence.

Baca Juga: Plt Wali Kota Salatiga: Korupsi hasil bukan keberuntungan

“Peresmian ini 100% swadaya masyarakat dan merupakan satu-satunya destinasi wisata di Salatiga yang mengutamakan pemberdayaan masyarakat,” kata Irwan.

“Kami juga sudah bekerja sama dengan UKSW untuk membekali pengelola dalam pengelolaan objek wisata,” imbuhnya.

Sebelah Pj. Walikota, peresmian Sidul Menul-Menul turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Salatiga, Ketua OPD terkait, Camat Tingkir, seluruh jajaran Forkopimcam, para Camat Tingkir dan stakeholder berkaitan langsung dengan pembuatan menu Sidul Menul.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button