Walikota Madiun membuka Pusat Pahlawan Agama bersama Gus Miftah - WisataHits
Yogyakarta

Walikota Madiun membuka Pusat Pahlawan Agama bersama Gus Miftah

Kota Madiun (ANTARA) – Wali Kota Madiun Maidi bersama tokoh terkenal Dai Miftah Maulana Habiburrahman atau Gus Miftah meresmikan Hero Religi Center (RRT) menjadi ikon wisata religi di daerahnya.

RRC yang berlokasi di Taman Sumber Umis di kawasan Jalan Pahlawan (PSC) Jalan Pahlawan Kota Madiun ini diresmikan bersamaan dengan kegiatan pengajian yang digelar dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022 pada Kamis.

“RRC ini akan menjadi properti wisata religi unggulan di Madiun Raya. Sudah banyak rencana revitalisasi RRT,” kata Walikota Maidi saat meresmikan RRC.

Menurut Maidi, RRC dikatakan sebagai salah satu tempat belajar di luar ruangan atau belajar mengajar pendidikan agama Islam di Kota Madiun. Sebanyak 104 dai kecil yang juga diresmikan nanti pada kesempatan ini juga memberikan materi kepada para siswa.

“Konsep ini juga merupakan bagian dari implementasi kurikulum pembelajaran mandiri,” ujar mantan Sekda Kota Madiun ini.

 
Walikota Madiun Maidi didampingi Gus Miftah dan Forkopimda setempat meresmikan Hero Religi Center (RRC) di Taman Sumber Umis di kawasan Hero Street Center (PSC) Kota Madiun dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional 2022 runtuh . Kamis (27/10/2022). RRT diharapkan menjadi ikon wisata religi di kawasan tersebut. ANTARA/HO Disco Info Madiun

RRC juga digunakan sebagai tempat ibadah haji dan umrah. Dipastikan pengasuh Manasik selalu siap, baik secara individu maupun kelompok.

Selain itu, walikota menekankan bahwa RRC tidak hanya ada untuk umat Islam, tetapi juga memudahkan pemeluk agama lain untuk mengadakan ibadah dan pendidikan agama di daerah tersebut.

Walikota Maidi menegaskan, di kotanya tidak ada program yang dilakukan tanpa belajar.

Semua pembangunan tersebut, kata dia, ditujukan untuk mempercantik Madiun agar menjadi destinasi wisata dan bukan sekadar tempat transit.

Sementara itu, Gus Miftah terkesima dengan keindahan dan kemegahan Republik Rakyat China dan tidak menyangka lokasi tersebut dulunya merupakan tempat parkir di Sumber Umis Park.

Melalui inovasi Walikota Maidi dan jajarannya, situs wisata religi semakin mendukung citra sebagai destinasi wisata perkotaan Pariwisata Perkotaan.

 
Kegiatan pengajian akbar memperingati Hari Santri Nasional 2022 di mana Gus Miftah dihadirkan di Jalan Pahlawan Center dan Pusat Agama Pahlawan pada Kamis (27/10/2022) dihadiri oleh 20.000 umat. ANTARA/HO Disco Info Madiun

Pengurus Pondok Pesantren Ora Aji, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta memuji Walikota Maidi atas keberhasilan pembangunan Pusat Religi Pahlawan dan Warung NKRI.

Hal ini diharapkan dapat mengingatkan masyarakat Kota Madiun akan pentingnya Bhinneka Tunggal Ika.

“Mudah-mudahan masyarakat Kota Madiun semakin paham tentang pentingnya kebhinekaan, yang tidak memecah belah, tapi mempersatukan. Yakni menjaga kerukunan di Kota Madiun,” kata Gus Miftah.

Selain itu, ustadz kondang itu mengatakan bahwa kota Madiun yang disebut juga kota pendekar pedang harus mampu menjadi simbol kerukunan dimana kota Madiun menjadi pusat dari sejumlah aliran pencak silat dan harus mampu melakukannya bergaul tanpa berkelahi.

“Kota Madiun sebagai kota pejuang tidak boleh berperang, jadi kami memaknai pembangunan di RRT ini sebagai simbol kerukunan masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, puluhan ribu umat dari berbagai daerah menghadiri pengajian akbar memperingati Hari Santri Nasional 2022 itu.

Ikon utama pahlawan Pusat Religi ini adalah adanya miniatur Ka’bah, yang kemudian ditambah dengan bangunan yang merepresentasikan tempat peribadatan umat beragama lain.

Adanya miniatur Ka’bah di Pusat Religi Pahlawan tentunya melengkapi ikon-ikon lain yang sudah lebih dulu dibangun di Kota Madiun.

Beberapa miniatur lainnya yang ada di Kota Madiun antara lain patung Merlion Lion yang berdiri megah di Taman Sumber Wangi, serta miniatur Menara Eiffel dan replika cantik rumah bergaya Eropa bergaya Tudor di Taman Sumber Umis.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button