5 Nama Jalan Pahlawan di Kota Bandung, Nomor Satu Terpanjang: Okezone News - WisataHits
Jawa Barat

5 Nama Jalan Pahlawan di Kota Bandung, Nomor Satu Terpanjang: Okezone News

PITA – Sejumlah nama pahlawan nasional telah diabadikan sebagai nama jalan di Kota Bandung. Hal ini sebagai bentuk pengakuan dan penghargaan atas jasa-jasa yang telah mereka berikan kepada bangsa dan negara Indonesia.

Nama jalan yang diberi nama pahlawan tersebar di sejumlah titik jalan. Mulai dari kawasan perkotaan hingga kawasan wisata hingga kawasan pendidikan. Berikut nama-nama pahlawan yang pernah dijadikan nama jalan di kota Bandung dan berhasil dirangkum.

1.Soekarno-Hatta

Sosok proklamator Soekarno Hatta menjadi nama pahlawan yang diabadikan di kota kembang Bandung. Jalan Soekarno Hatta merupakan salah satu jalan utama dan jalan terpanjang di kota Bandung.

Jalan ini membentang kurang lebih 18,3 kilometer dari simpang Jalan Rajawali hingga bundaran Cibiru. Jalan ini merupakan pintu gerbang penghubung ke kota-kota terpencil seperti Garut dan Jawa Tengah. Tak ayal, setiap musim lebaran banyak pemudik yang melewati jalur ini.

2. Teuku Umar

Jalan Teuku Umar terletak di pusat Kota Bandung, tak jauh dari Kantor Gubernur Jawa Barat di Gedung Negara. Jalan ini juga dinilai berada di kawasan yang sejuk karena keberadaan pepohonan yang rindang.

Jalan ini menghubungkan Jalan Dago dan Jalan Dipatiukur yang juga dekat dengan kawasan pendidikan karena keberadaan sejumlah kampus terkemuka. Salah satunya adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) dan sejumlah kampus swasta lainnya.

3.Gatot Subroto

Jalan yang dinamai pahlawan nasional Gatot Subroto ini juga berada di kawasan perkotaan. Itulah yang menghubungkan Jalan Asia Afrika dan Jalan Kiaracondong atau Ibrahim Ajie.

Di kawasan ini terdapat pusat perbelanjaan berupa mall dan hotel berbintang. Aksesnya mudah karena berada di pusat kota dan dilalui sejumlah kendaraan umum. Jalan Pahlawan Nasional ini juga merupakan pusat komersial karena terdapat banyak toko dan restoran.

Baca juga: Apakah Anda ingin memesan ulang tiket pesawat dengan Pegipegi? Begini caranya!

4.Oto Iskandar Dinata

Pahlawan Nasional Otto Iskandar Dinata lahir pada tanggal 31 Maret 1897 di Bojongsoang, Bandung. Namanya diabadikan sebagai salah satu jalan utama kota Bandung sebagai pengakuan atas jasanya.

Jalan Otto Iskandar Dinata membentang dari Jalan Kebon Kawung Stasiun Bandung melewati kawasan bisnis Pasar Baru hingga kawasan Tegalega. Setiap hari, terutama pada pagi, siang, dan sore hari, kemacetan terus terjadi di kawasan ini.

5. Dewi Sartika

Jalan Raden Dewi Sartika di Kota Bandung sangat mudah ditemukan. Pasalnya, berada di pusat kota dan menghubungkan Jalan Dalem Kaum dan Jalan Ibu Inggit Ganarsih.

Ada banyak toko, mal, dan pusat kuliner di jalan ini. Selama 24 jam, kawasan jalan ini selalu ramai karena terhubung dengan Alun-alun Bandung dan Masjid Raya Bandung serta kawasan Lapangan Tegalega.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button