Wali Kota Bandung Buka Zona Kuliner Halal di Valkenet Park - WisataHits
Jawa Barat

Wali Kota Bandung Buka Zona Kuliner Halal di Valkenet Park

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Wali Kota Bandung Yana Mulyana meresmikan area atau zona memasak halal di Valkenet Park, Jalan Malabar, Kota Bandung, Senin (12/12/2022). Ada delapan belas pelaku bisnis kuliner di kawasan ini.

“Kami didukung oleh berbagai pihak yang berusaha untuk membangun kawasan halal, menjual makanan secara halal, aman dan sehat, dan alhamdulillah kami dapat mewujudkan dapur yang aman, halal dan sehat di tempat ini Malabar Park”, beliau ujar lebih lanjut di sela-sela peresmian zona kuliner di Valkenet Park, Senin (12/12/2022).

Yana mengatakan pihaknya ingin mempromosikan kawasan Valkenet Park sebagai zona destinasi kuliner halal dan melakukan sertifikasi produk halal. Diharapkan zona kuliner menjadi tujuan wisata.

Dia melanjutkan, pengawasan kawasan kuliner dilakukan oleh berbagai pihak seperti Komite Ekonomi Syariah Nasional dan Kementerian Kesehatan. Kementerian UKM dan lembaga mempercepat proses sertifikasi halal bagi pedagang.

“Hanya di Indonesia (halal cooking zone) yang menjadi tujuan wisata unggulan di Kota Bandung, mempercepat pertumbuhan ekonomi,” ujarnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Atet Dedi Handiman mengatakan, kawasan Zona Kuliner Halal merupakan pilot project untuk menjamin rasa aman konsumen saat makan dan minum. Fasilitas pendukung lokal lainnya termasuk musala dan toilet umum.

“Ini hanyalah proyek percontohan untuk memastikan keselamatan konsumen, dengan fokus awal pada pedagang kaki lima,” katanya.

Ia mengatakan, ada 18 UKM yang berjualan di Kawasan Kuliner Halal. Beberapa makanan yang bisa dinikmati pengunjung adalah nasi mentah, gule, batagor, baso, bebek, dimsum yang pastinya halal, bersih dan juga sehat.

Sebelum Valkenet Park ditetapkan sebagai Zona Kuliner Halal, ada pilihan Zona Kuliner Halal, yaitu Cikapundung Barat, kantin Balai Kota Bandung. Namun, yang cukup ada di Valkenet Park.

Pertama, dilakukan pemeriksaan kesehatan, kebersihan, bakteri dan uji halal. Pemeriksaan langsung dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, Dinas Kesehatan dan Salman ITB. “Uji kesehatan lulus, maka halal juga,” ujarnya.

Ia mengatakan, zona kuliner halal, aman, dan sehat dapat menghadirkan rasa aman bagi konsumen dan menjadi tujuan wisata. Selain itu, roda ekonomi pedagang kaki lima mengalami peningkatan.

“Ini memberikan rasa aman kepada konsumen dan bisa menjadi tujuan wisata. Diharapkan ekonomi pedagang kaki lima meningkat,” ujarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button